eprintid: 14714 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/47/14 datestamp: 2022-06-16 03:46:55 lastmod: 2022-06-16 04:16:30 status_changed: 2022-06-16 03:46:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmawati, Nurlaela creators_name: Purnomo, Yoppy Wahyu creators_name: Kadir, Kadir creators_id: yoppy.w.purnomo@uhamka.ac.id title: Desain Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membangun Konsep Operasi Perkalian Matriks pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 keywords: Desain pembelajaran, lintasan belajar, pembelajaran matematika realistik, konsep operasi perkalian matriks. abstract: Tesis ini bertujuan mendeskripsikan peranan model kontekstual dalam mendukung pembelajaran matematika realistik konsep operasi perkalian matriks pada kelas XI MIPA dan menghasilkan lintasan belajar dalam pembelajaran matematika realistik konsep operasi perkalian matriks pada kelas XI MIPA. Metode penelitian adalah design research yang dilaksanakan dalam tiga fase, yaitu desain pendahuluan, percobaan pengajaran, dan analisis retrospektif. Penelitian dilakukan di SMAN 6 Kota Tangerang Selatan, melibatkan 36 siswa kelas XI MIPA-1. Tahap pendahuluan percobaan pengajaran dilakukan pada kelas kecil dengan 9 siswa yang kemampuannya heterogen berdasarkan hasil pre-tes, kemudian diwawancara lebih mendalam. Tahap percobaan pengajaran dilakukan pada kelas XI MIPA-2 yang terdiri dari 36 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, pengamatan, wawancara, lembar kerja siswa, dan dokumentasi dalam bentuk rekaman video, foto, dan catatan harian. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) model kontekstual dalam pembelajaran matematika realistik dapat membangun konsep operasi perkalian matriks dimulai dari topik informal melalui penyajian permasalahan kontekstual tentang kesukaan atau hobi yang membahas definisi matriks, elemen matriks, ordo matriks, jenisjenis matriks, transpose matriks, dan kesamaan dua matriks, dan (2) Lintasan pembelajaran konsep operasi matriks yang dihasilkan, meliputi (a) menyajikan permasalahan kesukaan atau hobi (b) menyusun matriks dari konteks ke dalam representasi tabel pada model of, (c) melakukan dan menentukan persayaratan penjumlahan dan pengurangan matriks serta mengidentitifikasi sifat-sifatnya pada model for, dan (d) menentukan perkalian skalar matriks dan sifat-sifatnya sebagai penjumlahan berulang, dan menentukan syarat dan hasil perkalian dua matriks serta sifat-sifatnya dari permasalahan kontekstual pada model formal. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model kontekstual yang tersajikan dari masalah informal dalam penelitian ini memiliki peranan sebagai pengetahuan awal (starting point) yang menopang pemikiran siswa dalam memahami konsep matriks. Penggunaan konteks juga berperan sebagai visualisasi dari konsep matriks dari objek yang kemudian secara alami membawa siswa untuk melakukan penemuan konsep operasi perkalian matriks. Penerapan tahapan pembelajaran matematika realistik melalui model kontekstual, model of, model for, dan model formal menghasilkan lintasan belajar dalam pembelajaran konsep matriks dari model informal ke model formal. date: 2020-02-24 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Apsari, R. A. 2015. Bridging Between Arithmetic and Algebra : Using Patterns To Promote Algebraic Thinking. Sriwijaya University and Utrecht University. Bustang, Zulkardi, Darmawijoyo, Dolk, M., & van Eerde, D. 2013. Developing a local instruction theory for learning the concept of angle through visual field activities and spatial representations. International Education Studies, 6(8), 58–70. https://doi.org/10.5539/ies.v6n8p58 Fuadiah, N. F. 2013. Design of Teaching Materials Based on Realistic Mathematic Education (RME) to Improve Students Creative Thinking Ability. Proceeding The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference, 299–305. Retrieved from http://eprints.unsri.ac.id/2438/1/P35__Nyiayu_F_305.pdf Gravemeijer, K. 2004. Local Instruction Theories as Means of Support for Teachers in Reform Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 105– 128. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_3 Helmanda, R., Elniati, S., & Amalita, N. 2012. Pengembangan Handout Matematika Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Kelas VII Semester 2. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 75–79. Hendroanto, A., Budayasa, I. K., Galen, F. Van, & Eerde, D. Van. 2015. Supporting Students ’ Spatial Ability in Understanding Three-Dimensional Representations. Universitas Negeri Surabaya. Hidayat, R., & Iksan, Z. H. 2015. The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming. Creative Education. https://doi.org/10.4236/ce.2015.622251 Horton, R., Wiegert, E., & Marshall, J. 2008. Squaring Matrices: Connecting Mathematics and Science. Source: The Mathematics Teacher, 102. Kadir. 2004. Efektivitas Strategi Peta Konsep dalam Pembelajaran Sains dan Matematika (Meta-Analisis Penelitian Eksperimen Psikologi dan Pendidikan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(051), 761–781. Lawshe, C. H. 1975. A Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28, 563–575. Lesmana, H., Yusmin, E., & Sayu, S. 2015. Pendeskripsian Pemahaman Konseptual Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Matriks Kelas X SMKN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, IV(12), 1–10. Manulang, S. 2017. Matematika SMA Kelas X. (D. Agung Lukito, Ed.) (Revisi). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Nickerson, S. D., & Whitacre, I. 2010. A local instruction theory for the development of number sense. Mathematical Thinking and Learning, 12(3), 227–252. https://doi.org/10.1080/10986061003689618 No en, E., van Bommel, J., Sayers, J., & Helenius, O. 2017. Conceptualizing a local instruction theory in design research: report from a symposium. Conceptualizing a local instruction theory in design research: report from a symposium. O’Keeffe, L., & O’Donoghue, J. 2016. The Use of Evidence Based Research on Mathematics Textbooks to Increase Student Conceptual Understanding. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education. https://doi.org/10.20533/ijcdse.2042.6364.2011.0043 Parta, K. F. dan I. N. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, I(9), 1721–1729. Prahmana, R. 2017. Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar) (1st ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada. Purnomo, Y. W. 2014. Assessment Based Learning: Sebuah Tinjauan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis. SIGMA Journal, VI(1), 22–33. Purnomo, Y. W. 2015. Pembelajaran Matematika untuk PGSD: Bagaimana mengembangkan Penalaran Proporsional Siswa. (O. M. Dwiasri, Ed.). JAkarta: Penerbit Erlangga. Purnomo, Y. W., Widowati, C., & Ulfah, S. 2019. Incomprehension of the Indonesian Elementary School Students on Fraction Division Problem. Infinity Journal, 8(1), 57–74. Putrawangsa, S. 2018. Desain Pembelajaran: Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. (U. Hasanah, Ed.). Jakarta: CV. Reka Karya Amerta (Rekarta). Revina, S. 2011. Influence of Culture on the Adaptation of Realistic Mathematics Education in Indonesia. Universitas Sriwijaya. Revina, S. 2017. Influence of Culture on the Adaptation of Realistic Mathematics Education in Indonesia. Rittle-Johnson, B., & Alibali, M. W. 2001. Developing Conceptual Understanding and Procedural Skill in Mathematics: An Iterative Process. Journal of Educational Psychology, 93(2), 346–362. Ruseffendi, E. T. 1992. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Setyanto, Y. 2017. Pengembangan Modul Materi Matriks dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukaharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Suastika, John, T., & Utami, T. 2015. Penelusuran Miskonsepsi Mahasiswa tentang Matriks Menggunakan Certainty of Response Index. Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF 2015, IV(Oktober). Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA - UPI. Wijaya, A. 2008. Design Research in Mathematics Education: Indonesian Traditional Games as Means to Support Second Graders Learning of Linear Measurement. Universiteit Utrecht. citation: Rahmawati, Nurlaela dan Purnomo, Yoppy Wahyu dan Kadir, Kadir (2020) Desain Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membangun Konsep Operasi Perkalian Matriks pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14714/1/SPS_MTK_1709097043_NURLELA%20RAHMAWATI.pdf