eprintid: 14712 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/47/12 datestamp: 2022-06-16 03:47:23 lastmod: 2022-06-16 04:15:29 status_changed: 2022-06-16 03:47:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amriani, Laela creators_name: Aziz, Tian Abdul creators_name: Sessu, H.A. title: Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Kelas VII Dalam Topik Operasi Hitung Bentuk Aljabar ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 keywords: Miskonsepsi, Operasi Hitung Bentuk Aljabar abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis miskonsepsi pada kemampuan berpikir aljabar siswa dan menggolongkan bentuk miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa serta menemukan apa penyebab terjadinya miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa kelas VII. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif sehingga data yang ada dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, yaitu proses mencari serta menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil tes diagnostik miskonsepsi, wawancara, dan observasi. Analisis data penelitian kualitatif dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, melakukan penggolongan, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan mana yang akan dikaji sehingga dapat dibuat suatu kesimpulan untuk disampaikan kepada orang lain. Subjek dalam penelitian ini adalah 106 orang siswa kelas VII. Soal yang diberikan soal uraian sebanyak 13 soal yang sebelumnya sudah divalidasi oleh validator. Soal juga diberikan sesuai dengan indikator soal yang berasal dari silabus. Berdasarkan analisis data ternyata banyak siswa yang salah konsep dalam memahami operasi aritmatika, dan tidak mampu menggeneralisasi dalam menentukan metode yang digunakan akibat kemampuan daya ingat siswa yang rendah, minat belajar siswa yang kurang, dan perkembangan kognitif siswa yang tidak sesuai dengan bahan ajar yang diminati, sehingga penanaman konsep belajar aljabar masih jadi hal yang rumit dan susah.. Miskonsepsi merupakan hal yang terpenting untuk diperhatikan dan perlu dicarikan solusi karena jika tidak ditanggulangi akan menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi berkelanjutan dan berdampak buruk pada prestasi siswa. date: 2020-02-24 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Aygor, N., & Ozdag, H. (2012). Misconceptions in Linear Algebra: the Case of Undergraduate Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.602. Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. Fitria, A. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Menentukan Grup Pada Struktur AljabFitria, A. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Menentukan Grup Pada Struktur Aljabar Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) Di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari. Jurnal Pendidikan Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.50 Hasratuddin, H. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Aljabar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran. Karolin, N., Subanji, & I Made, S. (2016). Miskonsepsi Pada Penyelesaian Soal Aljabar Siswa Kelas VIII Bedasarkan Proses Berpikir Mason. Jurnal Pendidikan. Lew, H. (2004). Developing Algebraic Thinking in Early Grades : Case Study of Korean Elementary School Mathematics 1, 8(1), 88–106. Omardin Ashaari. (1999). Pembelajaran Kreatif Untuk Pembelajaran Aktif. Pembelajaran Kreatif Untuk Pembelajaran Aktif. Ozkan, E. M., & Ozkan, A. (2012). Misconception in Exponential Numbers in IST and IIND Level Primary School Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.069 Paul, S. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.1177/1368431018760947 Saputra, N. N. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Sardiman, A. . (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Ar-Ruzz Media, 27. Savitri, M. E., Mardiyana, & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Dalam Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. citation: Amriani, Laela dan Aziz, Tian Abdul dan Sessu, H.A. (2020) Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Kelas VII Dalam Topik Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14712/1/SPS_MTK_1709097014_LAELA%20AMRIANI.pdf