%K Miskonsepsi, Operasi Hitung Bentuk Aljabar %X Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis miskonsepsi pada kemampuan berpikir aljabar siswa dan menggolongkan bentuk miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa serta menemukan apa penyebab terjadinya miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa kelas VII. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif sehingga data yang ada dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, yaitu proses mencari serta menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil tes diagnostik miskonsepsi, wawancara, dan observasi. Analisis data penelitian kualitatif dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, melakukan penggolongan, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan mana yang akan dikaji sehingga dapat dibuat suatu kesimpulan untuk disampaikan kepada orang lain. Subjek dalam penelitian ini adalah 106 orang siswa kelas VII. Soal yang diberikan soal uraian sebanyak 13 soal yang sebelumnya sudah divalidasi oleh validator. Soal juga diberikan sesuai dengan indikator soal yang berasal dari silabus. Berdasarkan analisis data ternyata banyak siswa yang salah konsep dalam memahami operasi aritmatika, dan tidak mampu menggeneralisasi dalam menentukan metode yang digunakan akibat kemampuan daya ingat siswa yang rendah, minat belajar siswa yang kurang, dan perkembangan kognitif siswa yang tidak sesuai dengan bahan ajar yang diminati, sehingga penanaman konsep belajar aljabar masih jadi hal yang rumit dan susah.. Miskonsepsi merupakan hal yang terpenting untuk diperhatikan dan perlu dicarikan solusi karena jika tidak ditanggulangi akan menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi berkelanjutan dan berdampak buruk pada prestasi siswa. %L repository14712 %A Laela Amriani %A Tian Abdul Aziz %A H.A. Sessu %T Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Kelas VII Dalam Topik Operasi Hitung Bentuk Aljabar %I UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA %D 2020