eprintid: 14710 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/10 datestamp: 2022-06-24 02:43:34 lastmod: 2022-06-24 03:58:00 status_changed: 2022-06-24 02:43:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tamimah, Salsabila creators_name: Suswandari, Suswandari creators_id: salsabilachaniago77@gmail.com creators_id: suswandari@uhamka.ac.id title: Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Sejarah Peminatan Penerbit CV. Mediatama Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan Silabus Pelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2019-2020 ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Mata pelajaran Sejarah Peminatan merupakan mata pelajaran baru yang muncul saat Kurikulum 2013 dibuat. Kemudian pada tahun 2017 dilakukan revisi kurikulm 2013 yang juga mempengaruhi materi ajar pada pelajaran. Pada saat ini materi ajar diberikan dari pemerintah. Buku teks pelajaran sebagai salah satu media pembelajaran utama yang digunakan dalam pembelajaran. Namun peneliti menemukan bahwa sekolah cukup sulit mengganti buku pelajaran yang sesuai dengan silabus yang ada. Oleh karenanya penelitian ini dimaksudkan untuk menanalisa kesesuaian isi buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017 dengan Silabus Pelajaran Sejarah Peminatan tahun ajaran 2019-2020. Riset ini bertujuan untuk (1) mengetahui kedudukan pelajaran Sejarah pada Kurikulum 2013, (2) buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017, (3) mengetahui isi kesesuaian antara isi buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017 dengan Silabus Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI tahun ajaran 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten yang dikembangkan oleh Krippendorff. Dengan analisis konten ini peneliti melakukan analisis terhadap silabus Pelajaran Sejarah Peminatan Tahun ajaran 2019-2020 dengan buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017. Hasil penelitian menjelaskan (1 )pelajaran Sejarah Peminatan berkedudukan sebagai pelajaran peminatan dan lintas minat, (2) penyusunan isi buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017 sudah menjalankan 4 bagan teori kognitif Gagne dan teori Taksonomi Bloom, (3) berdasarkan penilaian menggunakan stnadar BSNP buku teks ini sudah sesuai dengan silabus pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI tahun ajaran 2019-2020, (4) penilaian buku teks ini sesuai penulisan buku teks Sejarah menurut Kartodirdjo memenuhi konsep keberagaman dan integrasi nasional namun tidak dengan pendekatannya dan (5) rujukan sumber dalam buku ini sangat sedikit dan sebagian tidak terdaftar pada daftar isi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19396 Akib, I. (2015). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR ROBERT GAGNE DALAM PEMBELAJARAN KONSEP MATEMATIKA. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar. Arraman, B. C., & Hazmi, N. (2018). Analisis Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013. KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 1(2), 122–140. https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.404 Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 7(2), 226–239. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.17378 Budiningsih, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Darmawan, W. dkk. (2013). ANTARA SEJARAH DANA PENDIDIKAN SEJARAH: Analisis Terhadap Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. Febbrizal, F., & Aman, A. (2019). Mata Pelajaran Sejarah Sma Di Kurikulum 2013. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 203. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i2 Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran,Pengajaran, dan Penilaian. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50 Guntur, T. P. D. H., & Tarigan, D. D. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indoensia. Angkasa. Herman, S. D., & Rochmat, S. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Di Kelas XII IPS Man 1 Sleman Tahun Ajaran 2017 2018. Risalah : Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(6), 617–624. Huda, D. N. (2014). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Non BSE dengan STtandard IDI Bahasa Indonesiauntuk SMP Kelas VII. 149. Khairunnisa, F. (2019). Evaluasi Komponen Kelayakan Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia: Kesesuaian Materi dengan Kurikulum. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). 99 Maskun. (n.d.). Rekapitulasi Data Dapodik SMA Negeri 51 Jakarta. https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/2C85E28B4F8177551C7E Moleong, L. . (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya. Naredi, H. (2019). PSPB dan Dekonstruksi Sejarah Indonesia pada Masa Orde Baru. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.17509/historia.v3i1.20731 Permasalahan Buku Sekolah Sangat Kompleks. (2008). Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2008/07/24/16205022/permasalahan.buku.sekolah.sangat.kompleks Pratama, R. A., Maskun, & Lestari, N. I. (2019). Dinamika Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Kurikulum 2013 pada Jenjang SMK/MAK. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 99–121. https://doi.org/10.21009/jps.082.02 Prichilia, F. (2019). Kemdikbud: TA 2019/2020 Semua Sekolah Wajib Pakai Kurikulum Nasional. Kumparan. https://kumparan.com/kumparanmom/kemdikbud-ta-2019-2020-semua-sekolah-wajib-pakai-kurikulum-nasional-1551538233720811799 Purwanta, H. (2012). EVALUASI ISI BUKU TEKS PELAJARAN SEJARAH PADA MASA ORDE BARU. Cakrawala Pendidikan, XXXI, 424–440. Purwanta, H. (2013). Evaluasi Isi Buku Teks Pelajaran Sejarah Pada Masa Orde Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3, 424–440. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1551 Sagala, H. S. (2013). Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru Yang Profesional. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 5(1), 11–22. Sagala, H. S., & Pendahuluan, A. (2008). Silabus Sebagai Landasan Pendidikan. 5(1), 11–22. Sawitri, I. (2016). Sejarah Peminatan Ilmu-ilmu Sosial untuk SMA/MA XI. CV Mediatama. SMA KARTIKA VIII-1. (n.d.). smakartika81.sch.id SMA Negeri 51 Jakarta. (n.d.). http://sman51-jkt.sch.id/ Suswandari, S. (2010). Paradigma Pendidikan Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 331–342. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.216 Ulhaq, Z. (2017). Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 49. https://doi.org/10.21009/jps.062.06 100 Wijayanti, Y. (2017). Peranan Penting Sejarah Lokal Dalam Kurikulum Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Artefak, 4(1), 53. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.735 citation: Tamimah, Salsabila dan Suswandari, Suswandari (2020) Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Sejarah Peminatan Penerbit CV. Mediatama Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan Silabus Pelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2019-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14710/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075038_SALSABILA%20TAMIMAH.pdf