eprintid: 14706 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/47/06 datestamp: 2022-06-16 03:47:34 lastmod: 2022-06-16 04:14:08 status_changed: 2022-06-16 03:47:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suhendar, Aris creators_name: Azhar, Ervin creators_name: Nuriadin, Ishaq creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Antara Self-Efficacy dan Sikap Pembelajaran Matematika Dalam Kondisi New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 12 Kabupaten Tangerang ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 keywords: self-efficacy, sikap pembelajaran matematika, hasil belajar matematika abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Self-Efficacy dan Sikap Pembelajaran Matematika Dalam Kondisi New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 12 Kabupaten Tangerang. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode survei dengan menggunakan Google Formulir, penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 12 Kabupaten Tangerang dan sampel yang diambil sebanyak 95 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen penelitian berupa tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy terhadap hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara self-efficacy terhadap hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,362 lebih besar dari = 0,05 atau 0,362 > 0,05, berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara selfefficacy terhadap hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,095, yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy terhadap hasil belajar yang memiliki besar hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang positif. Hipotesis kedua tidak terdapat hubungan yang signfikikan antara sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar siswa diperoleh signifikansi 0,185 > 0,05, yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,137 yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar yang memiliki besar hubungan sangat rendah dan arah hubungan yang negatif. Hipotesis ketiga terdapat hubungan secara bersama-sama antara self- efficacy dan sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar, yang ditunjukan dengan besarnya hasil sig. F change 0,033 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara self- efficacy dan sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,268 menunjukan bahwa hubungan secara bersama mempunyai derajat hubungan yang rendah. Besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,072 artinya 7,2% hasil belajar matematika siswa dapat diprediksi berdasarkan dan self-efficacy dan sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan sikap pembelajaran matematika dalam kondisi new normal terhadap hasil belajar yang memiliki besar hubungan rendah dan arah hubungan yang positif. date: 2020-11-27 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abtokhi, Ahmad. 2009. Peran Ibu dalam Kegiatan Pendampingan Belajar Anak Melalui Prinsip Individual Learning-Centered. EGALITA, Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender 2009: 168-177. Anisa, Witri Nur. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1 (1) 2014: 1-10. Ardyanti, Shinta Ika dan Esti Harini. 2015.Hubungan Antara Adversity Quotient, Self EfficacyDan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Kecantikan SMK Negeri Se-Kecamatan Umbulharjo. UNION Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1) Maret 2015: 33-44. Arikunto, S. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Estrada, Erik. 2013. Pengaruh Self-Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Tidak diterbitkan Fitriani, Wahidah. 2017. Analisis Self-Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di MAN 2 Batusangkar Berdasarkan Gender. AGENDA 1 (1) 1 Desember 2017: 141-158. Hadianti, Leli Siti. 2008. Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut 2 (1) 2008: 1-8. Isyafani, Erna, Dkk. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Trio Exchange (RTE). Jurnal Elemen 4 (1) Januari 2018: 80-92. Jatisunda, Muhammad Gilar. Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 1 (2) Januari 2017: 24-30. Jemudin, F dkk. 2019. Hubungan Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN 6 Langke Rembong. Journal Of Honai Math 2 (1) April 2019: 1-11. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama. Lunenburg, Fred C. 2011. Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. International Journal Of Management, Business, And Administration 14(1) 2011: 1–6. Kasmina, dkk. 2008. Matematika Program Keahlian Teknologi, Kesehatan dan Pertanian untuk SMK dam MAK Kelas XII. Jakarta: Erlangga Kuncoroningsih, Endang. 2013. Hubungan Antara Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan Tahun Ajaran 2012/2013. Tidak diterbitkan Kurnia, Rizcky Dwi M., dkk. 2018. Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Self- Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3 (1) 2018: 59-64. Kusaeri dan Ekky Dea Henwi Cahyan. 2016. Sikap, Harapan dan Persepsi Siswa Pada Matematika Serta Implikasinya Terhadap Kemampuan Regulasi Diri. Jurnal Pengajaran MIPA 21 (2) Oktober 2016: 114-121. Murwani, Santosa. 2017. Statistika Terapan Teknik Analisis Data. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Nahar, Novi Irawan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial) 1 Desember 2016: 64-74. Nuriadin, Ishaq. 2010. Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik Siswa SMP melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad. Tidak diterbitkan Nurtanto, Muhamad dan Herminarto Sofyan.2015. Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Psikomotorik dan Afektif Siswa Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 5 (3) November 2015: 352-364. Rahmawati, Endang Dwi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GroupInvestigation (GI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Sosialitas 2 (1) 2012: 1-6. Purnamasari, Dessi. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal 2(1) Oktober 2013: 13-21. Rustika, I Made. 2012. Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi 20 (1-2) 2012: 18-25. Rusgianto H.S. 2006. Hubungan Antara Sikap Terhadap Matematika, Kecerdasan Emosional Dalam Interaksi Sosial Di Kelas dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 24 November 2006: 63-102. Siregar, Nani Restati. 2017. Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding temu ilmiah X ikatan psikologi perkembangan Indonesia Agustus 2017: 224-232. Sutiarso, S. 2009. Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 16 Mei 2009: 527-530. Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta Suharyat, Yayat. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. REGION 1 (3) September 2009: 1-19. Sumantri, M. Syarif dan Ria Puspita. Hubungan Antara Sikap Matematika Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta Pascasarjana 2014: 1-12. Susilo, Tri Achamd Budi S., dan Ifrayanti Agustin. 2015. Pengaruh Sikap Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo 3 (1) April 2015: 9-16. Usdiyana, D. Dkk. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA 13 (1) April 2009: 1-14. Widodo, Untung. 2018. Matematika Untuk SMA/MA Kelas XII Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga. citation: Suhendar, Aris dan Azhar, Ervin dan Nuriadin, Ishaq (2020) Hubungan Antara Self-Efficacy dan Sikap Pembelajaran Matematika Dalam Kondisi New Normal terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 12 Kabupaten Tangerang. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14706/1/SPS_MTK_1709097003_Aris%20Suhendar.pdf