eprintid: 14703 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/47/03 datestamp: 2022-06-16 03:49:11 lastmod: 2022-06-16 04:11:09 status_changed: 2022-06-16 03:49:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zulyansyah, Zulyansyah creators_name: Nuraidin, Ishaq creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: sigid@uhamka.ac.id title: Hubungan Penggunaan Google Classroom dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 keywords: penggunaan google classroom, self efficacy, hasil belajar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Google Classroom dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode survei dengan menggunakan Google Formulir, penelitian ini dilakukan di SMP Bangun Nusantara di Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang dan sampel yang diambil sebanyak 35 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen berupa kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama nilai koefisien korelasi antara penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh sig-value 0,111> 0,05 dengan demikian H0 diterima dan hasil koefisien determinasi atau rhitung sebesar 0,274 dapat dinyatakan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa dengan derajat hubungan korelasi rendah dan bentuk hubungan yang positif. Hipotesis kedua hasil koefisien korelasi diperoleh sig-value 0,011 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan hasil koefisien determinasi atau rhitung sebesar 0,427 dapat dinyatakan bahwa terdapat terdapat hubungan antara self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa mempunyai derajat hubungan korelasi sedang dan bentuk hubungan yang positif. Hipotesis ketiga nilai koefisien korelasi sig F 0,035 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,435 dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan google classroom dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa dengan derajat hubungan kuat dengan arah positif, sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,189artinya kontribusi kemampuan penalaran matematis 18,9% dapat diprediksi berdasarkan penggunaan google classroom dan self efficacy, sedangkan sisanya yaitu 81,1% dapat diprediksi dari faktor yang lain. date: 2020-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Alamsyah. (2002). Suatu Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analogi Matematika. Tesis S.Ps. UPI Bandung: Tidak diterbitkan. Ashar. J. (1998). Peningkatan Guru SMP dalam Mengorganisasi Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika di SMP. FKIP Bengkulu. Araceli, A.V. dkk. (2006). First PISA 2006 Project for International Assessment of 15- Year-Old Student in Science, Mathematics and Reading. Bilbao: Instituto Vasco de Eduacione e Investigacion Educativa. Asyhadi, A. (2005). Pengenalan Laboratorium Matematika di Sekolah. IHT Media Bagi Staff LPMP Pengelolaan Laboratorium Matematika Tanggal 5 s.d. 11 September 2005 di PPPG Matematika Yogyakarta. Arikunto, S (1999). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta : Rineka Cipta. ________ (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Bandura, A. 1994. Self-efficacy.Encyclopedia of human behavior. 4: 71-81. __________. 2000. Exercise of HumanAgency Through Colletive Efficacy, Current Directions in Psychological Science, 9, 75-78. Bandura, A. and Dale. 1981. Cultivating Competence, Self-efficacy and Intrinsic Interest Thugh Proximal Self Motivation, Journal of Personality and Sosial Psycology. 41 (3). 586 – 598. Bell, F.H.(1987). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). University of Pittsburgh. Cai, J.L. dkk (1996). Communication in Mathematics K-12 and Beyond. Virginia: NCTM. Dahlan, J.A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended. Disertasi S.Ps. UPI: Tidak Diterbitkan. Darhim. (2004). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Disertasi UPI. Bandung : Tidak diterbitkan. Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Departemen Pendidikan Nasional. ( 2002). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika, Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Jakarta : Depdiknas. ________. (2006). Standar Isi dan Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. [online]. Tersedia: //groups.yahoo.com/group/dikmenjur/message/4564. Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Edward W.M, Bruce M.K. (1993). Statistical Reasoning in Psychology and Education. New York: Lehigh Press. Fahrurozi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Edisi khusus Vol. 1. Fajar, S. (2001). Bagaimana Cara Guru Memanfaatkan Faktor Sikap dalam Pembelajaran. Tersedia di www.fadjarp3g.wordpress.com. Frederick, H.B. (1978). Teaching and Learning Mathematics ( In Secondary Schools). New York: Brown Company Publishers. Hake, R.R. (1999). Analizing Change/ Gain Scores. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Herdian, (2010). Pengaruh Metode Descovery Terhadap Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa SMP. Tesis UPI Bandung: Tidak diterbitkan Jacobs, J. (2004). The Limits of Discovery Learning. [online]. Tersedia di http://www.joannejacobs.com/mtarchives/013751.html. [November 2009] Kite, C.D. (2005). Discovery Learning, Lesson Planning. [online]. Tersedia: http://www.members.aol.com/kiteCD2/artel-disclearn.html. [10 November 2009] Kusumah, Y.S. (2008). Konsep, Pengembangan dan Implementasi Computer Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Mathematics Thinking. Makalah disajikan dalam Pengukuhan Guru Besar Matematika FMIPA UPI. Lisnawaty, S. (1993). Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta Mahardikawati, D. 2011. Hubungan antara Self-efficacy dengan Prestasi Belajar siswa (Studi Deskriptif pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukaraja Kabupaten Sukabumi tahun Ajaran 2011-2012). Skripsi. Psikologi FIP UPI, Bandung. Marlina, Ikhsan, dan Yusrizal. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Selfefficacy Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal didaktik Matematika.vol 1 No.1 April 2014. ISSN : 2355-4185. Muhibbin, S. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Mundari. (2010). Logika. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kusumah, Y. (1986). Logika Matematika Elementer. Bandung: Tarsito Natioanl Council of Teachers of Mathematics. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. USA: The Natioanl Council of Teachers of Mathematics, Inc. Nur, Muhammad. (2004). Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Modul kuliah UNESA: Tidak diterbitkan Priatna, N. (2003). Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 SLTP di Kota Bandung. Disertasi S.Ps. UPI Bandung: Tidak diterbitkan. Rahman, A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Generalisasi Siswa SMA melalui pembelajaran Berbalik. Tesis S.Ps. UPI Bandung: Tidak diterbitkan. Robert, A.G, dkk. (2008). TIMSS advanced 2008 Assesment Frame Work. United States of America: The Third Internatioanal Mathematics and Science Study. Rochaminah, S. (2008). Pengaruh Pembelajaran Penemuan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Matematis Mahasiswa Calon Guru. Disertasi S.Ps. UPI Bandung: Tidak diterbitkan. Roestiyah, N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Ruseffendi, E.T. (1984). Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Bandung : Tarsito. . (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dan Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Suriadi. (2006). Pembelajaran dengan Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi Untuk Menigkatkan Pemahaman Matematik dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Tesis S.Ps. UPI Bandung: Tidak diterbitkan. Suriasumantri, J.S. (2005). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Suriayadi, D. (2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik tingkat Tinggi Siswa SLTP. Disertasi Doktor Pada SPs. UPI: Tidak diterbitkan. Suryosubroto. (2002), Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Suzana, Y. (2003). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kognitif. Tesis UPI Bandung: tidak diterbitkan. Trisnadi, A. (2006). Meningkatkan Pemahaman dan Generalisasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Pertemuan Terbimbing dalam Kelompok. Tesis S.Ps. UPI Bandung: Tidak Diterbitkan. Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Leuser Cita Pustaka. Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Pelajaran Matematika. Laporan penelitian IKIP Bandung. Bandung: Tidak diterbitkan. Widiarso, W. (2007). Uji Hipotesis Komparatif. [on line]. tersedia. http://elisa.ugm.ac.id/community/home/show/statistikaptu1003/#!/section/7013/ 1336745918. Widjajanti, D. (2011). Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya. Makalah Universitas Negri Yogyakarta. Yuliani. (2011). Meningkatkan Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa SMP dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. S.Ps. UPI Bandung: Tidak diterbitkan. Zimmerman, B. J. 2000. Self-Efficacy : An Essential motive to learn Contemporary Educational Psychology citation: Zulyansyah, Zulyansyah dan Nuraidin, Ishaq dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Hubungan Penggunaan Google Classroom dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14703/1/SPS_MTK_%201709097023_Zulyansyah.pdf