eprintid: 14700 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/00 datestamp: 2022-06-24 03:01:38 lastmod: 2022-06-24 03:01:38 status_changed: 2022-06-24 03:01:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ufairoh, Hanifatul creators_name: Ramadhar, Yulia creators_id: hanifatulufairoh@gmail.com creators_id: yuliarahmadhar@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 13 ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan menggunaan media audio visual pada peserta didik kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 13 pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasinya adalah peserta didik kelas IVA dan IVB berjumlah 57 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan soal essay dengan 15 butir soal yang sudah diuji validitasnya menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment sebanyak 20 soal essay dengan 15 soal valid dan 5 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha memperoleh rhitung = 0,84 > rtabel = 0,413, maka data tersebut memilikiinstrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji normalitas Liliefors diperoleh Lo = 0,146 < Lt = 1,63, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 1,08 < Ftabel = 1,89, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 3,387 dengan ttabel = 2,004 pada α = 0,05 dan ttabel = 2,004 pada α = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik di kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 13. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara. Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Diunduh tanggal 7 April 2020, dari https://doi.org/10.30998/formatif. Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. March. Diunduh tanggal 4 April 2020, dari https://www.researchgate.net/publication/315105651. Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains. Diunduh tanggal 7 April 2020, dari http://journal2.um.ac.id/index.php/. Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN ANTARMAKHLUK HIDUP. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3576. Haqiqi, A. K., Sutikno, & Matsuri. (2015). Magnetic Power Electric Board Sebagai Media Ajar Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Magnet. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4989 Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7538. Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1027. Jufri, A. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari https://library.unimed.ac.id/index.php?p=show_detail&id=14275&keyword s=. Kaban, S., & Lutmila, T. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PONDOK LABU 12 PAGI JAKARTA SELATAN. Diunduh tanggal 21 Januari 2020, dari https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan. Jakarta:Uhamka Press. Listyana, R., & Hartono, Y. (2015). PERSEPSI DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PENANGGALAN JAWA DALAM PENENTUAN WAKTU PERNIKAHAN (STUDI KASUS DESA JONGGRANG KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2013). Diunduh tanggal 21 Januari 2020. Darihttps://www.researchgate.net/publication/325530720_Persepsi_Dan_Si kap_Masyarakat_Terhadap_Penanggalan_Jawa_Dalam_Penentuan_Waktu_ Pernikahan_Studi_Kasus_Desa_Jonggrang_Kecamatan_Barat_Kabupaten_ Magetan_Tahun_2013. Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. Diunduh tanggal 4 April 2020, dari https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107. Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nugraha, S. (2018). Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Diunduh pada 21 Januari 2020, dari https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/11907. Nurrita, T. (2018). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Diunduh tanggal 4 April 2020, dari https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. Nuryanti, L., Java, C., Zubaidah, S., Malang, U. N., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Diunduh 7 April 2020, dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490. Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231. Salamah, E. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE. Sani, R. A. (2019). Cara Membuat Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart. Sidi, J., & Mukminan. (2016). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/9903. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA. Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Diunduh pada 4 April 2020, dari https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara. Walfajri, R. U., & Harjono2, N. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd. Diunduh tanggal 20 Januari 2020, dari https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406. Wulandari, A. (2016). Pengaruh pengawasan melekat dan kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan publik pada kantor kecamatan muara ancalong di kabupaten kutai timur. 4(4), 577–591. Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa.Diunduh tanggal 7 April 2020, dari https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257. Yuliana, HD, M. M., & Alfiandra. (n.d.). (2015). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTROVERSIAL ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATAPELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1. Diunduh tanggal 7 April 2020, dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4586. Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Diunduh tanggal 5 April 2020, dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10544. citation: Ufairoh, Hanifatul dan Ramadhar, Yulia (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 13. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14700/1/FKIP_PGSD_1601025158_HANIFATUL%20UFAIROH.pdf