eprintid: 14699 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/99 datestamp: 2022-06-24 03:01:17 lastmod: 2022-06-24 03:01:17 status_changed: 2022-06-24 03:01:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hastuti, Dicha Yuni creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: dichayuni@yahoo.com creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Round Table Terhadap Hasil Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV SDN Rambutan 03 Pagi ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau tidaknya pengaruh hasil menulis puisi dengan menggunakan Model Round Table pada peserta didik kelas IV SDN Rambutan 03 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Purposive. Pada Uji Validitas Menggunakan validitas konstrak (Construct Validity). Untuk menguji validitas konstrak dapat digunakan pendapat ahli (Judgement expert) Validitas ini dilakukan setelah instrumen dikonstruksi tentang aspek-aspek yang diukur dengan berdasarkan teori tertentu, maka selanjutnya dikonsultasikan dengan ahli. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Pre-test Lo < Lt = 0,150 < 0,173 dan Post-test Lo < Lt yaitu 0,120 < 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,060 < 1,98, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,09 > 2,064. Dengan demikian H0 di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model round able terhadap hasil menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model round table terhadap hasil menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Azizah, Rizka Amalia, Suhartono, and Warsiti. 2015. “Penggunaan Model Kooperatif Tipe Round Table dengan Media Gambar dalam Peningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Cerita Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cisumur 04 Tahun Ajaran 2014/2015”” 31(1):32–35. A.Kusdiwelirawan. 2014. Statistika Pendidikan. Jakarta:Uhamka Press Budiastuti, W. 2013. “Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya 1(3):53731. Citraningrum, Dina Merdeka. 2016. “Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif.” Jurnal Umum Jember 1(1):82–90. Darmadi, 2017. Penegmbangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Huda, Triwahyu Puspa. 2016. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table dalam Application of Cooperative Model in Teaching Writing Roundtable Type Text Exposition Class.” 2(November):224–29. Jari, Darma. 2016. Cara Mudah Belajar dan Mengajar Sastra Teori Praktis Pembelajaran Puisi Prosa dan Drama. Serang: Penerbit Laksita Indonesia Jari, Darma. 2014. 4 Keterampilan Berbahasa. Banten: Oksana Publihsing Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Maryani, Rosa. 2019. “Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Anak Siswa Kelas V SDN Tanjung Barat 05 Pagi”. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta. Skripsi. Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model. Sidoardjo: Nizamia Learning Center. Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Riadi, Edi. (2014). Metode Statistika Parametrik dan Non Parametik : Untuk Penelitian Ilmu Ilmu Sosial dan Pendidikan. Tanggerang. Pustaka Mandiri. Sari, Fitri Sinta. 2018. “Analisis Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Unsur Instrinsik Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VIII SMP Negerti 13 Makassar.” Skripsi. Siregar, E dan Hartini Nara. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Gahlia Indonesia Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup Sulkifli. 2016. “Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara.” Jurnal Bastra 1(1):1–22 Sugiyono. 2016. Model Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Ulfah, Triana, and Sumarwati. 2013. “Analisis Unsur Pembangun Puisi Pada Teks Puisi Siswa Menengah Atas.” Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0 | 115–19. Vera Sardila, M. P. 2015. “Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa.” Jurnal Pemikiran Islam 40(2):110–17. Wulandari, Atria . 2016..“Pengaruh Model Round table terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SDN Grogol Utara 12 Pagi Jakarta Selatan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Skripsi. citation: Hastuti, Dicha Yuni dan Ibrahim, Nini (2020) Pengaruh Model Round Table Terhadap Hasil Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV SDN Rambutan 03 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14699/1/FKIP_PGSD_1601025156_DICHA%20YUNI%20HASTUTI.pdf