eprintid: 14697 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/97 datestamp: 2022-06-24 03:01:08 lastmod: 2022-06-24 03:01:08 status_changed: 2022-06-24 03:01:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Desyana creators_name: Zulfadewina, Zulfadewina creators_id: desyanapratiwi03@gmail.com creators_id: zulfadewina@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Serdang 03 Jakarta Pusat ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Rotating trio exchange (RTE) pada siswa kelas V SDN Serdang 03 Jakarta Pusat pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian posstest only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel purposive. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment sebanyak 12 soal uraian dengan hasil 11 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,699 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Post-test kelas eksperimen Lo < Lt yaitu 0,121 < 0,161, sedangkan kelas kontrol Lo < Lt yaitu 0,139 < 0,161. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,413 < 1,861, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung 5,927 > ttabel 2,002 pada ɑ = 0,05. Dengan demikian Ho di tolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Serdang 03 Jakarta Pusat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah, Ridwan, Sani. (2019). Cara Membuat Soal HOTS. Tanggerang: Tira Smart. Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Ariyanto, Muhammad. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(2), 134-144 Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2010). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154 Cahyono, Tri. (2015). Statistika Uji Normalitas. Puwokerto:Yayasan Sanitarian Banyumas. Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186-199. https://doi.org/10.21009/JPD.072.01 Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(03), 37–47. Harsanto, Radno. (2006). Melatih Anak Berpikir Analisis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: PT Grasindo Haryono. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21. Yogyakarta: Kabel Press Heliyandari, Y., Rohmadi, M., & Yuliani, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Keterampilan Kooperatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 28-35. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2310 Heru Dwi Waluyanto. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Nirmana, 7, 45–55. Isfayani, E., Johar, R., & Munzir, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self- Efficacy Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Jurnal Elemen, 4(1), 80.-85. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.473 Isjoni. (2012). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71-84. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1762 Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 2(1), 13-25 https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.21 Lubis, Mayang, Sari. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama Made, N., Widyastini, T., Riastini, P. N., Sudana, D. N., & Pgsd, J. (2017). Pengembangan Tes Berpikir Kritis IPA Untuk Semester Gasal Kelas IV SD. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 5(1), 1-11. Nahar, Novi. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 1(1), 64-74. Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235. Nisaul, M. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal PRISMA Unisversitas Suryakencana. VI(2), 56-107 Nurkholis. (2013). Beberapa Model Pendekatan, Strategi, dan Metode Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–13. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Priansa, Donni, Juni. (2016). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia Rahayu, R. D. ., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 8–13. Rodiyana, R. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.343 Rusman. (2015). Model-model Pembelajaran Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sadiawan, L G A, Wibawa, I M. C., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, I(1), 27. https://doi.org/10.23.887/jp2.v1il.19328 Setiaji, R., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2018). Perbedaan Penggunaan Discovery Learning Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 4 Sd Gugus Cokro Kembang Jenawi Karanganyar. Jurnal Basicedu, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.21 Shiraev, B, Levi, A. (2012). Psikologi Lintas Kultural. Jakarta:Kencana Sillberman, Melvin, L. (2014). Active Learning. Bandung: Nuansa Cendekia Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta. Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: PT Alfabeta Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117 Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian PendidikanKompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara Sutirman. (2013). Media & Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Taniredja, Tukirman. (2012). Penelitian Kuantitatif.Bandung:Alfabeta Wisudawati, Asih. (2013). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta:PT Bumi Aksara Yuli. (2018). Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume 4 No.1, Juni 2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 49–55. Yusuf, Muri. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana citation: Pratiwi, Desyana dan Zulfadewina, Zulfadewina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Serdang 03 Jakarta Pusat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14697/1/FKIP_PGSD_1601025155_DESYANA%20PRATIWI.pdf