relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14697/ title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Serdang 03 Jakarta Pusat creator: Pratiwi, Desyana creator: Zulfadewina, Zulfadewina subject: L Education (General) subject: Q Science (General) description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Rotating trio exchange (RTE) pada siswa kelas V SDN Serdang 03 Jakarta Pusat pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian posstest only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel purposive. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment sebanyak 12 soal uraian dengan hasil 11 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,699 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Post-test kelas eksperimen Lo < Lt yaitu 0,121 < 0,161, sedangkan kelas kontrol Lo < Lt yaitu 0,139 < 0,161. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,413 < 1,861, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung 5,927 > ttabel 2,002 pada ɑ = 0,05. Dengan demikian Ho di tolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Serdang 03 Jakarta Pusat. date: 2020 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14697/1/FKIP_PGSD_1601025155_DESYANA%20PRATIWI.pdf identifier: Pratiwi, Desyana dan Zulfadewina, Zulfadewina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Serdang 03 Jakarta Pusat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.