eprintid: 14695 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/95 datestamp: 2022-06-24 02:43:00 lastmod: 2022-06-24 03:56:53 status_changed: 2022-06-24 02:43:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sagala, Devita Sari creators_name: Qodariah, Lelly creators_id: lelly_qodariah@uhamka.ac.id title: Eksistensi Pak Kasur melalui Lagu Anak Ciptaannya (Studi Kasus) ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi yang dimiliki oleh Pak Kasur melalui lagu anak yang telah diciptakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pak Kasur merupakan salah seorang tokoh pendidikan anak dan menjadi salah satu pelopor pendidikan anak-anak di Indonesia. Dalam mendidik Pak Kasur selalu diiringi dengan ketulusan dalam mendidik dan ketulusan tersebut terlihat dari kata “momong” yang selalu dikatakan Pak Kasur tentang nilai dari apa yang telah dilakukan oleh Pak Kasur untuk anak-anak. Dan sebagai seorang pelopor pendidikan di Indonesia terlihat dari TK yang didirikan Pak Kasur mencetak murid-murid yang juga menjadi seorang tokoh pada perjalanan Indonesia sebagai sebuah negara. 2) Pak Kasur sebagai seorang tokoh pendidikan dan pencipta lagu masih memiliki eksistensi hingga dewasa ini, hal tersebut berdasarkan sosok Pak Kasur yang masih dikenal oleh masyarakat luas khususnya anak-anak didik Pak Kasur dan lagu-lagu ciptaan Pak Kasur masih sering dinyanyikan oleh anak-anak baik di lingkungan sekolah maupun dilingkungan tempat mereka tinggal. 3) Lagu-lagu ciptaan Pak Kasur bukan hanya sekedar lagu yang menyenangkan untuk anak-anak, akan tetapi lagu-lagu ciptaan Pak Kasur memiliki nilai pendidikan karakter tanpa di sadari oleh anak-anak. 4) Dalam menciptakan lagu Pak Kasur selalu memperhatikan kebutuhan anak-anak dalam tumbuh kembang. Dalam penelitian ini, peneliti membahas beberapa lagu anak yang diciptakan Pak Kasur yang sarat akan nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya lagu yang berjudul Bangun Tidur, Topi Saya Bundar, dan Sayang Semuanya. Pada lagu Bangun Tidur terdapat nilai karakter yaitu memberikan nilai disiplin, bertanggung jawab, kemandirian dan peduli sosial bagi anak. Sedangkan lagu Topi Saya Bundar memberikan nilai kejujuran terhadap kepemilikannya dan yang bukan kepemilikannya. Dan lagu Sayang Semuanya memberikan nilai karakter Cinta damai yang ditunjukkan lewat kasih sayang kepada anggota keluarga mulai dari ibu, ayah, adik dan kakak. Selain itu, lagu ini juga menunjukkan makna dari humanisme itu sendiri. Dimana humanisme merupakan suatu paham yang menjunjung tinggi akan nilai dan martabat manusia. Kemudian, terdapat pula melatih kecerdasan anak akan angka satu, dua, dan tiga dengan menunjukkannya melalui jari-jari anak. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Buku : Bandarsyah, D. (2015). Titipan Sejarah : Mengenang Kiprah Prof. DR. Wr. Hendra Saputra, M.Hum. Jakarta: UHAMKA Press. Burke, P. (2015). Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Dagun, S. M. (1990). Filsafat Eksistensialisme. Jakarta: Rineka Cipta. Diana, M. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Kadar, H. (1987). Pak Kasur dengan Taman Kanak-Kanaknya. Bandung: Tarate. Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Kencana. Lavine, T. (2003). Jean Paul Sartre : Filsafat Eksistensialisme Humanis. Yogyakarta: Jendela. Sides Sudyarto, P. B. (1987). Pak Kasur Pengabdi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Azet. Sumaryono, E. (1999). Hermeneutik, Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: PT Kanisius. Wiriatmadja, R. (2015). Filsafat Ilmu. Bandung: Rizqi press. Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana. Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Zubaedi. (2011). Desain Penddikan Karakter : Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana. Jurnal : A, A. N. F., Jubaedah, Y., & Ningsih, M. P. (2016). Peran Orang Tua Dalam Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Prasekolah Melalui Pembiasaan Di Kelurahan Cihaurgeulis Bandung. II(2), 81–91. Agustina, L. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, Dan Kelebihan Peran Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Auditor (Penelitian Pada Kantor Akuntan Publik Yang Bermitra Dengan Kantor Akuntan Publik Big Four Di Wilayah DKI Jakarta). Jurnal Akuntansi, 1(1), 40–69. 74 https://doi.org/10.28932/jam.v1i1.381 Alimuddin, J. (2015). Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” II(2), 108–116. Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1), 31–32. https://doi.org/10.21831/civics.v13i1.11075 Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan A . Pendahuluan Pendidikan merupakan salah satu unsur terpenting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia . Melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia , maka kualitas da. 1(01). Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelanjaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu Fahmi, resa nurul, D. (2014). Analisis tokoh utama dan nilai pendidikan karakter dalam novel. 2, 1–11. Fitriah, M. (2016). Kajian Al-Quran Dan Hadits Tentang Kesehatan Jasmani Dan Ruhani. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 15(1), 105–126. https://doi.org/10.30631/tjd.v15i1.29 Haryadi, T. (2015). Melatih Kecerdasaan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi"Warungku". Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 01, 41–42. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 85. https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875 Jamhuri, M. (2018). Humanisme sebagai Nilai Pendekatan yang Efektif dalam Pembelajaran dan Bersikap: Persperktif Multikulturalisme di Universitas Yudharta Pasuruan. Jurnal Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, III(2), 318–322. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1138 Jazariyah, J. (2019). Internalisasi Nilai Nilai Hadits Kebersihan Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Masile, Jurnal Studi Ilmu Keislaman, 1(1), 80–91. Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519 Karsono. (2014). Nyanyian Melintas Zaman : Kajian Musikalitas Lagu Anak-anak Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. 2. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v2i2.34164 Kemendikbud. (2018). Pendidikan dan Kebudayaan (24th ed.). Retrieved from http://repositori.kemendikbud.go.id//id/eprint/6299 75 Kusumawati, H. (2013). pendidikan karakter melalui lagu anak-anak. 1–14. Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615 Melani, I. (2011). Ayo Menyanyi. 7–9. Retrieved from https://eprint.undip.ac.id Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, (1), 1–8. Oktarosada, D. (2017). Hakekat Karakter. 10–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Pratama, D. A. N. (2019). Tantangan Karakter Di Era Membentuk Kepribadian Muslim. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01), 198–226. Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 193–194. Retrieved from www.ejournal.unuja.ac.id Ramdhan, muhammad ali. (2014). lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan, 26(1), 28–29. https://doi.org/10.1177/002218568402600108 Safitri, N. M. (2015). The implementation of character education through the school culture at smp n 14 yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 173–183. Solihati, ade hikmat dan nani. (n.d.). Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta. Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316 Sundari, A. (2020). Sinergitas Orang Tua-Guru Dalam Membentuk Karakter Jujur Dan Daya Juang Siswa. Psikobuletin, 1(2), 121. https://doi.org/10.24014/pib.vli2.9555 Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476 Thaib, M. I. (2018). Kepemimpinan pendidikan dalam islam. 66–95. Tyasrinestu, F. (2014). Lirik Musikal pada Lagu Anak Berbahasa Indonesia. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 164. https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.850 Umami, F. choirul. (2019). analisis nilai-nilai karakter dalam wacana lagu anak karya pak kasur dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di sekolah dasar (universitas jember). Retrieved from https://repository.unej.ac.id 76 Artikel : Hikmawan, Gayuh. (2015). Mencari Sheet Music Lagu Anak-anak Indonesia. Diambil 3 Agustus 2020, dari laman https://www.gayuh.hikmawan.com . Irianto, D. (2020). Dukung Kota Bekasi Layak Anak Kak Seto Ajak Warga Usulkan Pak Kasur dan Bu Kasur Pahlawan Pendidikan Anak Nasional. Diambil 13 Juli 2020, dari laman https://www.lensaindonesia.com . Praba. (2017). Kak Seto: Terima Kasih Pak Kasur dan Bu Kasur. Diambil 12 Juli 2020, dari laman https://www.jawapos.com . Teguh, Irfan. (2018). Kisah Pak Kasur dan Bu Kasur Mendidik Anak Indonesia. Diambil 26 Agustus 2020, dari laman https://tirto.id . Tosiani. (2019). Kak Seto Perjuangkan Pak Kasur sebagai Pahlawan Pendidikan. Diambil 13 Juli 2020, dari laman https://m.mediaindonesia.com . citation: Sagala, Devita Sari dan Qodariah, Lelly (2020) Eksistensi Pak Kasur melalui Lagu Anak Ciptaannya (Studi Kasus). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14695/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075033_DEVITA%20SARI%20SAGALA_.pdf