eprintid: 14694 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/94 datestamp: 2022-06-24 03:00:56 lastmod: 2022-06-24 03:00:56 status_changed: 2022-06-24 03:00:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhani, Cyntia Habsari creators_name: Bandarsyah, Desvian creators_id: cyntiahabsariramadhani@gmail.com creators_id: desvian_bandarsyah@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-3467-2262 title: Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Terhadap Sikap Toleransi Siwa Kelas IV Di SDN Margajaya 01 Bekasi ispublished: pub subjects: H subjects: L1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai belum sempurnanya siswa dalam menerapkan sikap toleransi. Terlihat dari cara siswa yang masih memlih teman dalam tugas kelompok berdasarkan teman yang biasa bergaul baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Terhadap Sikap Toleransi Siwa Kelas IV Di SDN Margajaya 01 Bekasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini berupa informasi yang diperoleh dari informan, dan dokumen atau arsip. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa cara yang dipakai guru dalam pembelajaran IPS adalah berbasis kearifan lokal melalui buku tematik dengan cara diskusi, presentasi, dan tanya jawab. Bentuk-bentuk penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran IPS ditanamkan melalui belajar kelompok (diskusi) yang mana siswa dapat menghargai perbedaan pendapat. Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal diterapkan pada siswa kelas IV karena tema tersebut memuat banyak materi yang bersinggungan dengan keadaan sehari-hari. Hasil dari penanaman sikap toleransi melalui penerapan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal sudah cukup baik. Namun masih kurang maksimal karena belum semua siswa memiliki sikap toleransi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abbas, E. W. 2015. Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. Bandung: Wahana Jaya Abadi. Asyhari, A. (2017: 140). Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam dan Budaya Indonesia. e-Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol. 6. No. 1. Diunduh dari: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1584/pdf Bungin, B. 2015. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rajawali Pers. Budiman, Syahriyah Semaun, dkk. 2020. 19 Covid-Pandemi dalam 19 Perspektif. Parepare. IAIN Parepare Nusantara Press Bungin. 2015. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rajawali Pers. Conny, R. Semiawan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Grasindo. Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung. Alfabeta. Elly M Setiadi, d. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group. Hamidah, S. 2015. Toleransi Peguruan Pencak Silat. Malang. Heny Gustini Nuraeni, d. 2012. Studi Budaya Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. Ida, R. 2014. Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Prenada Media Group. Ikhlasul Ardi Nugroho. 2016. Pendekatan Ilmiah alam Pembelajaran Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar. Yogyakarta. Ikhlasul Workshop Istijanto. 2009. Aplikasi praktis riset pemasaran. Jakarta: Gramedia pustaka Utama. John W Creswell. 2016. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Kasdin Sihotang, d. 2019. Pendidikan Pancasila-Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Kebangsaan. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Koentjaraningrat. 2004. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Listia Natadjaja, d. 2017. Kearifan Lokal Kemasan Penganan Tradisional. Yogyakarta: ANDI. Makmur Nurdin, d. 2019. Model Pembelajaran Inside Circle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres 7 / 183 Pacing Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. e-Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. VII. No. 1. Diunduh dari: http://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/2829/pdf_6 pada tanggal 09 Januari 2020 pukul 20.24 WIB. Moleong, L. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung. Rosda. Martawijaya, M. A. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Makassar: Masagena. Masrizal, M. A. 2014. Pengendalian Masalah Sosial Melalui Kearifan Lokal. Banda Aceh. Percetakan dan Penerbit Syiah Kuala University Press Darussalam. Masrul, Janner Simarmata, dkk. 2020. Pandemik Covid 19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Surabaya. Yayasan Kita Menulis. Matthew B. Miles, .. M. (1994: 12). Qualitative Data Analysis. California: SAGE Publications. Mulyanti, E. 2018. "Penanaman Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa SD Mulia Bakti Purwokerto". Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Purwokerto Nasikhah, Z. 2017. "Penanaman Sikap Toleransi dalam pembelajaran (Studi Multisitus) di SDN Nglegok 01 dan SDN Ngoran 01 Kecamatan Nglegok kabupaten Blitar". Fakultas Ibtidaiyah Pasca Sarjana. Institut Agama Islam Negeri Tulung Agung. Tulung Agung. Nasution, M. S. 2016. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Rajawali Pers. Ni Komang Sutriyanti. 2020. Menyemai Benih Dharma Perspektif Multidisiplin. Sulawesi Selatan. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesa. Pratomo, Y. 2019. Makna Sosial Paketan Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat Etnis Betawi Bekasi. Jurnal Ilmu Sosial Budaya. Rajafi, A. 2018. Perjumpaan Kajian dengan Ilmu Sosial. Jogjakarta: Deepublish Publisher. Rapanna, P. 2016. Membumikan Kearifan Lokal Dalam Kemandirian Ekonomi. Makassar: Sah Media. Sari, M. P. 2018. "Pembangunan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Melalui Badan Usaha Milik Desa di Desa Mulyo Sari Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran". Fakultas Magister Sosial. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung. Setyaningrum, I. 2017. "Manajemen Kelas Berbasis Kearifan Lokal di SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta". Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. Sibaweh, I. (2015: 253). Pendidikan Mental Menuju Karakter Bangsa Berdasarkan Ilmu Pengetahuan dari Masa ke Masa. Yogyakarta: DeePublish . Siska. 2016. Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogykarta. Garudhawaca ST Jauhar, d. 2019. Penerapan Model pembelajaran Inside Outside Circle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. e-Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan. Vol. 1. No. 1. Diunduh dari: http://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/5067/2898 pada tanggal 10 Januari pukul 10.03 WIB. Suaib, H. 2017. Nilai-Nilai Kearifan Lokal dan Modal Sosial dalam Pemberdayaan Masyarakat Suku MOI. Tangerang: An1mage. Sudarma, M. 201. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar . Jakarta: Salemba Medika. Suharyanto, A. 2013. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. e-Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Sosial Politik. Vol. 1. No. 2. Diunduh dari: http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma/article/view/563/403 pada tanggal 10 Januari pukul 11.08 WIB. Supardan, D. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Susanto, A. 2014. Pengembangan dan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group. Suswandari, dkk. 2014. Inovasi Pembelajaran IPS Berbasis Karakter. Jakarta: Mitra Abadi. Tatang Ary Gumati, d. 2016. Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media. Tedja, A. 2014. Sejarah Sosial Kota Bekasi. e-Jurnal Sosial dan Budaya. Vol. 6. No. 3. Diunduhdari:https://www.researchgate.net/publication/323789271_SEJARAH_S OSIAL_KOTA_BEKASI/fulltext/5aab209e0f7e9b8826712ba7/SEJARAH-SOSIAL-KOTA-BEKASI.pdf pada tanggal 11 Januari pukul 15.22 WIB. Teng, M. B. 2017. Filsafat Kebudayaan dan Sastra. e-Jurnal Ilmu Budaya. Vol. 5. No. 1. Diunduhdari:http://journal.unhas.ac.id/index.php/jib/article/viewFile/2360/1280 pada tanggal 22 Juli pukul 15.58 WIB. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Solo: Bumi Aksara. Turistiati, A. T. 2019. Kompetensi Komunikasi Antarbudaya. Jakarta: Mitra Wacana Media. Usman, A. R. 2009. Etnis Cina perantauan Aceh. Jakarta: Yayasan pustaka obor Indonesia. Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Yasir, M. 2014. Makna Toleransi dalam Al-Qur'an. e-Jurnal Ushuluddin. Vol. XXII. No. 2. Diunduh dari: http://103.193.19.206/index.php/ushuludin/article/view/734/685 pada tanggal 22 Juli pukul 14.57 WIB. Yoyo Sudaryo, Nunung Ayu Sofiati, dkk. 2019. Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Yogyakarta. ANDI Yusril Rifqy Naufaly, Tegar Dewata Abdi, dkk. 2018. Relasi Kuat antara Generasi Millenial dan Media. Malang. Intelegensia Media (Intrans Publishing Group) citation: Ramadhani, Cyntia Habsari dan Bandarsyah, Desvian (2020) Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Terhadap Sikap Toleransi Siwa Kelas IV Di SDN Margajaya 01 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14694/1/FKIP_PGSD_1601025154_CYNTIA%20HABSARI%20RAMADHANI.pdf