eprintid: 14693 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/93 datestamp: 2022-06-24 02:42:55 lastmod: 2022-06-24 03:53:44 status_changed: 2022-06-24 02:42:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putra, Wikka Essa creators_name: Bandarsyah, Desvian creators_id: wikkaessaputra@gmail.com creators_id: desvian_bandarsyah@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-3467-2262 title: Potret Aktivitas Maarif Institute dalam Menginternalisasikan Nilai Toleransi Terhadap Kemajemukan Mahasiswa di DKI Jakarta ispublished: pub subjects: L1 divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Potret aktivitas Maarif Institute dalam menginternalisasikan nilai toleransi terhadap kemajemukan di DKI Jakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskritif naratif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana potret aktivitas Maarif Institute sebagai lembaga pendidikan non formal memiliki perhatian khusus dalam memandang isu kebangsaan dan kemanusiaan. Maarif Institute adalah lembaga yang saat ini sebagai titik sentral sebagai pusat edukasi yang terintegrasi kepada berbagai lini seperti kepada masyarakat, lembaga pendidikan,akademisi dan mahasiswa serta dijelaskan juga kendala-kendala dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi kepada masyarakat. Sehingga ada upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Buku Ahmad Imam. (2016). Fenomena Sektarianisme keagamaan di Indonesia. Jakarta : Maarif Institute for culter and humanity Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta Azyumardi Azra, e. a. (2005). Nilai-nilai prularisme dalam Islam : Bingkai gagasan yang berserak. Bandung: Penerbit Nuansa. Burhani, A. N. (2019). Menemani Minoritas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Abd. Rohim Ghazali, Ahmad Fuad Fanani, Ahmad Syafii Maarif, Fajar Riza Ul Haq. (2013). Catatan 1 Dekade MAARIF Institute. Jakarta: Maarif Institute for culter and humanity. Creswell, J.W (2017). Research Design . Yogyakarta: Pustaka Pelajar Gandhi, M. (1988). Semua Manusia Bersaudara. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Fachrian, M.R (2018). Toleransi antarumat beragama dalam Al-Qur’an. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Maarif, S.A. (2009). Islam dalam bingkai KeIslaman, KeIndonesiaan dan Kemanusiaan. Bandung: PT Mizan Pustaka Mulyadi. (2019). Pandangan Ahmad Syafii Maarif Mengenai Islam dan Masa Depan Indonesia dalam Bingkai Pluralisme. Jakarta: Maarif Institute. Nafis, M.W (2014).Cak Nur Sang Guru Bangsa. Jakarta : PT. KOMPAS MEDIA NUSANTARA Nashir, H. (2019). Indonesia dan Keindonesiaan Prespektif Sosiologis Yogyakarta : Suara Muhammadiyah J.Meleong, Lexy. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Karya Khisbiyah, Y. (2010). Membangun Harmoni di Masyarakat Plural : Pandangan Psikologi dan Pedagogi Perdamaiaan. Jakarta: Democracy Project. Kuntowijoyo. (2019). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta : MIZAN Latief Yudi. (2015). Fikh Khebinekaan : Suatu Konsepsi Dialog Keberagaman Budaya. Bandung : PT Mizan Pustaka 88 Lubis, R. (2020). Merawat Kerukunan Pengalaman di Indonesia. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Parekh, B. (2008). Rethinking Multiculturalizm. Yogyakarta: PENERBIT KANISIUS Rais, A. (2016). Fellowship (Fenomena sektarianisme di Indonesia. Jakarta: Maarif Institute Qodir Zuly. (2015). Pemikiran Islam, Multikulturalisme dan kewargaan. Bandung: PT Mizan Pustaka Umratul Janah, d. (2018). Islam dan Kehidupan Multukulturalisme. Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Dokumen daring Wuragil, Z. (2019). “ Jakarta paling intoleran ketiga, ini hasil survei selengkapnya” . diambil 24 Januari 2019, dari laman https://metro.tempo.co/read/1153860/jakarta-paling-intoleran-ketiga-ini-hasil-survei-selengkapnya cnn,Indonesia. (2019). "Kontras menyebut bebasnya Ahok momentum hapus pasal 156a. diambil 25 Januari 2019, dari laman https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190125133616-12-363795/kontras-sebut-bebasnya-ahok-momentum-hapus-pasal-156a Jurnal Afriyansyah, A. (2020). Membangun Sekolah sebagai Ruang Dialog : Studi Kasus di SMA Kolese Gonzaga. Society, 51. Jakarta, B. P. (2020). Provinsi DKI Jakarta dalam Angka DKI Jakarta Provice in Figures 2020. Jakarta: BPS Provinsi DKI Jakarta. Ma'Arif, M. A. (2019). Internalisasi Nilai Multikultural dalam Mengembangkan Sikap Toleransu. Nazhruna : Jurnal Pendidikan Islam, 165-166. Masruroh, E. S. (2018). 2018. Jurnal Citra Lekha, Vol.1, 2018, 14. Usman, M. (2019). Internalisasi-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. Dayah : Journal of Islamic Education, 38. Faridah, I. F. (2013). Toleransi antar umat beragama masyarakat perumahan. Jurnal Komunitas, 15. Ismail, F. (2004). Keteladanan dalam Konteks Kepemimpinan Nasional dan Realitas Kemajemukan Bangsa. UNISIA NO.52/XXVII/2004, 105. Mawardi. (2015). Reaktualisasi Kerukunan Antar Umat Beragama dalam Kemajemukan Sosial. Substantia, Volume 17 Nomor 1, , 64. 89 Naim, N. (2016). Abdurahman Wahid : Universalisme Islam dan Toleransi. Journal Raden Intan, Volume.10, No.2 Desember 2016, 433. Surhatinah, S. (2018). Toleransi Antar Umat Beragama Prespektif KH.Ali Mustafa Yaqub. Jurnal Studi Al-Qur'an , 65. Tambunan, S. F. (2016). Kebebasan Individu Manusia Abad Dua Puluh : Filsafat Eksistensialisme Sartre. Jurnal Masyarakat dan Budaya, Volume 18 no.2 Tahun 2016, 216. Yunus, F. M. (2011). Kebebasan dalam filsafat eksistensialisme Jean Paul Sartre. Jurnal Al-Ulum , 268. Yussafina, D. M. (2015, 6 Kamis). Eksistensialisme Jean Paul Sartre dan Relevansinya dengan Moral Manusia. Skripsi, p. 82. Ibrahim, R. (2008). Pendidikan Multikultural: Upaya Meminimalisir Konflik dalam Era Pluralitas Agama. Jurnal Pendidikan Islam, I, 115–127. Satori, A., & Widiastuti, W. (2018). Model Pendidikan Multikultural Pada Pesantren Tradisional di Kota Tasikmalaya dalam Mencegah Ancaman Radikalisme. Sosiohumaniora, 20, 22–28. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i1.10304 Syaifudin. (2006). Daftar Isi. Antripologi Sosial Budaya, II. Afkarina, N. I. (2018). Startegi Komunikasi Humas dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendiidkan. Jurnal IDAARAH, Vol.2, NO.1, Juni 2018, 51. Alka, D. K. (2019). ALAM DIGITAL MUHAMMADIYAH DAKWAH ISLAM WASHATIYAH BERKEMAJUAN. MAARIF, Vol.14, 2019, 85. Bachtiar, H. (2019). Dar Al-'AHD WA AL-SHAHADAH : UPAYA DAN TANTANGAN MUHAMMADIYAH MERAWAT KEBHINEKAAN. MAARIF, Vol.14, No.1 Juni 2019, 69-70. Carsam. (2016). Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Wawasan Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 191-194. Gutama, T. (2010). Peran Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Sosiolog Dilema, Vol, 25 No.2 Tahun 2010, 108. Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, A. I. (2019). Muhammad Usman. Dayah Journal of Islamic Education, Vol.2, No.1,2109,, 38. Ishak, A. (2012). Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Komunikasi, Volume 1, Nomor 4, Januari 2012, 379. Moh.Shofan. (2019). Mendiskursusukan Kembali Makna Moderatisme Muhammadiyah. MAARIF, Vol.14, No.2 2019, 5. Napsiah. (2012). Revitalisasi Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi Islam. TAPIs Vol.8 No.2 Juli-Desember 2012, 122. Usman, M. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. Dayah, Journal of Islamic Education, Vol.2, No.1, 2019, 38. 90 Utomo, G. (2016). Merancang Strategi Komunikasi Melawan Radikalisme Agama. Jurnal Komunikasi Islam, Volume 06, Nomor 1, Juni 2016, 108. Wandi, M.Arif Mushtofa, Khusnul Yatima. (2019). Menelaah Kembali Gagasan Pemikiran dan Perjuangan Ahmad Syafii Maarif. Keraton : Journal of history Education and Culture, Vol.1 No. 2, Desember 2019, 10-12. citation: Putra, Wikka Essa dan Bandarsyah, Desvian (2020) Potret Aktivitas Maarif Institute dalam Menginternalisasikan Nilai Toleransi Terhadap Kemajemukan Mahasiswa di DKI Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14693/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075030_WIKKA%20ESA%20PUTRA.pdf