eprintid: 14692 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/92 datestamp: 2022-06-16 08:57:10 lastmod: 2022-06-16 08:57:10 status_changed: 2022-06-16 08:57:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Gusrian, Dicky Try creators_name: Suswandari, Suswandari creators_name: Qodariah, Lelly creators_id: suswandari@uhamka.ac.id creators_id: lelly_qodariah@uhamka.ac.id title: Strategi Internalisasi Kurikulum 2013 pada Tujuh Tata Nilai Sekolah Islam Al Ikhlas dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus di SMP Islam Al Ikhlas, Cipete. Jakarta Selatan. Tahun Ajaran 2017-2018 ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS abstract: Tujuan penulisan tesis ini adalah mengetahui strategi internalisasi kurikulum 2013 yang di aplikasikan pada tujuh tata nilai Sekolah Islam Al Ikhas dalam pembelajaran IPS. Dengan aspek-aspek meliputi: 1). Mengetahui strategi internalisasi tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas yang di aplikasikan guru pada pembelajaran IPS, 2). Mengetahui hubungan kurikulum 2013 dan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas, 3). Mengetahui pelaksanaan implementasi tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas pada guru IPS di SMP Islam Al Ikhlas, 4). Menganalisis bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengimplementasikan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan mendapatkan data penelitian secara alamiah, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara berstruktur dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala SMP Islam Al Ikhlas, wakil bidang kurikulum, guru IPS, koordinator bidang pendidikan YMAI, pengawas sekolah, orang tuamurid dan koordinator tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama strategi internalisasi tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas yang di terapkan guru IPS di katagorikan menjadi dua ranah, yaitu ranah akademik dan perilaku. Strategi secara akademik terbagi menjadi tiga indikator yaitu, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi dalam pembelajaran IPS. Sedangkan strategi ranah perilaku yaitu, guru memberi penjelasan dengan baik, guru menegur dan memberi arahan atau motivasi kepada peserta didik pada saat pembelajara IPS berlangsung. Kedua, hubungan kurikulum 2013 dengan tujuh tata nilai yang di terapkan guru IPS yaitu, guru mengkaitkan materi yang di ajarkan dengan tujuh tata nilai dan tujuan yang ingin di capai pada pembelajaran IPS untuk pengembangan diri peserta didik pada pembiasaan budaya sekolah. Ketiga, pelaksanaan tujuh tata nilai pada nilai disiplin, amanah, cerdas, visioner, kerjasama dan peduli cenderung lebih muncul di bandingkan dengan nilai kreatif. Keempat, faktor pendukung dalam implementasi tujuh tata nilai pada pembelajaran IPS salahsatunya yaitu, komitmen bersama dari guru dan sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu, perbedaan konsep penerapan dalam pembelajaran oleh setiap guru, termasuk guru IPS. Kesimpulan pada penelitian yang telah di lakukan adalah, strategi internalisasi kurikulum 2013 pada tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas pada pembelajaran IPS yang diterapkan oleh guru IPS dilakukan dengan cara menerapkan nilai-nilai positif untuk menumbuhkan kesadaran pada diri peserta didik, dan menginternalisasikan tujuh tata nilai dalam perilaku serta pembiasaan pada saat pembelajaran IPS berlangsung, kecenderngan tujuh tata nilai yang sering muncul pada saat pembelajaran IPS di SMP Islam Al Ikhlas yaitu: disiplin, amanah dan peduli. Pihak yayasan serta sekolah belum menyusun (SOP) serta sintak secara jelas untuk penerapan tujuh tata nilai dalam proses pembelajaan. Penerapan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas yang belum maksimal di internalisasikan oleh guru belum di monitoring dan ditindaklanjuti secara khusus oleh sekolah ataupun yayasan. date: 2018-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, Lif Khoiru dan Amri, Sofan. 2011. Mengembangkan pembelajaran IPS terpadu. Jakarta. PT. Prestasi Putrakarya. Alim, Muhammad 2016. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: Remaja Rosdakarya. Alfan, Muhammad. 2013. Filsafat Kebudayaan. Bandung : Pustaka Setia. Alleman, Brophy. 2016. Powerful Social Studies for Elementary Studies. Florida: Harcourt & Company. An-Nahlawi, Abdurrahman 2014. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Terjemahan Dahlan & Sulaiman, Bandung: CV.Diponegoro. Al-Qasimi, Syaikh Jamaluddin 2012. Buku Putih Ihya ‘Ulumuddin Imam Al-Ghazali. Karachi: Darul Falah. Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arifin, Anwar. 2018. Strategi Komunikasi, Bandung: Armilo. Bakhtiar, Amsal 2008. Filsafat Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Burhan, Bungin. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Burhanudin, Tamyiz 2011. Akhlak Pesantren Solusi bagi Kerusakan Akhlak, Yogyakarta: ITTAQA. Buku Saku Pedoman Perilaku 7 Tata Nilai Sekolah Islam Al Ikhlas, 2015. Yayasan Masjid Al Ikhlas. Damiyanti, Zuchdi dkk. 2015. Model Pendekatan Karakter: (Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah). Yogyakarta: CV. Multi Presindo Daryanto, Darmiatun, 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Gava Media. Disusilo, Sutarjo, A. R. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter-Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers. Elmubarok, Zaim. 2017. Membumikan Pendidikan Nilai, Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta. Endang, Mulyasa, 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Bandung: Rosdakarya. Ghani, Abd. Rahman A. 2014. Metode Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Gunawan, Rudy. 2015. Pendidikan IPS: Filosodi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Gunarsa, S.D., & Y.S.D, 2013. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. Hamzah B. Uno. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar-Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Hariadi, Bambang 2015. Strategi Manajemen. Malang: Bayumedia Publishing. Hidatay, Syarifudin & Sedermayanti. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: CV Mandar Maju. Humaidi. 2016. Pengantar Kuliah Akhlak, Surabaya: Bina Ilmu. Hunkins, Allan C. Ornstein dan Francis P. 2014. Curriculum: Foundation, Principles, And Issues, Fourth Edition. Boston USA: Pearson Education. Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Isjoni, 2015. Strategi Pembelajaran.. Pekanbaru: Modul Pendidikan Sistem Multimedia. Isna, Mansur. 2017. Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama Jonker, Jan Bartjan J. W, Sari Wahyuni. 2011. Metodologi Penelitian, Jakarta: Salemba Empat. Lexy J, Moleong. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect an responsibility. Terjemahan. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara. Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi Profesi, Contoh Aplikasi Program (PNPM), Jakarta: Raja Grafindo Persada. W.J.S, Purwadaminta. 2014. Kamus Umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Yin, Robert K. 2008. Case Study Research: Design and Methods (Applied Social Research Methods). Illinois: Sage Publicatin, Inc. hal. 78-79 Yin, Robert K. 2013. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Yunan Aziz, Muhammada. 2013. Strategi guru dalam internalisasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sejarah melalui media filem dokumenter di SMP Negeri 2 Brebes. Universitas Negeri Semarang, tidak diterbitkan. Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group. _________. PPS UHAMKA. 2008. Pedoman Tesis dan Desertasi. Jakarta: Uhamka Press. __________. PPS Uhamka. 2013. Pedoman Tesis dan Disertasi. Jakarta : Uhamka Press. citation: Gusrian, Dicky Try dan Suswandari, Suswandari dan Qodariah, Lelly (2018) Strategi Internalisasi Kurikulum 2013 pada Tujuh Tata Nilai Sekolah Islam Al Ikhlas dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus di SMP Islam Al Ikhlas, Cipete. Jakarta Selatan. Tahun Ajaran 2017-2018. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14692/1/SPS_IPSI_1609077001_DICKY%20TRY.pdf