eprintid: 14685 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/85 datestamp: 2022-06-24 02:41:54 lastmod: 2022-06-24 03:47:49 status_changed: 2022-06-24 02:41:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aprilia, Desyanti creators_name: Pradita, Silvy Mei creators_id: silvy.mei@uhamka.ac.id title: Analisis Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Di Tengah Pandemi COVID-19 ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan dengan menggunakan aplikasi google classroom di tengah pandemi COVID-19; (2) Menganlisis pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan dengan menggunakan aplikasi google classroom di tengah pandemi COVID-19; (3) Menganalisis kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan dengan menggunakan aplikasi google classroom di tengah pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis data Rasch Model. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepala Sekolah SMAN 10 Tangerang Selatan melakukan sosialisasi kepada guru-guru terkait pemberitahuan pelaksanaan pembelajaran daring dan aplikasi penunjang pembelajaran daring, yang dilakukan melalui media online. Para guru memutuskan untuk menggunakan aplikasi google classroom sebagai media penunjang pembelajaran daring. Perencanaan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom, antara lain, wali kelas memilih perwakilan kelas untuk bertanggung jawab menyampaikan informasi terkait pembelajaran daring pada teman sekelasnya, guru membuat kelas di google classroom menggunakan email pribadi, siswa akan diberitahukan untuk bergabung ke kelas yang telah dibuat; (2) Pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS menggunakan aplikasi Google Classroom terlaksana dengan baik. Siswa mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwal dengan presentase 89.29% dan siswa selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan presentase 100%; (3) Setiap siswa memiliki kendala yang dihadapi saat pembelajaran daring, oleh sebab itu presentase kendala yang dihadapi siswa 100%. Kendalanya antara lain gangguan sinyal saat pembelajaran dan terbatasnya kuota internet, sedangkan kendala yang disebabkan oleh aplikasi Google Classroom memiliki presentase 50%. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agung, Leo, dan S. W. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Alvin Toffler. (1980). Gelombang Ketiga. Jakarta: Pantja Simpati. Aman, F. &. (2019). Mata Pelajaran Sejarah SMA di Kurikulum 2013. Lentera Pendidikan, VOL. 22, 203–212. Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Univeristas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Eveline, Siregar & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Faizatul Azmah. (2018). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS UNGGULAN DI MTS SWASTA PP RAUDHATUL HASANAH MEDAN. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Fitri. (2017). ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN KINERJA AKUNTAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RASCH MODEL. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban. Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (n.d.). PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH ( PROBLEM SOLVING ) TOPIK VEKTOR PADA SISWA SMK UNTUK. Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., & Wenando, F. A. (2018). OPTIMALISASI PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1. 2(1), 17–20. Hayati, N. (2020). METODE PEMBELAJARAN DARING/E-LEARNING YANG EFEKTIF. Ibnu, M., Indiyani, Bening., Inayatullah, Husnaini., dan Guntara, Y. (2019). APLIKASI RASCH MODEL: PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI MAHASISWA PADA MATERI 99 MEKANIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Isman, M. (2013). PEMBELAJARAN MODA DALAM JARINGAN ( MODA DARING ). Jalil, A. (1994). Pendidikan Jarak Jauh. 22–43. Jembarnata, G. A. (2011). Rancang Bangun Aplikasi Trouble Ticket Management Berbasis WEB Dengan Menggunakan Expert System (Studi Kasus: BPPT). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Kurniawati, C. (2017). PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP KANISIUS KALASAN PADA TOPIK BAHASAN OPERASI ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II TAHUN AJARAN 2016/2017. Universitas Sanata Dharma. Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. 3(3), 167–173. Mokhamad Iklil Mustofa, Muhammad Chodzirin, L. S. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. 1(2), 151–160. Nirfayanti & Nurbaeti. (n.d.). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS REAL. 2, 50–59. Pane, A. & M. D. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. 03(2), 333–352. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (2020). PNEUMONIA COVID-19 DIAGNOSIS & PENATALAKSANAAN DI INDONESIA. Rahmani, N. F. (2014). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII D.I. YOGYAKARTA. Universitas Negeri Yogyakarta. Riftisia, S. N. (2017). ANALISIS PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER 100 KERAJINAN TANGAN BERBAHAN BAKU LIMBAH DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPA. Universitas Negeri Yogyakarta. Sabara, E. (2004). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. 122–125. Santoso. (2012). Buku Panduan MOP SMAN 10 Tangsel 2012/2013. Retrieved from http://san-sman10tangsel.blogspot.com/2012/07/buku-panduan-mop-sman-10-tangsel.html Shampa Iftakhar. (2016). Google Classroom: What Works And How? Journal of Education and Social Sciences, Vol. 3. SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan. (2015). Retrieved from http://ujiansma.com/sma-negeri-10-kota-tangerang-selatan Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. 3(2), 88–98. UHAMKA. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta. Ulhaq, Z., Nuriah, T., & Winarsih, M. (2017). Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur. 6(2), 1–12. Winataputra, U. S. (n.d.). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. 1–46. Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literatur. 2(February), 187–192. Yusuf Ali, M. (2019). Perubahan Sosial Masyarakat Kuningan Melalui Budaya Merantau (Studi Urbanisasi Desa Wilanagara, Kec. Luragung, Kab. Kuningan Jawa Barat). Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. citation: Aprilia, Desyanti dan Pradita, Silvy Mei (2020) Analisis Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Tangerang Selatan Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Di Tengah Pandemi COVID-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14685/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075022_DESYANTI%20APRILIA.pdf