eprintid: 14683 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/83 datestamp: 2022-06-24 02:41:48 lastmod: 2022-06-24 03:51:58 status_changed: 2022-06-24 02:41:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indriyani, Frida creators_name: Suswandari, Suswandari creators_id: fridaindriyani05@gmail.com creators_id: suswandari@uhamka.ac.id title: Pemanfaatan Situs Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon dalam Materi Pembelajaran Sejarah di Kelas X (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Palimanan) ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana cara memanfaatkan situs Keraton Kasepuhan sebagai sumber pembelajaran dalam materi pembelajaran sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palimanan dari aspek guru, aspek siswa, aspek sekolah, dan aspek orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan teknik wawancara dan analisis data secara kualitatif untuk mendapatkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana kedudukan situs Keraton Kasepuhan yang saat ini dijadikan sebagai pusat edukasi dan bentuk integrasi yang dilakkan oleh guru dalam memanfaatkan situs Keraton Kasepuhan dalam pembelajaran sejarah bagi siswa serta dijelaskan juga bagaimana kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, siswa, pihak sekolah, maupun orang tua dalam memanfaatkan situs Keraton Kasepuhan, sehingga ada upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah yang terjadi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agung, Leo & Wahyuni D. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak Agus N Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. Jogjakarta: Divapres Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19396 Ahdiani, F., & Desiningrum, D. (2016). Pengalaman Sebagai Abdi Dalem Di Keraton Kasepuhan Cirebon. Empati, 5(2), 251–256. Anwar, K. (2009). Potensi Wisata Budaya Situs Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan Mojokerto. 105. Retrieved from eprints.uns.ac.id/10766/1/161382508201002381.pdf Arifin, B. S. (2018). Pelestarian Situs Sejarah Batur Agung sebagai Objek Wisata Sejarah di Kabupaten Banyumas. UMP, 1–19. Retrieved from eprints.uns.ac.id/10766/1/161382508201002381.pdf Awaluddin, Y., Pawitra, I. P., Rama, R. S., & Ariffiantono, S. (n.d.). Sumber Belajar. Azinar Ahmad, T. (2010). Strategi Pemanfaatan Museum Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Zaman Prasejarah. Paramita: Historical Studies Journal, 20(1). https://doi.org/10.15294/paramita.v20i1.1092 Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62. Fuadillah, I., & Soebijantoro, S. (2016). Situs Ngurawan Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun (Latar Sejarah Dan Upaya Pelestariannya). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 6(02), 75–96. https://doi.org/10.25273/ajsp.v6i02.1041 Ghaniyyah Ibrahim, F. (2015). Keraton Kasepuhan dan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Cirebon Tahun Ajaran 2014/2015. 1–16. Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78. Retrieved from journal.uin-alauddin.ac.id Haniah, apriliana rusly. (2017). Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Wates DIY. E-Jurnal, 625–644. Jumardi, & Suswandari. (2018). Situs Benteng Fort Rotterdam Sebagai Sumber Belajar Dan Destinasi Pariwisata Kota Makasar : Tinjauan Fisik Arsitektur Dan Kesejarahan. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 4(2), 134. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i2.4529 Lestari, I. D. (2011). Efektifitas Pemanfaatan Situs-Situs Sejarah di Banjarnegara sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah pada SMAN 1 Banjarnegara dan SMAN 1 Bawang. Milah, A. S., Suswandari, & Armiyati, L. (2019). Pemahaman Guru Sejarah Terhadap Pemanfaatan Cagar Budaya sebagai Sumber Belajar Sejarah di Kabupaten Cilacap. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 47–62. Niamullah, M. (2011). Pemanfaatan Museum Keraton Kasepuhan dan Kanoman 100 sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa :Penelitian Naturalistik Inkuiri di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqiyah Kabupaten Cirebon. Jurnal Repository UPI, 47(3), 372–373. https://doi.org/10.1198/tech.2005.s287 Palealu, A. E. (2018). Sumber Belajar Sejarah: Pemanfaatan Situs Cagar Budaya di Minahasa. 216–227. Pasya, G. K. (2000). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS) No, 16. Pribadi, B. (2009). Pendekatan Konstruktivis dalam Kegiatan Pembelajaran. Seminar Seamolec, (November 2009), 135–152. Purnamasari, I. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal di SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Paramita - Historical Studies Journal, 21(2), 202–212. Ratna Sari, W., Amirudin, & Soetjipto. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Ridho, N. (2011). Model Pembelajaran Langsung. 1–3. Rizqi, T., & Kusumo, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Concept Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2), 1093–1102. Rosana, L. N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Sagala, H. S. (2013). Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru Yang Profesional. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 5(1), 11–22. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+silabus&btnG= Saragi, D. (2012). Konstruktivisme Jean Piaget Dalam Teori. Jurnal Bahasa, 00(00), 1–8. Sucipto, T. (2010). Eksistensi Keraton di Cirebon: Kajian Persepsi Masyarakat terhadap Keraton-Keraton di Cirebon. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 2(3), 472. https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.240 Sulistyo, W. D. (2019). Learning Activities from Learning Resources : Pemanfaatan dan Pemaknaan Situs Sejarah Kawasan Alun-Alun Merdeka Kota Malang Pemanfaatan dan Pemaknaan Situs Sejarah Kawasan Alun-Alun Merdeka Kota Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.17977/um033v2i12019p049 Sumarsih. (2009). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1), 54–62. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.945 Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12. Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79–88. 101 https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208 Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654 Suswandari, M., & Armiyati, L. (2018). Cultural Properties as a Source for Learning History: A Case Study in Cilacap Regency, Indonesia. 231(Amca), 94–97. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.27 Ventyasari, R. (2015). Pemanfaatan museum trinil sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa sma di kabupaten madiun provinsi jawa timur tahun ajaran 2014/2015. Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(2252), 1–11. citation: Indriyani, Frida dan Suswandari, Suswandari (2020) Pemanfaatan Situs Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon dalam Materi Pembelajaran Sejarah di Kelas X (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Palimanan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14683/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075021_FRIDA%20INDRIYANI.pdf