eprintid: 14678 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/78 datestamp: 2022-06-24 02:59:17 lastmod: 2022-06-24 02:59:17 status_changed: 2022-06-24 02:59:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: iswanti, Devi Ika R creators_name: Hartini, Tri Isti creators_id: riswantiv@gmail.com title: Desain Modifikasi Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Daur Air Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian dilakukan karena minimnya variasi media pembelajaran yang ada di sekolah. Penelitian memiliki tujuan utama yaitu untuk mengetahui prosedur pengembangan, mendeskripsikan kelayakan, dan tanggapan siswa dari sebuah produk media pembelajaran IPA modifikasi kartu domino pada materi daur air untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian dan Pengembangan merupakan jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan yang meliputi tujuh langkah, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Subjek penelitian 140 siswa dari lima tempat sekolah dasar yang berbeda. Wawancara dan kuesioner menjadi instrumen yang digunakan oleh peneliti. Modifikasi kartu domino pada materi daur air untuk kelas V SD yang telah dikembangkan dan diuji validitas oleh para ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi dengan rata-rata penilaian dari kedua ahli adalah 85,26%, penilaian guru dengan rata-rata penilaian sebesar 91,11%, dan uji coba lapangan dengan rata-rata penilaian sebesar 81,44%. Perhitungan hasil penilaian tersebut menggunakan perhitungan skala likert. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi kartu domino sebagai media pembelajaran IPA pada materi daur air untuk kelas V SD sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa modifikasi kartu domino sebagai media pembelajaran IPA pada materi daur untuk kelas V SD sangat mudah untuk diterapkan oleh siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD), dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, serta membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga menimbulkan semangat belajar siswa untuk mempelajari istilah dari pembelajaran IPA pada modifikasi domino daur air. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abqari, F. T., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2018). Media Permainan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Konversi Pecahan Desimal Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1190–1199. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/11550/5460 Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1). https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010 Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik (Edisi 1). Yogyakarta: Deepublish. Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2017). Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.1015 Ansawi, B., O Mail, M., & Miasin, M. (2017). Effectiveness of Sight Words & Domino Strategies In Teaching New Vocabulary To Enhance Reading Ability Among Low Literacy Year Two Pupils. April. https://doi.org/10.24176/03.3201.11 Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (Ed Revisi). Depok: Rajawali Pers. Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.21009/1.03108 Ayu Junia, U., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Mimbar (Domino Bergambar) Materi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, Dan Agama Di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 353–362. Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE FORM. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1). https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1. Azizah, Z. F., Kusumaningtyas, A. A., Anugraheni, A. D., & Sari, D. P. (2018). Validasi preliminary product Fung-Cube pada pembelajaran fungi untuk siswa SMA. Jurnal Bioedukatika, 6(1). https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7364 Azmiyawati, C., Omegawati, W. H., & Kusumawati, R. (2008). IPA 5 Salingtemas. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2015). MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1). Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran: Dari Teori, Metode, Mode, Media Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Dabell, J. (2009). Brain Power SD: Aktivitas Permainan dan Ide Praktis Belajar Sains. esensi Erlangga Grou. Ferawati, Ritonga, R. F., Rahmadhar, Y., & Yarza, H. N. (2016). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran IPA di SD. Jakarta Timur: UHAMKA. Fitriani, E., Paristiowati, M., & Mukarromatunnisa, B. (2019). Titration pre-lab demonstration videos in basic chemistry laboratory activity: Design and development. Journal of Physics: Conference Series, 1402(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/5/055047 Gunadi, F. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Domino UNtuk Mencapai Target Hasil Belajar Trigonometri. MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1). Hamalik, O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran (Edisi 1). Jakarta: PT. Bumi Aksara. Harsono, D. N., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan permainan domat card pada materi sistem persamaan linier satu variabel. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/28 Janawati, D. P. A., Sudiana, I. N., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata dalam Permainan Domino Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3. Karwono, & Mularsih, H. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar (Edisi 1). Depok: Rajawali Pers. Kholil, M., & Prowida, D. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Krisnawati, T. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Biologi Di Sma. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2). Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal p ada Pembelajaran I PA Kelas V d i Sekolah Dasar. Elementary Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153–166. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1750 Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional UNtuk Siswa Sekolah Dasar. SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA, 1. https://doi.org/https://doi.org10.33365.v1i1.622 Megasari, R. (2014). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088 Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1). Nasution, W. H. R. (2019). Pemanfaatan Media Kahoot dalam pembelajaran IPA Pada Sekolah Dasar Di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3. http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293 Prasiska, D. J., Lubis, R. R., & Rafli, M. F. (2020). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Kartu Pintar Terhadap Minat Belajar siswa Kelas III SD Negeri 057204 Desa Stungkit. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1). Prebrianti, D., Anwar, K., & Jamhuri. (2020). Penerapan Media Kartu Domino Dalam Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Nurul Huda Sumberpitu Tutur Pasuruan. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–28. Pribowo, F. S. P. (2018). Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/download/1355/1153 Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–87. https://doi.org/http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524 Runa, I. M. (2020). PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR DAN METODE BERCERITA SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK – PKN. Jurnal Pendidikan, 07(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37637/dw.v7i1.474 Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya (Edisi 1). Depok: Rajawali Pers. Sari, I. P., Sari, S. A., & Rahmayani, R. F. I. (2016). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aaktivitas Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 1–10. Setiyadi, R., Kuswendi, U., & Ristiana, G. (2019). Penyuluhan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Tahapan Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Kepada Guru-Guru di Kabupaten Purwakarta. 03(01), 186–198. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3584 Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembanan (Edisi 4). Jakarta: Kencana. Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan Kartu Domano (Domino Matematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, (2003). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulistyanto, H., & Wiyono, E. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena. Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Yogyakarta: CV. Budi Utama. Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2017). Metodologi Pembelajaran IPA (Edisi 1). PT. Bumi Aksara. Zaharah, Yelianti, U., & Sra, R. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Dengan Pendekatan Saintifik Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Edu-Sains, 6(1). Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Edisi 1). Jakarta: PT Kharisma Putra Utama. citation: iswanti, Devi Ika R dan Hartini, Tri Isti (2020) Desain Modifikasi Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Daur Air Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14678/1/FKIP_PGSD_1601025147_DEVI%20IKA%20RISWANTI.pdf