%0 Thesis %9 Bachelor %A iswanti, Devi Ika R %A Hartini, Tri Isti %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14678 %I Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka %T Desain Modifikasi Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Daur Air Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14678/ %X Penelitian dilakukan karena minimnya variasi media pembelajaran yang ada di sekolah. Penelitian memiliki tujuan utama yaitu untuk mengetahui prosedur pengembangan, mendeskripsikan kelayakan, dan tanggapan siswa dari sebuah produk media pembelajaran IPA modifikasi kartu domino pada materi daur air untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian dan Pengembangan merupakan jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan yang meliputi tujuh langkah, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Subjek penelitian 140 siswa dari lima tempat sekolah dasar yang berbeda. Wawancara dan kuesioner menjadi instrumen yang digunakan oleh peneliti. Modifikasi kartu domino pada materi daur air untuk kelas V SD yang telah dikembangkan dan diuji validitas oleh para ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi dengan rata-rata penilaian dari kedua ahli adalah 85,26%, penilaian guru dengan rata-rata penilaian sebesar 91,11%, dan uji coba lapangan dengan rata-rata penilaian sebesar 81,44%. Perhitungan hasil penilaian tersebut menggunakan perhitungan skala likert. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi kartu domino sebagai media pembelajaran IPA pada materi daur air untuk kelas V SD sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa modifikasi kartu domino sebagai media pembelajaran IPA pada materi daur untuk kelas V SD sangat mudah untuk diterapkan oleh siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD), dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, serta membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga menimbulkan semangat belajar siswa untuk mempelajari istilah dari pembelajaran IPA pada modifikasi domino daur air.