eprintid: 14677 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/77 datestamp: 2022-06-24 02:41:41 lastmod: 2022-06-24 03:57:24 status_changed: 2022-06-24 02:41:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tamara, Dhea Abti creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: dheaabtitamara@gmail.com creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pencak Silat Betawi (Studi Kasus Perguruan Silat Aliran Sabeni) ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini melatar belakangi perkembangan karakter anak yang dapat dibentuk melalui kegiatan pencak silat aliran Sabeni yang mengandung nilai pendidikan positif yang berdampak baik jika dijalankan dan dterapkan dengan baik juga. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan pencak silat Betawi di perguruan silat aliran Sabeni, lalu mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam pencak silat Sabeni beserta dampaknya, menjelaskan startegi yang diterapkan dalam proses pembentukan karakter anak melalui pencak silat Betawi khususnya di perguruan silat aliran Sabeni, serta menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembentukan karakter melalui pencak silat Betawi di perguruan silat aliran Sabeni. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Dalam tahapan pengembangan karakter anak diperlukannya suatu kegiatan yang memiliki nilai positif yang dapat menunjang berhasil atau tidaknya pembentukan karakter tersebut. Banyak kegiatan yang memiliki nilai postif serta dapat megembangkan bakat anak salah satunya kegiatan pencak silat. Pencak silat merupakan ilmu bela diri yang mengandung nilai pendidikan di dalamnya. Pencak silat ini dapat membantu mental anak atau seseorang menjadi lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. 2) Salah satu pencak silat yang mengandung nilai pendidikan karakter ialah pencak silat Sabeni. pencak silat Sabeni merupakan pencak silat tradisional khas kebudayaan Betawi. Pelaksanaan kegiatan pencak silat Sabeni ini juga menerapkan 4 aspek utama dalam pencak silat yang telah dijelaskan diatas yaitu aspek akhlak/spiritual, aspek bela diri, aspek budaya dan aspek olahraga. 3) Penanaman nilai pendidikan dalam membentuk karakter anak melalui pencak silat Sabeni di lakukan dengan berbagai kegiatan positif seperti pengajian, membaca doa bersama, tausyiah menjalankan ibadah bersama, kegiatan sosial dengan membantu orang lain yang menagalami musibah. Tak hanya kegiatan saja tetapi guru/pelatih selalu memberikan pesan dan motivasi kepada murid pencak silat untuk selalu menjalankan kebaikan dan semangat dalam mempelajari ilmu bela diri. Memberikan pembiasaan untuk mematuhi tata tertib yang ada di perguruan. Dengan menerapkan hal baik maka akan menjadi pembiasaan yang akan selalu dilakukan oleh murid pencak silat. Dengan begitu maka akan tertanam nilai pendidikan seperti nilai religius, nilai disiplin, tanggung jawab, amanah, peduli sosial, menghormati, tidak sombong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus yang melihat dari fenomena yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Buku Ali, A. dan M. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Impementasinya. Jakarta: Kencana. Amos Neolaka, G. A. A. N. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengetahuan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana. Anggito, A. dan S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak. Bisono, T. (2008). My Teens My Inspiration. Mebook (Grup Puspa Swara). Chaer, A. (2015). Betawi Tempo Doeloe Menelusuri Sejarah Kebudayaan Betawi. Masup Jakarta. Chaer, A. (2017). Tenabang Tempo Doeloe. Masup Jakarta. Daras, Roro dan Saputra, E. (2016). Indonesia Poenja Tjerita. PT Bentang Pustaka. Humairah, M. (2019). Membangun Karakter dan Melejitkan Potensi Anak. PT Elex Media Komputindo. Jalil, J. (2018). Pendidikan Karakter: Implementasi Oleh Guru,Kurikulum,pemerintah dan Sumber Daya Pendidikan. CV Jejak. Kriswanto, E. S. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta:Pustakabarupress. Lebe, E. (2018). Gerakan Langkah Pencak Silat Baringin Sakti. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia. Listyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Penerbit Erlangga. Mulyana. (2014). Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Nahrawi, I. (2017). Memperdayakan Pendidikan Spiritual Pencak Silat. Surabaya: Jagad Alimussirry. Nawi, G. J. (2016). Maen Pukulan Pencak Silat Khas Betawi. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia. Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gramedia Commication. 132 Salahudin, A. dan A. (2017). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: CV Pustaka Setia. Setyowati, E. (2019). Pendidikan Karakter FAST (Fathona, Amanah, Siddiq, Tabliq) Dan Impelementasi di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Shahab, A. (2002). Kisah Betawi Tempo Doeloe: Robin Hood Betawi. Penerbit Republika. Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jagad Media Publishing. Suprapto, W. (2019). Implementasi Pembiasaan Diri dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish. Suswandari. (2017). Kearifan Lokal Etnik Betawi (Mapping Sosio-Kultural Masyarakat Asli Jakarta). Yogyakarta:Pustaka Belajar. T Erwin, L. dan E. A. (2008). Peta 100 Tempat Makan Makanan Khas Betawi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Wahyu, Iwan, dkk. (2018). Keterampilan Belajar (Studi Skill) Untuk Mahasiswa. Jakarta: Kencana. Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Prenadamedia Group. Jurnal Aziz, A. dan S. (2019). Pengaruh Nilai-Nilai Pencak Silat Terhadap Kepribadian Siswa Madrasah. ALFIKR:Jurnal Pendidikan Islam, 5, 2. jurnal-tarbiyah.stainsorong.ac.id Candiwidoro, R. R. (2017). Menuju Masyarakat Urban: Sejarah Pendatang di Kota Jakarta Pasca Kemerdekaan (1949-1970). Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4, 1. ugm.ac.id Ediyono, Suryo, dkk. (2019). Memahami Makna Seni dalam Pencak Silat. Jurnal Panggung, 29,3. jurnal.isbi.ac.id Fadhil, Abdul, dkk. (2019). Model Revitalisasi Nilai-Nilai Multikultural Melalui Pemberdayaan Kearifan Lokal Betawi. Jurnal PENAMAS (Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat), 32, 2. blajakarta.kemenag.go.id Hidayat, Cucu, dkk. (2018). Pelatihan Olahraga Pencak Silat Sebagai Upaya 133 Melestarikan Olahraga Asli Indonesia Dan Mewujudkan Prestasi Anak Pada Usia Dini Di UPT Pendidikan Wilayah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4, 2. jurnal.unsil.ac.id Kholis, N. (2016). Aplikasi Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat Sasaran Membentuk Moralitas Bangsa. Jurnal Sportif, 2, 2. academia.edu Kurnia, Anisa Nur, dan Lestari, P. (2018). Internalisasi Nilai Moral Melalui Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Di Desa Bulak Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7,. journal.student.uny.ac.id Mardotillah, Milla dan Zein, D. M. (2017). Silat: Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Bela Diri, Dan Pemeliharaan Kesehatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 18, 2. unand.ac.id Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. journal.uny.ac.id Moh, N. (2015). Implementasi Nilai-Nilai Pembentuk Sikap Dalam Pencak Silat Terhadap Perilaku Mahasiswa Prodi Penjaskesrek UNP Kediri. Jurnal Sportif, 1, 1. ojs.unpkediri.ac.id Muis, A. dan S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakulikuler Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah Di SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6, 12. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id Mustafa, Faizal Bin dan Hidayat, M. C. (2018). Pengaruh Ekstrakulikuler Tapak Suci Membentuk Karakter Siswa Di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 7,1. journal.um-surabaya.ac.id Nuraida, N. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Pencak Silat Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, Vol.6 No.1. e-jurnal.stkipsiliwangi.ac.id Prastyana, B. R. (2016). Peran Extrakurikuler Pencak Silat Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja Di Sekolah. Jurnal Buana Pendidikan, No.22. Jurnal.unipasby.ac.id Purnama, Y. (2018). Mitos Silat Beksi Betawi. Jurnal Patanjala, 10, 2. neliti.com Putut, Sisworo Adyanto, dkk. (2018). Karakteristik Siswa Anggota Ektrakulikuler Pencak Silat Ditinjau Dari Nilai Krakter. Jurnal Sportif, 1,1. ejurnal.unsri.ac.id Rosita, D. Q. (2014). Perancangan Tipografi Asimilasi Aksara Latin Karakteristik 134 Ondel-Ondel Sebagai Solusi Kreatif Melestarikan Budaya Betawi. Jurnal Desain, 2, 2. journal.lppmunindra.ac.id Setiawan, I. (2011). Eksistensi Seni Pencak Silat Di Kabupaten Purwakarta (Kajian Tentang Strategi Adaptasi). Jurnal Patanjala, 3, 3.neliti.com Steven dan Herlambang, S. (2019). Pertujukan Kesenian Betawi Milenial. Jurnal Sains,Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1, 1. journal.untar.ac.id Sufianto, Agustinus, dkk. (2015). Akulturasi Unsur Kungfu Tiongkok Dalam Pencak Silat Betawi. Jurnal Lingua Cultura Bahasa Dan Budaya, 9,1. Suswandari. (2016). Pemahaman Sejarah, Budaya, Dan Kearifan Lokal Etnik Betawi Pada Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Jakarta. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah. proceeding.uhamka.ac.id Yanti, Noor, dkk. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Kopri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6,1. ppjp.ulm.ac.id Tesis Huda, N. (2019). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pendidikan Pencak Silat (Studi Multi Kasus Persaudaraan Setia Hati Terate di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dan Pagar Nusa di SMP KHM.Nur Karang Tembok. Tesis. digilib.uinsby.ac.id Pramesti, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ektrakulikuler Pencak Silat. Tesis. eprints.ums.ac.id Wawancara Hasil wawancara dengan guru/pelatih pencak silat Sabeni yaitu Imam Anshori (melakukan wawancara pada tanggal Sabtu 6 Juli 2019 pukul 19:50 WIB) Hasil wawancara dengan guru/pelatih pencak silat Sabeni yaitu Imam Anshori (melakukan wawancara pada tanggal Rabu, 3 Juni 2020 pukul 20:37 WIB) Hasil wawancara dengan guru/pelatih pencak silat Sabeni yaitu cucu Sabeni bapak Zul Bachtiar (melakukan wawancara pada tanggal Rabu 24 Juni 2020 pukul 14:30 WIB) 135 Hasil wawancara dengan murid pencak silat Sabeni yaitu Yulia Anggi Pratiwi (melakukan wawancara pada tanggal Rabu, 3 Juni 2020 pukul 21:25 WIB) Hasil wawancara dengan murid pencak silat Sabeni yaitu Muhammad Zidan Alfitho (melakukan wawancara pada tanggal Rabu, 3 Juni 2020 pukul 21:45 WIB) citation: Tamara, Dhea Abti dan Gunawan, Rudy (2020) Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pencak Silat Betawi (Studi Kasus Perguruan Silat Aliran Sabeni). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14677/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075017_DHEA%20ABTI%20TAMARA.pdf