eprintid: 14675 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/75 datestamp: 2022-06-24 02:45:59 lastmod: 2022-06-24 02:45:59 status_changed: 2022-06-24 02:45:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Audia, Cita creators_name: Yatri, Ika creators_id: audia.cita@gmail.com creators_id: ikayatri@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Kartu Pintar (Smart Card) Pada Materi Pelestarian Makhluk Hidup Kelas IV di Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research And Development) yang bertujuan untuk: 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran kartu pintar materi pelestarian makhluk hidup kelas IV di Sekolah Dasar dan 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media kartu terhadap materi Pelestarian makhluk hidup kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah: 1) Telah dikembangkan media pembelajaran berupa media kartu pintar pada materi pelestarian makhluk hidup 2) Kelayakan media kartu pintar dinyatakan valid dengan presentase penilaian ahli media sebesar 90,7% dan penilaian ahli materi sebesar 90%. Penggunaan media kartu pintar mendapat respon yang sangat baik terhadap pengguna yaitu dengan presentase hasil angket respon peserta didik sebesar 92,8%, hasil angket respon guru dengan presentase sebesar 94% untuk uji coba kelompok kecil dan uji implementasi diperoleh presentase hasil angket respon peserta didik sebesar 89,9%, hasil angket respon guru sebesar 90% dengan kriteria keseluruhan sangat baik, yang artinya media kartu pintar sangat layak dikembangkan untuk peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustin, D. (2019). Pengembangan Media Kartu Pintar Biologi Untuk Meningkatkan Higer Order Thinking Skill Peserta Didik Kelas VIII Di Tingkat SMP/MTs [UIN University]. In UIN University. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78 Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. (2019). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 7. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100 Ayu, S., Rahyuni, P., Agung, A. A. G., & Suarni, N. K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Kart Bergambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. E-Journal PG PAUD, 2(1). Azizah, Z. F., Kusumaningtyas, A. A., & Anugraheni, A. D. (2018). Validasi Preliminary Product Fung-Cube Pada Pembelajaran Fungi Untuk Siswa SMA. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 19. Bahyyah, D. (2018). Pengembangan Media Kartu Pintar Pada Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IIS SMA Negeri 20 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 216–221. Budiarsa, N. A. (2019). Pengembangan Media KAPAS (Kartu Pasangan) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V. JPGSD, 7(4), 3181–3190. Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207 Ferawati, Ritonga, R. F., Rahmadhar, Y., & Yarza, H. N. (2016). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran IPA Di SD. Uhamka Press. Gumanti, A., Yunidar, & Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Mitrawacana Media. Haryono. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21. Kepel Press. Hasan, I., & Susilowibowo, J. (2013). Pengembangan Kartu Pintar Sebagai Media Pembelajaran Materi Pokok Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Perubahan Akun–Akun Di Smk Negeri 1 Ngawi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(1), 1–10. Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 826–838. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/503 Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Unesa University Press. Hendri. (2017). Media Pembelajaran Inovatif. Goresan Pena. Hikmawati, F. (2019). Metodelogi Penelitian (3rd ed.). PT. Raja Grafindo Persada. Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Aksara Timur. Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pembelajaran. Kencana. Lukman, A. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary, 5(2), 163–164. Ma’aniyah, S., & Mintohari. (2019). Pengembangan Media Kartu Gambar Berbasis Make a Match Dalam Pemahaman Konsep Materi Gaya Sekolah Dasar. JPGSD, 7(2), 2749–2759. Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Pustaka Abadi. Maulana, D. (2015). Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press. Miftahuddin, M., & Arofah, F. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. 3(1), 108–116. Mustaji. (2016). Media Pembelajaran. Unesa University Press. Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 112. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825 Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392 Nafi’ah, B., & Suparman. (2019). Pengembangan E-Modul Program Linear Berorientasi Higher Order Thingking Skills Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Prosiding Sendika, 5(1), 136. Nurafifah, D. (2016). Media Audio Visual dan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menggosok Gigi Pada Anak Pra Sekolah. Surya, 08(02), 1–5. Padmi, A.G. Dantes, N. Suatama, M. (2014). Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar dan Sosial Emosional Anak. E-Journal, 4(1). Rahayu, N. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kartu Pintar Pada Tema Kayanya Negeriku Dengan Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Pogung Kidul Sleman Yogyakarta. E-Journal Prodi Teknologi Pendidikan, 7(5), 512–523. Restian, A., & Maslikah, S. (2019). Pengembangan Media Big Book Belajar Bersama Dodo dan Teman-Teman Untuk Pembelajaran Tematik Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala PendasCakrawala Pendas, 5(2), 141–152. Safri, M., Sari, A. S., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113. Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenadamedia Group. Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sumardjan. (2017). Media Kartu Sekolah Dasar. Formaci. Sumpana, V. A. . (2014). Pengembangan Pembelajaran Penjasorkes Pada Materi Menerapkan Budaya Hidup Sehat Menggunakan Media Kartu Pintar Untuk Siswa Kelas IV di SDN Sekaean 01 Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(9), 1276–1282. Suryani, & Hendryadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam (2nd ed.). Kencana. Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Ulfah, A. R., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Pintar Fisika Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan. Pengembangan Media Pembelajaran, 6(3), 237–245. Ulya, H., & Rofian. (2019). Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 144. Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284 Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena. Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish. Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Reseacrh And Development (R&D). Bumi Aksara. Zulharira, Fauzi, & Nurmasyitah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Pada Penjumlahan Pecahan Dikelas IV SDN 1 Alurduamas Aceh Selatan. Jurnal Ilimah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 1–10. citation: Audia, Cita dan Yatri, Ika (2020) Pengembangan Media Kartu Pintar (Smart Card) Pada Materi Pelestarian Makhluk Hidup Kelas IV di Sekolah Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14675/1/FKIP_PGSD_1601025142_CITA%20AUDIA.pdf