eprintid: 14674 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/74 datestamp: 2022-06-24 02:41:36 lastmod: 2022-06-24 03:50:34 status_changed: 2022-06-24 02:41:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azzahra, Hana Fatimah creators_name: Andi, Andi creators_id: hanafatimahazzahra@gmail.com title: Model Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan Inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif; (2) Untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan pendidikan inklusif di SMAN 11 Kab. Tangerang; dan (3) Untuk mengetaui apa saja kendala model pendidikan inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe studi kasus yang meneliti secara mendalam peserta didik yang mengalami kebutuhan khusus, dan sekolah yang telah menyelenggarakan pendidikan inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif melayani segala kebutuhan peserta didik tanpa memandang segala perbedaan. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) Komposisi kelas terdiri dari berbagai aspek keberanekaragaman; (2) Setiap peserta didik diberi perlakuan yang sesuai dengan kebutuhannya; dan (3) Menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan dan kemampuan peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan potensinya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agung Setiawan. (2018). DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSIF ( Studi Kasus Sekolah Dasar Inklusif di Kota Tangerang Selatan ) Tesis Oleh : AGUNG SETIAWAN PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI. Aman. (2011). model evaluasi pembelajaran sejarah. yogyakarta: Ombak Anafiah, S., & Andini, D. W. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Di Sd Tumbuh 2 Yogyakarta. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 73. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2479 Anggia ayu sabrina. (2019). implementasi kurikulum pada sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Anggun Dyah Anjarsari. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Pada Jenjang Sd, Smp, Dan Sma Di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104 Anzari, M., Sarong, A. H., & Rasyid, M. N. (2018). Hak Memperoleh Pendidikan Inklusif Terhadap Penyandang Disabilitas. Syiah Kuala Law Journal, Vol.2(April), 57–73. Armos Neolaka. (2017). Landasan Pendidikan. depok: Kencana Atriyanto, B. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Memperbaiki Compact Cassete Recorder Kelas Xi Tav Di Sma Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). Dewi. (2006). Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 6, Edisi 1. Hafiz, A. (2017). Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal As-Salam, 1(3). Handayani, T., Angga, D., & Rahadian, S. (2013). Peraturan perundangan dan implementasi pendidikan inklusif. Masyarakat Indonesia, 39(1), 27–48. 58 Retrieved from http://jmi.ipsk.lipi.go.id/index.php/jmiipsk/article/viewFile/307/178 Hendrawan. (2009). Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Di Smp Nasima Semarang Kelas Vii Semester Ii Tahun Ajaran 2008 / 2009. Skripsi Oleh : KRESNA HENDRAWAN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Hutami, Endah Retno. (2017). manajemen kurikulum pendidikan inklusi. Skripsi Oleh: ENDAH RETNO HUTAMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Kamal Fuadi. (2011). Analisis Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Provinsi DKI Jakarta. Skripsi Oleh: KAMAL FUADI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH. Kurniawan. (2013). Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam VOL. 02, JULI 2013. 2, 397–407. Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p121-134 Mustika Zahro, Sumardi, M. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(2252), 1–11. praptiningrum. (2012). Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jpk: Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 7. Pudjosumedi. (2013). profesi pendidikan. jakarta. Raco. (2013). metode penelitian kualitatif jenis, karakteristik dan keunggulan. Jakarta: Grasindo. Rahayu, sri muji. (2015). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 2. Religiana, M. (2016). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Inklusi (Studi di MI Ma’arif Keji Ungaran Barat). Skripsi oleh: MERGY RELIGIANA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Saputra, A. (2016). Kebijakan pemerintah terhadap pendidikan inklusif. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 1–14. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/download/1929/1408/ Subakti, Y. R. (2010). Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Paradigma Pembelaaran Searah, 24(1), 1–23. Sudarto, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 97. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p97-106 Sulthon, S. (2019). Model Pelayanan Pendidikan Inklusi Di Madrasah: Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Ibtidaul Falah Dawe-Kudus. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 151–172. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.161 59 Syafrida Elisa. (2013). Sikap guru terhadap pendidikan inklusi ditinjau dari faktor pembentuk sikap [Teachers’ attitudes toward inclusive education viewed from the forming factors of attitude]. Jurnal Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 2(1), 1–10. Tarmansyah. (2017). INKLUSI Pendidikan untuk Semua. jakarta. Winda Tri Listyaningrum. (2009). Konstruksi dan Model Pendidikan Inklusif. Skripsi Oleh: WINDA TRI LISTYANINGRUM FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS GADJAH MADA. citation: Azzahra, Hana Fatimah dan Andi, Andi (2020) Model Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14674/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075016_HANA%20FATIMAH%20AZZAHRA.pdf