@phdthesis{repository14674, year = {2020}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka}, title = {Model Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang}, abstract = {Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan Inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif; (2) Untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan pendidikan inklusif di SMAN 11 Kab. Tangerang; dan (3) Untuk mengetaui apa saja kendala model pendidikan inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe studi kasus yang meneliti secara mendalam peserta didik yang mengalami kebutuhan khusus, dan sekolah yang telah menyelenggarakan pendidikan inklusif dalam pembelajaran sejarah di SMAN 11 Kab. Tangerang sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif melayani segala kebutuhan peserta didik tanpa memandang segala perbedaan. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) Komposisi kelas terdiri dari berbagai aspek keberanekaragaman; (2) Setiap peserta didik diberi perlakuan yang sesuai dengan kebutuhannya; dan (3) Menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan dan kemampuan peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan potensinya.}, author = {Azzahra, Hana Fatimah and Andi, Andi}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14674/} }