eprintid: 14673 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/73 datestamp: 2022-06-24 02:45:02 lastmod: 2022-06-24 02:45:02 status_changed: 2022-06-24 02:45:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Jayanti, Fitria creators_name: Baadilla, Irwan creators_id: fitriajayanti59@gmail.com creators_id: irwan@uhamka.ac.id title: Analisis Metode Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Di SDN Duri Kosambi 01 Jakarta Barat ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui metode mengajar yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia (2) mengetahui hubungan metode mengajar yang digunakan dengan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif analis. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi pada guru kelas IV. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SDN Duri Kosambi 01 Jakarta Barat kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2019/2020. Responden penelitian meliputi 5 guru di SDN Duri Kosambi 01 Jakarta Barat dengan menyebar angket kepada guru dan mendokumentasikan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mengajar yang digunakan guru terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV menggunakan metode modern yaitu diskusi dan tanya jawab pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan mempengaruhi nilai hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ekonomi, F., Manajemen, J., & Ratulangi, U. S. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 671–680. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22478 Febriansyah, A. (2017). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jra.v8i2.525 Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5 Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261 Khuluqo Ihsan El. (2017). Belajar dan pmbelajaran Konsep Dasar. pustaka pelajar. Klaten, S. M. K. N. (2017). Pengaruh peran guru , persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa akuntansi kelas xi the influence of teacher role , student perception about teaching method , and utilization of instructio. 1–22. Kusuma, A. B. (2016). Pemerolehan Bahasa Pertama Sebagai Dasar Pembelajaran Bahasa Kedua. Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 5(2), 118–141. Manajemen, D. I. J. (2019). Analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap metode dan media pembelajaran pada mata kuliah manajemen sumberdaya manusia semester 2 kelas a. 8(1), 50–59. Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya. Mu, A. (2019). pembelajaran bahasa indonesia sekolah dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Nidawati. (2015). Belajar dalam perspektif psikologi dan agama. 26(4), 1–37. Perwati, N. dan S. P. (2018). Belajan Dan Pembelajaran. Rajagrafindo Persada. Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 171–179. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo mMakmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 92. Sungai, N. O. K. (2017). Guru SD Negeri No 053979 Kepala Sungai 54. 053979. Suyono. (2016). Belajar Dan Pembelajaran (Wardan Anang Solihin (ed.)). PT Remaja Rosdakarya. Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Sukses Oofset citation: Jayanti, Fitria dan Baadilla, Irwan (2020) Analisis Metode Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Di SDN Duri Kosambi 01 Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14673/1/FKIP_PGSD_1601025140_FITRIA%20JAYANTI.pdf