eprintid: 14672 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/72 datestamp: 2022-06-16 09:00:49 lastmod: 2022-06-16 09:00:49 status_changed: 2022-06-16 09:00:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Adawiyah, Robbiyatul creators_name: Suswandari, Suswandari creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: suswandari@uhamka.ac.id creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Strategi Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Etnik Betawi Dalam Pembelajaran Ips Sebagai Penguat Karakter Bagi Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu ALMAKA, Kalideres Jakarta Barat). ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Kearifan Lokal, Etnik Betawi, Pembelajaran Ips abstract: Indonesia merupakan Negara majemuk dengan berbagai keanekaragaman memiliki potensi dalam membangun peradaban bangsa yang di dasari pada pengetahuan wawasan kebangsaan serta nilai-nilai budaya lokal salah satunya adalah nilai kearifan lokal Etnik Betawi. Penelitian ini menitikberatkan pada strategi guru IPS dalam mengimplementasikan nilai-nilai dan makna kearifan lokal Etnis Betawi dalam pembelajaran IPS. Sehingga guru mampu memberikan proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan kontekstual sebagai upaya untuk memberikan pembelajaran karakter kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan melihat secara dekat strategi yang digunakan guru dalam mengimplementasikan nilai kearifan lokal budaya Betawi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai budaya lokal Betawi dapat dijadikan suatu bentuk pendekatan dalam pembelajaran dalam mengembangkan karakter siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna. Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan guru IPS di SMP IT Almaka ini yakni pertama, dengan menggunakan metode Role play yakni suatu metode yang digunakan untuk meniru cara bertingkah laku seseorang dalam sebuah drama. Tingkah laku yang ditekankan dalam metode role play, kaitannya dengan hubungan keragaman budaya di Indonesia salah satunya tradisi budaya “Palang Pintu”, menampilan lagu “kicir-kicir” dan mempromosikan kuliner khas Betawi kemudian guru memberikan pesan moral dari tradisi budaya tersebut. Yang kedua, strategi implementasi nilai kearifan lokal budaya Betawi dapat diterapkan di luar pembelajaran yaitu dengan melakukan pembiasaan untuk menanamkan nilai karakter religius, kebersamaan, gotong-royong, percaya diri dan lain-lain dalam kegiatan yang dilakukan di SMP IT Almaka. Pada hakikatnya budaya lokal dapat membangun peradaban sejauh mana manusia sendiri sebagai pelaku budaya dan pembangun peradaban tersebut mampu memformulasiakan sistem nilai yang terdapat dalam tardisi budaya lokal dapat membangun peradaban bangsa ketika budaya lokal tersebut diformulasikan pada tataran ontologis budaya. date: 2019-11-03 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Sumber Buku: Suswandari. 2017. Kearifan Lokal Etnik Betawi (Mapping Sosio-Kultural Masyarakat Asli Jakarta). Jakarta: Pustaka Belajar Pargito. 2019. Nilai-nilai Multikultural dalam Pendidikan IPS. Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja Wina Sanjaya. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group. Hamzah B. Uno. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, David Hunger dan Thomas L. Wheelen. 2013. Manajemen Strategi . Yogyakarta: Andi,. Anwar Arifin. 2018. Strategi Komunikasi. Bandung: Armilo. Tim Redaksi. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara. Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mulyadi, Deddy. 2015. Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta. Nurdin dan Usman.2014. Impelementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Pers. Hamzah B.Uno. 2014. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Sutarjo Adisusilo, JR. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. M. Chabib Thoha, 2014. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cet. 1. Purwadaminta W.J.S. 2014. Kamus Umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Una Kartawisastra. 2015. Strategi Klarifikasi Nilai. Jakarta: P3G Depdikbud. Syamsul Maarif. 2013. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu. EM, Kaswardi. 2015. Pendidikan Nilai. Jakarta: PT Gramedia. Mansur Isna. 2017. Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama. Nasiwan.2012. Langkah-Langkah Pengembangan Model Ilmu Sosial Profetik Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: UNY Press Alfian, Magdalia. 2013. “Potensi Kearifan lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa”. Prosiding The 5 thn ICSSIS; “Ethnicity and Globalization”, di Jogyakarta pada tanggal 13-14 Juni 2013 Suswandari. 2017. Kearifan Lokal etnik Betawi (Mapping Sosio Kultural Masyarakat Betawi). Yogyakarta: Pustaka belajar Wuryandani, W. 2010. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar. Proceding seminar nasional lembaga penelitian UNY. Edisi 2010, Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan Abdul, Chaer. (2012). Folklor Betawi Kebudayaan dan Kehidupan Orang Betawi. Jakarta: Masup Saidi, Ridwan. 2010. Profil orang betawi : Asal muasal, kebudayaan dan adat istiadatnya. Jakarta : PT. Gunara Kata Shahab, Y. Z. 2004. Betawi dalam Perspektif Kontemporer: Perkembangan, Potensi dan Tantangannya. Jakarta : Lembaga Kebudayaan Betawi. Adi, Windoro. 2010. Batavia 1740; Menyisir Jejak Betawi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Koentjaraningrat. 2010. Pengantar Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Numan Somantri M. 2015. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosdakarya. Rudy Gunawan. 2016. Pendidikan IPS, Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, Usman, U. 2014. Menjadi Guru IPS Profesional Edisi Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syaiful Sagala. 2015. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung,CV. Alvabeta. Huriah, Rachmah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta Sardjiyo & Pannen, P. 2010. Pembelajaran berbasis budaya: model inovasi pembelajaran dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jurnal pendidikan. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Agus Wibowo. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (konsep dan praktik implementasi). Yogyakarta: Pustaka Belajar. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. 2016. Jakarta: Bumi Aksara. Abna Hidayati. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. 2016. Jakarta: Kencana Thomas, Lickona. 2012. Persoalan Karakter. Terjemahan: Juma Wadu , Wamaungu & Jean Antunes, Rudolf Zien dan editor Uyu wahyudin dan Suryani, Jakarta: Bumi Aksara. Daoed Joesoef. 2014. Studi Strategi Logika Ketahanan dan Pembangunan Nasional. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara Doed Joesoef. 2018. Bangunlah jiwanya bangunlah badanya. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara Achmad Sanusi. 2016. Pendidikan untuk Kearifan (Mempertimbangkan kembali system nilai, belajar, dan kecerdasan). Bandung: Nuansa Cendekia. Muhammad Farid. 2018. Fenomenologi dalam penelitian ilmu sosial. Jakarta: Prenadamedia Group Abd. Rahman Ghani. 2015. Handouts: Metodologi Penelitian. Jakarta: Uhamka Press. Hlm 26 Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta. Hlm 48 Husaini Usman. 2011. Metodologi penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hlm 52 Wagiran. 2012. “Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Barwono”. Jurnal Pendidikan Karakter. LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta. Kartika, Yulia. 2010. Peran Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Dalam Kelestarian Dan Mengembangkan Budaya Betawi (2004-2007). Skripsi. Jakarta. Fakultas Adab Dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Saifuddin, Amsir. 2011. Intelektual Ulama Betawi yang Cukup Berpengaruh Abad ke-21. Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 16, No.2, 2018: 281 – 314 Nina Farlina. 2012. “Representasi Identitas Betawi”. Thesis. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Muhammad Nur brahim dan Muslimin. 2015. Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan IPS. Surabaya: UNNESA, Universiry Press. Strategi Implementasi citation: Adawiyah, Robbiyatul dan Suswandari, Suswandari dan Gunawan, Rudy (2019) Strategi Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Etnik Betawi Dalam Pembelajaran Ips Sebagai Penguat Karakter Bagi Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu ALMAKA, Kalideres Jakarta Barat). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14672/1/SPS_IPS_1709077004_ROBIYATUL%20ADAWIYAH.pdf