eprintid: 14671 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/71 datestamp: 2022-06-24 02:41:31 lastmod: 2022-06-24 02:41:31 status_changed: 2022-06-24 02:41:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahman, Hanandita creators_name: Andi, Andi creators_id: Jawehanandita@gmail.com title: Keraton Kanoman Cirebon (Historis dan Relevansinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah) ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana Sejarah berdirinya Keraton Kanoman Cirebon. (2) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan memanfaatkan Keraton Kanoman Cirebon. (3) Untuk mengetahui bagaimanakah Relevanasi ketika menggunakan Keraton Kanoman dalam pembelajaran disekolah (4) Untuk mengetahui beberapa tanggapan Siswa mengenai pembelajaran yang menggunakan Keraton Kanoman sebagai sumber dan mediannya. (5) Untuk mencari Solusi ketika guru mengalami hambatan dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan keraton Kanoman sebagi sumber pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Keraton Kanoman Merupakan salah satu bukti peninggalan tempat bersejarah dari Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan Agama Islam pertama kali di kota cirebon, keraton kanoman ini juga dapat digunakan sebagai metode yang digunakan oleh guru sejarah dalam menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas, bahkan keraton kanoman ini merupakan solusi baru yang dapat digunakan guru untuk membangun semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, Keraton Kanoman ini pun dapat digunakan oleh siswa dalam mencari sumber sejarah yang berada di sekitar lingkungan mereka. Keraton kanoman ini sangat membantu guru dalam penyampaian materi di dalam kelas terutama materi yang menyangkut awal masuknya islam ke cirebon, jadi sangat tepat jika guru memilih Keraton Kanoman untuk di jadikan sebagai media pembelajarannya sejarah maupun sumber pembelajaran sejarah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abd.kadir. (1392). sumber belajar dalam teori pancaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2, 108–130. Agustina, I. H. (2018). SISTEM RUANG KERATON KANOMAN DAN KERATON KACIREBONAN. 68–81. Aman. (1993). kesadaran sejarah. (2), 78–79. Andi, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(1), 50. https://doi.org/10.21009/jps.061.06 Dewi, H. I. (2009). Akulturasi Budaya Pada Perkembangan. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil), 3, D55–D66. Firmasari, S., & Sulaiman, H. (n.d.). ANALISIS GEOMETRI FRAKTAL PADA BENTUK. 7(1), 51–60. H. Abidin Nata, M. . (2009). Penelitian Kualitatif. Jakarta. H.Abd.Hafid. (2011). SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN. Sulesna, 6, 69–78. H.M. Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan dalam perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan Di Indonesia. Jakarta. Hariyanto, O. I. B. (2016). Destinasi Wisata Budaya dan Religi di Cirebon. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(2), 214–222. https://doi.org/10.31311/jeco.v4i2.830 Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875 Herdiansyah, H. (2014). Metodologi penelitian Kualitatif. Joko, S. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe%0APENGARUH Juwono, S., Aryanti, D., & Maria, K. (2017). Caruban s ebagai Asal Nama “ Cirebon ” Eksplorasi Spirit Arsitektur. (1), 69–76. K.yin, P. D. R. (2002). Studi Kasus desain & Metode. khamdi. (2012). Dinamika Terekat Syattariyah di Lingkungan Keraton. Kuntowijyo. (2013). Pengantar Ilmahu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana. Kustanti, W. D. (2014). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR 76 GEOGRAFI KELAS XI–IPS 3 DI SMAN I LAWANG KABUPATEN MALANG. 7(September), 78–91. Lasmiyati. (2013). KERATON KANOMAN DI CIREBON (Sejarah dan Perkembangannya). Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 5(1), 128. https://doi.org/10.30959/patanjala.v5i1.184 Lexy J. Moleong, M. . (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Mayangsari, E., Danial, E., & Nurmalina, K. (2013). Panjang Jimat Ceremonial Tradition of Keraton Kasepuhan As a Locally Cultural Asset of Cirebon City in Preservation of National Culture. Civicus, 17(2). Niamullah. (2011). Pemanfaatan Museum Keraton Kesepuhan dan Kanoman sebagai sumber pembelajaran sejarah. Novianti, G. (2015). Gamelan Saketan Dalam Ritus Masyarakat Trusmi Cirebon. 1–18. Nurbaeti, D., Antariksa, & Usman, F. (2010). Pelestarian Bangunan Dan Lingkungan Kawasan Keraton Kanoman Kota Cirebon. Arsitektur E-Journal, 3(2), 63–76. P.s. Suladiningrat. (1978). Sejarah Kota Cirebon. Putro, H. P. N. (2012). Model Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Melalui Pendekatan Inkuiri. Paramita: Historical Studies Journal, 22(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i2.2121 Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan pendekatan, Kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung. Supriadi. (2015). PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN Supriadi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Lantanida Journal, 3(2). Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). wiwik Nianti. (2011). Keraton Kanoman sebagai salah satu cagar budaya kota Cirebon. surabaya. citation: Rahman, Hanandita dan Andi, Andi (2020) Keraton Kanoman Cirebon (Historis dan Relevansinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14671/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075014_HANANDITA%20RAHMAN.pdf