relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14671/ title: Keraton Kanoman Cirebon (Historis dan Relevansinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah) creator: Rahman, Hanandita creator: Andi, Andi subject: LA History of education description: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana Sejarah berdirinya Keraton Kanoman Cirebon. (2) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan memanfaatkan Keraton Kanoman Cirebon. (3) Untuk mengetahui bagaimanakah Relevanasi ketika menggunakan Keraton Kanoman dalam pembelajaran disekolah (4) Untuk mengetahui beberapa tanggapan Siswa mengenai pembelajaran yang menggunakan Keraton Kanoman sebagai sumber dan mediannya. (5) Untuk mencari Solusi ketika guru mengalami hambatan dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan keraton Kanoman sebagi sumber pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Keraton Kanoman Merupakan salah satu bukti peninggalan tempat bersejarah dari Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan Agama Islam pertama kali di kota cirebon, keraton kanoman ini juga dapat digunakan sebagai metode yang digunakan oleh guru sejarah dalam menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas, bahkan keraton kanoman ini merupakan solusi baru yang dapat digunakan guru untuk membangun semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, Keraton Kanoman ini pun dapat digunakan oleh siswa dalam mencari sumber sejarah yang berada di sekitar lingkungan mereka. Keraton kanoman ini sangat membantu guru dalam penyampaian materi di dalam kelas terutama materi yang menyangkut awal masuknya islam ke cirebon, jadi sangat tepat jika guru memilih Keraton Kanoman untuk di jadikan sebagai media pembelajarannya sejarah maupun sumber pembelajaran sejarah. date: 2020 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14671/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075014_HANANDITA%20RAHMAN.pdf identifier: Rahman, Hanandita dan Andi, Andi (2020) Keraton Kanoman Cirebon (Historis dan Relevansinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.