eprintid: 14668 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/68 datestamp: 2022-06-24 02:44:41 lastmod: 2022-06-24 02:44:41 status_changed: 2022-06-24 02:44:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nissa, Nurul Ainun creators_name: Khavisa Pranata, Khavisa creators_id: Nunun.ainunnissa98@gmail.com creators_id: khavisapranata@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh berjumlah 60 siswa kelas IV-A dan IV-B. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal instrumen menggunakan tes pilihan ganda. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung = 0,867 > Rtabel = 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang valid dan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh di kelas eksperimen Lhitung = 0,1318 < Ltabel = 0,161 dan di kelas kontrol Lhitung = 0,1516 < Ltabel = 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,48 < Ftabel 1,90, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung = 6,331 dengan Ttabel = 2,002 pada a= 0,05 maka Ho ditolak Hi diterima. Kesimpulan penelitian terdapat adanya pengaruh yang signifikan penggunaan ‘’Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amelia Rosmala, I. (2019:49). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Dian Rakyat. Arikunto. (2013:115). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto. (2013:93). Dasar-Dasar Pendidikan Edisi Kedua . Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. (2013: 173). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Astuti, A. &. (2012:105). Peran Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Peran Kemampuan Komunikatif Matematika, 105. Badar Al-Tabany, T. I. (2014:64). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif, Progresif, dan Kontekstual : Konsep, Landasan, dan Implementasinya. Jakarta: Prenamedia Group. Badar Al-Tabany, T. I. (2014:72). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group. Dini, R. (2012:5). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta. Fakhriyah, F. (2014:96). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 96. Hamalik. (2013:15). Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta: Multi pressindo. Hamalik, O. (2014:5). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Handayani, S. &. (2015). Pengaruh Model Giving Question and Getting Answer Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pelangi Vol. 8 No.1 Desember 2015, 14. Hardini, I. &. (2012:4). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia. Isman, M. (2016, 01 28). Artikel Training. Retrieved juli 1, 2020, from artikeltraining.wordpress.com/2016/01/28/karakteristik-problem-based-learning/: https://artikeltraining.wordpress.com/2016/01/28/karakteristik-problem-based-learning/ Musfiqon. (2012:8). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya . Oktaviana, D. (2017:22). Analisis Tipe Kesalahan Berdasrkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika. jurnal pendidikan sains & matematika, 22. Priansa, D. J. (2017:188). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia. Priansa, D. J. (2017:55). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Pribadi, B. A. (2009:6). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. Pribadi, B. A. (2009:86). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. Putrawan, I. M. (2017:8). Pengujian Hipotesis dalam Penelitian-penelitian. Bandung: Alfabeta. Rosmala, I. &. (2019:44). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. Rusydi Ananda, F. M. (2018:159). Statistika Pendidikan. Medan: CV Widya Puspita. Rusydi Ananda, F. M. (2018:175). Statistika Pendidikan . Medan: CV Widya Puspita. Setiawati, U. &. (2015:4). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Afabeta. Sudjana. (2010:3). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido. Sugiyono. (2017:138). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2018:77). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2018:85). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2013:15). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Susanto, A. (2013:183). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group . Suwardi, F. R. (2014:299). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tehadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vo. 2, No.4, 299. citation: Nissa, Nurul Ainun dan Khavisa Pranata, Khavisa (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14668/1/FKIP_PGSD_1601025135_NURUL%20AINUN%20NISSA.pdf