%0 Thesis %9 Bachelor %A Nissa, Nurul Ainun %A Khavisa Pranata, Khavisa %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14668 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14668/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh berjumlah 60 siswa kelas IV-A dan IV-B. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal instrumen menggunakan tes pilihan ganda. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung = 0,867 > Rtabel = 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang valid dan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh di kelas eksperimen Lhitung = 0,1318 < Ltabel = 0,161 dan di kelas kontrol Lhitung = 0,1516 < Ltabel = 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,48 < Ftabel 1,90, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung = 6,331 dengan Ttabel = 2,002 pada a= 0,05 maka Ho ditolak Hi diterima. Kesimpulan penelitian terdapat adanya pengaruh yang signifikan penggunaan ‘’Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat