relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14668/ title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat creator: Nissa, Nurul Ainun creator: Khavisa Pranata, Khavisa subject: L Education (General) subject: QA Mathematics description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh berjumlah 60 siswa kelas IV-A dan IV-B. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal instrumen menggunakan tes pilihan ganda. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung = 0,867 > Rtabel = 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang valid dan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh di kelas eksperimen Lhitung = 0,1318 < Ltabel = 0,161 dan di kelas kontrol Lhitung = 0,1516 < Ltabel = 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,48 < Ftabel 1,90, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung = 6,331 dengan Ttabel = 2,002 pada a= 0,05 maka Ho ditolak Hi diterima. Kesimpulan penelitian terdapat adanya pengaruh yang signifikan penggunaan ‘’Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat date: 2020 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14668/1/FKIP_PGSD_1601025135_NURUL%20AINUN%20NISSA.pdf identifier: Nissa, Nurul Ainun dan Khavisa Pranata, Khavisa (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kapuk 03 Pagi Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.