eprintid: 14666 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/66 datestamp: 2022-06-24 02:44:21 lastmod: 2023-04-11 08:18:21 status_changed: 2023-04-11 08:18:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rhazuardhy, Adam creators_name: Wahyuni, Wahyuni creators_id: adamrhazuardhy449@gmail.com creators_id: nurwahyuni@uhamka.ac.id title: Pengaruh Strategi SDS (Student Directed Strategies) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pondok Kelapa 07 Pagi ispublished: pub subjects: H1 subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Strategi SDS (Student Directed Strategies) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pondok Kelapa 07 Pagi pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabiltas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,886 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen SDS Lo < Lt yaitu 0,119 < 0,156 dan Kelas Kontrol Lo < Lt yaitu 0,115 < 0,156, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data distribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu yaitu 1,12 ≤ 2,38, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung=3,913 >ttabel=2,389. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan Strategi SDS (Student Directed Strategies) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pondok Kelapa 07 Pagi date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmadi, L. K., & Amri, S. (2011:10). Metode Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka. Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Ta'dib, 55-60. Darmadi, H. (2017:254). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. Fathurrohman, M. (2015:210). Model-model Pembelajaran Inovatif. Depok, Sleman, Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA. Fathurrohman, M. (2017:10). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca. Gunawan, R. (2016:16). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Gunawan, R. (2016:17). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Gunawan, R. (2016:50). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Gunawan, R. (2016:51). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Gunawan, R. (2016:51). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Idris, M. H. (2015:3). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: PT. Luxima Metro Media. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017:334). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. Sagala. (2009:94). Jurnal Kreatif Tadulako Online, 94. Sapriya. (2011:11). Pendidikan IPS . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Siberman, L. M. (2014:166). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia. Sugiyono. (2012:359). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2012:359). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015:114). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015:114). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015:116). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016:76). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016:80). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016:85). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Sumantri. (2001:89). Supardan, D. (2015: 11). pembelajaran ilmu pengetahuan sosial presfektif, filosofi, dan kurikulum. Jakarta: PT Bumi Raksa. Supardan, D. (2015: 17). pembelajaran ilmu pengetahuan sosial presfektif, filosofi, dan kurikulum. Bandung: PT Bumi Raksa. Susanto, A. (2013:). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: K E N C A N A PRENADAMEDIA GROUP. Susanto, A. (2016:1). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Suyono, H. (2015: 85). IMPLEMENTASI BELAJAR dan PEMBELAJARAN. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Ta'dib, 144. Syarifuddin , A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Islam, 116. Trianto. (2015:176). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara. Wardani, R. (2017:1). Model-Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Menyenangkan. Wonogiri: TriKen. citation: Rhazuardhy, Adam dan Wahyuni, Wahyuni (2020) Pengaruh Strategi SDS (Student Directed Strategies) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pondok Kelapa 07 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14666/1/FKIP_PGSD_1601025133_ADAM%20RHAZUARDHY.pdf