eprintid: 14664 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/64 datestamp: 2022-06-24 02:43:49 lastmod: 2022-06-24 02:43:49 status_changed: 2022-06-24 02:43:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmi, Nily creators_name: Qura, Ummul creators_id: Nilyrahmi29@gamail.com creators_id: ummul_qura@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Cooperative Learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas IV SDN Harapan Mulya II ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan Berbicara peserta didik dengan menggunakan model cooperative learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas IV SDN Harapan Mulya II pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Uji Validitas Menggunakan validitas konstrak ( Construct Validity ). Untuk menguji validitas konstrak dapat digunakan pendapat ahli ( Judgement expert ) Validitas ini dilakukan setela instrumen dikonstruksi tentang aspek-aspek yang diukur dengan berdasarkan teori tertentu, maka selanjutnya dikonsutasikan dengan ahli. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Kontrol Lo < Lt yaitu 0,1212 < 0,1809, dan Kelas Eksperimen Lo < Lt yaitu 0,1352 < 0,1738, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,236 < 1,996, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,249 > 2,101. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh Pengaruh Model Cooperative Learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas IV SDN harapan mulya II bekasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Model Cooperative Learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas IV SDN harapan mulya II bekasi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus, S. (2015). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Dibia, I. K. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Rajawali Pers. Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 1 Nomor 1, November 2016. 1(November), 16–23. Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar. PT Refika Aditama. Hidayah, N. (2017). Jurnal Kependidikan: Kependidikan, 5(1), 1–9. Huda, M. (2015). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Pustaka Pelajar. Kurniasih, I., & Sari, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan. UHAMKA PRESS. Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Nafi’ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. AR-RUZZ MEDIA. Nurgiyono, Burhan. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFEE-Yogyakarta Panur Permana, B., Nashir Tsalatsa, A., & Asri Untari, M. F. (2018). Kefektifan Model Student Teams Achivement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Berbicara. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1), 54–62. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17292 Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. CV Pustaka Setia. Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran Arias Assurance, Relevance,Interets,Assesment,Satisfaction Terintegratif Dalam Teori dan Praktik Untuk Menunjang Penerapan Kurukulum 2013. Prestasi Pustaraya. Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Suandi, I. N., Sudiana, I. N., & Nurjaya, I. G. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Rajagrafindo Persada. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. SUMANTRI, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori Praktik Tingkat Pendidikan Dasar. Rajawali pers. citation: Rahmi, Nily dan Qura, Ummul (2020) Pengaruh Model Cooperative Learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas IV SDN Harapan Mulya II. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14664/1/FKIP_PGSD_1601025126_NILY%20RAHMI.pdf