eprintid: 14662 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/62 datestamp: 2022-06-24 02:40:18 lastmod: 2022-06-24 02:40:18 status_changed: 2022-06-24 02:40:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zakiyah, Khoirunnisa creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: Khoirunnisazakiyah@gmail.com creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Peran Soeharto dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Tahun 1973-1984 (Sejarah SD Inpres di Indonesia) ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jelas dan nyata, tentang peran Soeharto dalam membangun pendidikan di Indonesia tahun 1973-1984 (Sejarah SD INPRES di Indonesia). Seperti yang sudah diketahui bahwa pada pemerintahan Presiden Soeharto Indonesia mengalami peningkatan disektor ekonomi dan Seoharto berencana memberantas buta aksara yang terjadi di masyarakat Indonesia saat itu dengan gerakan wajib belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode Historis, yang menempuh Langkah-langkah sebagai berikut: Heuristik (pengumpulan sumber-sumber yang relevan), kritik sumber (kritik eksternal dan internal), Interpretasi (Langkah Penafsiran) dan Historiografi (Penulisan sejarah). Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran Soeharto membangun pendidikan di Indonesia dengan membangun SD INPRES di seluruh pelosok daerah di Indonesia, dengan tujuan agar seluruh anak Indonesia dapat mengenyam dan merasakan bangku pendidikan dan juga memberantas buta aksara sejak dini. Serta menegtahui bagaimana kondisi pemerataan fasilitas pendidikan pada zaman pemerintahan presiden Soeharto yang mana pada zaman tersebut terjadi pengangkatan guru besar-besaran dan bagaimana presiden meyikapi dan mengayomi para guru serta siswa dalam memberikan fasilitas dalam program SD INPRES ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Soeharto dalam membangun pendidikan di Indonesia tahun 1973-1984 (Sejarah SD INPRES di Indonesia) memegang peranan sangat penting di mana pembangunan Gedung-gedung sekolah semakin banyak, jumlah murid bertambah dan akan tetapi dalam segi kualitas cenderung kurang memadai karena fasilitas yang diberikan kepada tenaga pengajar tidak sesuai yang diharapkan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmad Mukhlis Yusuf, dkk. (2008). Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku IV (1976-1978) (IV). Antara pustaka Utama. Alian. (2014). Metodologi sejarah dan implementasi penelitian. Ardiyansyah, R. (2016). Orde Baru (Kepemimpinan Soeharto). 11 February 2016. http://idsejarah.net/2016/02/orde-baru-kepemimpinan-soeharto.html Ari Welianto. (2019). Nasionalisme: Arti, sejarah dan tujuan. 29 Desember 2019. https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/29/180000269/nasionalisme-arti-sejarah-dan-tujuan Badar. (2019). Kaji Dampak SD Inpres Soeharto Terhadap Perekonomian, Ekonom Ini Raih Hadiah Nobel. 15 Oktober 2019. Kaji Dampak SD Inpres Soeharto Terhadap Perekonomian, Ekonom Ini Raih Hadiah Nobel Bayu Derriyansyah. (2019). Kesaksian Guru SD Inpres Pekanbaru di Era Pak Harto. 21 Oktober 2019. Kesaksian Guru SD Inpres Pekanbaru di Era Pak Harto Cut nisrina pratiwi, D. (2015). upacara perkawinan adat jawa dalam perpektif hukum positif di Indonesia. pernikahan, 5. https://civitas.uns.ac.id/diahrk/wp-content/uploads/sites/620/2018/11/Perkawinan-Adat-Jawa-Kelompok-2.pdf Cyril. (2013). BIOGRAFI PRESIDEN SOEHARTO (1) (Masa Kecil)1. HM SOEHARTO Menggapai Tinggal Landas. https://soeharto.co/masa-kecil/ Daliman, A. (2012a). Metode Penelitian Sejarah. ombak. Dien, M. M., & Wahyudi, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar. Kencana. Duflo, E. (2000). Schooling And Labor Market Consequences Of School Connstruction In Indonesia: Evidence From An Unusual Polisy Experiment. Nasional Bureau of Economic Research, 5. Dwipayana, G., & H, R. K. (1989). soeharto: pikiran, ucapan dan tindakan saya. citra lamtoro gung persada. Dwipayana, G., & Sjamsuddin, N. (2003). jejak langkah pak harto 1 oktober 1965-1 maret 1968. PT. citra kharisma bunda. Effendi Wahyono. (2017). stratifikasi sosial pada masyarakat pedesaan di jawa abad ke-19. seminar nasional riset inovatif, 307. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1027/756 Gottschak, L. (2015). Mengerti sejarah. UI Press. Hidayat, P. (2016). PERKEMBANGAN SD INPRES PADA MASA ORDE BARU TAHUN 1973-1983. Sejarah, pendidikan, 6. https://core.ac.uk/display/78837658 Hugiono, & Poerwanta, P. (1987). pengantar ilmu sejarah. bina aksara. Kartodirjo, S. (1993). pendekatan ilmu sosial dalam metodologi sejarah. gramedia pustaka utama. Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu sejarah. tiara wacana. Lidya Agustina. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor (Penelitian pada Kantor Akuntan Publik yang Bermitra Dengan Kantor Akuntan Publik Big Four di Wilayah DKI Jakarta). Akuntansi, 01 no 01, 42. https://www.academia.edu/36115775/Pengaruh_Konflik_Peran_Ketidakjelasan_Peran_dan_Kelebihan_Peran_terhadap_Kepuasan_Kerja_dan_Kinerja_Auditor?auto=download Matanasi, P. (2019). Ini Ibu Budi: Mengenang Lahirnya Program Wajib Belajar. pendidikan. Mohammad Siddiq. (2019). Profesionalisme Militer Pada Pemerintahan Soeharto dan Abdurrahman Wahid (Kajian Perbandingan Sosial-Historis). Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(vol 11 no 1 (2019): Februari 2019), 27–28. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1267/859 S, S. N. (2017). upacara perkawinan tradisional jawa. Oktober. http://www.jagadkejawen.com/index.php?option=com_content&view=article&id=7&Itemid=7&lang=id Salim Haji Said. (2016). Menyaksikan 30 Tahun Pemerintahan Otoriter Soeharto. PT Mizan Pustaka. Sarwono, S. wirawan. (2015). teori-teori psikologi sosial. rajawali. Singgih D Gunarsa, Y. S. D. G. (2008). psikologi perkembangan anak dan remaja. gunung mulia. Siregar, E., & Nara, H. (2010). teori belajar dan pembelajaran. ghalia Indonesia. Sjamsuddin, N. (2003). jejak langkah pak harto 16 maret 1983-11 maret 1988. citra kharisma bunda. Soerjono Soekanto. (2009). sosiologi suatu pengantar. rajawali pers. Soyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional (NEO) Liberal, Marxis-Sosial Hingga Postmodern. ar-ruzz media. Suhardono, E. (1994). teori peran (konsep, derivasi, dan implikasinya). pt. gramedia pustaka utama. Suryono, A. (2010). dimensi-dimensi prima teori pembangunan. universitas brawijaya. Tilaar, H. A. R. (1999). Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya. Toenlioe, A. J. (2016). teori dan filsafat pendidikan. gunung samudra. Umasih. (2017). Memahami pengembangan Kurikulum sejarah pada masa orde baru. 5 September 2017. http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/memahami-pengembangan-kurikulum-sejarah-pada-masa-orde-baru/ citation: Zakiyah, Khoirunnisa dan Gunawan, Rudy (2020) Peran Soeharto dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Tahun 1973-1984 (Sejarah SD Inpres di Indonesia). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14662/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075012_KHOIRUNNISA%20ZAKIYAH.pdf