eprintid: 14660 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/60 datestamp: 2022-06-24 02:40:13 lastmod: 2022-06-24 02:40:13 status_changed: 2022-06-24 02:40:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmadhani, Anisya creators_name: Merina, Merina creators_id: anisya.rahmadhani98@gmail.com title: Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMA Negeri 74 Jakarta Selatan) ispublished: pub subjects: L1 divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi terhadap pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 74 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tahun 2020 ditetapkan sebagai masa Pandemi karena penyebaran Covid-19. Setiap aspek kehidupan seperti perekonomian, kesehatan, sosial, bahkan pendidikan menetapkan kebijakan yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk meminimalisir persebaran covid-19. Di Indonesia, pada aspek pendidikannya menerapkan kebijakan Belajar Dari Rumah (Pembelajaran Jarak Jauh) dengan model Pembelajaran Daring. Salah satu sekolah yang menerapkan kebijakan ini adalah SMA Negeri 74 Jakarta. Sebelum melaksanakan kebijakan ini, SMA Negeri 74 Jakarta menyusun perencanaan seperti membuat jadwal mata pelajaran dengan mengurangi jam pelajaran dari satu hari bisa sampai 10 jam menjadi enam jam saja perharinya, pelaksanaan video conference juga dijadwalkan untuk mengurangi pemborosan kuota. Selain itu, Google Classroom ditetapkan menjadi platform yang wajib digunakan oleh guru-guru dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara melalui video conference, google classroom, WhatsApp, serta video pembelajaran yang dibuat langsung oleh guru-guru mata pelajaran. Untuk menambah wawasan peserta didik terhadap covid-19, guru-guru meminta peserta didik untuk membuat project seperti poster, masing-masing guru mata pelajaran juga memberikan penugasan terkait covid-19 dengan mata pelajaran yang diampu. Pada mata pelajaran sejarah, peserta didik diminta untuk membuat esai tentang black death dan penyakit beri-beri era kolonial. Wakasek Kurikulum melakukan supervisi dengan cara join ke link google meet yang sebelumnya sudah diberikan oleh guru, guru juga diminta untuk mengisi laporan setelah mengajar. Pembelajaran daring memiliki kendala seperti keterbatasan guru dalam menguasai teknologi, fasilitas yang dimiliki peserta didik tidak memadai, boros kuota, jaringan buruk, peserta didik pasif dan tidak disiplin. Solusi yang diterapkan adalah, pemberian kuota gratis 1.5 GB untuk peserta didik yang kurang mampu perekonomiannya. Guru yang tidak menguasai teknologi dibimbing untuk menggunakan teknologi tersebut bahkan akun google classroom dikelola oleh Wakil Kurikulum. Kesimpulannya, pembelajaran daring adalah kebijakan baru yang membawa banyak kendala dalam pelaksanaannya, sistem pembelajaran ini harus selalu ditingkatkan agar pelaksaannya bisa menjadi lebih baik lagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Administrator. (2010). Sejarah. Retrieved June 17, 2020, from sma74jkt.sch.id website: https://www.sma74jkt.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=46:sejarah&catid=25:profil&Itemid=34 Anjar. (2015). Apakah Bedanya Belajar dan Pembelajaran? Retrieved June 14, 2020, from wawasanpendidikan.com website: https://www.wawasanpendidikan.com/2015/12/apakah-bedanya-belajar-dan-pembelajaran.html?m=1 Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, XII. Coronavirus Disease 2019 : Events as They Happen. (2020). Retrieved from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/events-as-they-happen Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi : Studi Kasus Pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech, 16, 205–221. Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif & Kualitatif. Depok: PT RajaGrafindo Persada. Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. At-Taqaddum, 8, 21–46. Jamaludin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Melania, E. P. (2020). Pembelajaran Daring, Apakah Efektif Untuk Indonesia? Retrieved June 16, 2020, from Muda.kompas.id website: https://muda.kompas.id/baca/2020/04/06/pembelajaran-daring-apakah-efektif-untuk-indonesia/ Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyadi, D. (2015). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: 108 Alfabeta. Patton, M. Q. (1980). Qualitative Evaluation Methods. Baverly Hills: SAGE Publications. Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning : An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818. Quipper School. (2020). Quipper School. Retrieved July 25, 2020, from https://www.quipper.com/id/school/ Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi, 2(1), 274–293. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta. Sun, A., & Chen, X. (2016). Online Education and Its Effective Practice : A Research Review. Journal of Information Technology Education : Research, 15(September 2015), 157–190. Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, II(2), 30–46. Syaukani, H. R. dkk. (2003). Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Taufiq, A., Marhaenanto, B., Sujanarko, B., Hamzah, Z., Suratno, Darik, … Kuswardhani. (2018). Pedoman Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian Pembelajaran di Lingkungan Universitas Jember. Jember: RISTEKDIKTI. Yaumi, M. (2007). THE IMPLEMENTATION OF DISTANCE LEARNING IN INDONESIAN HIGHER. Lentera Pendidikan. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n2a6 Yin, R. K. (2003). Case Study Research : Design and Methods (Third). London: SAGE Publications. Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19) ; Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(February). citation: Rahmadhani, Anisya dan Merina, Merina (2020) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMA Negeri 74 Jakarta Selatan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14660/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075009_ANISYA%20RAHMADHANI.pdf