eprintid: 14659 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/59 datestamp: 2022-06-24 02:43:38 lastmod: 2022-06-24 02:43:38 status_changed: 2022-06-24 02:43:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Utami, Nabilla Zahiroh creators_name: Khavisa Pranata, Khavisa creators_id: nabillautami82@gmail.com creators_id: khavisapranata@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Taman Imani Iqra Cipayung Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada siswa kelas IV MI Taman Imani Iqra Cipayung Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh berjumlah siswa 40 kelas IVA dan IVB. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal instrumen menggunakan tes pilihan ganda. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung = 1,033 > Rtabel = 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang valid dan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Lilifors Galat Taksiran diperoleh di kelas eksperimen Lhitung = 0,1017 < Ltabel = 0,190 dan di kelas kontrol Lhitung = 0,1433 < Ltabel = 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,58 < Ftabel 2,161, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung = 7,580 dengan Ttabel = 2,025 pada a = 0,05 maka Ho ditolak H1 diterima. Kesimpulan penelitian terdapat adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Taman Imani Iqra Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Aksara. Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga. Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Haris, A. J. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Hidayat, S. (2014). Teori Dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pt Pustaka Mandiri. Hisyam Zaini, D. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani. Huda, M. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Jauhar, N. H. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta. Khaeroni, N. M. (2018). Penggunaan Metode Practice Rehearsal Pairs. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 21. Khuluqo, I. E. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistik Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Mularsih, K. &. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Pt Rajagrafindo Persada. Murtadlo, Z. A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: Pt Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Sardiman. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengjar. Depok: Pt Rajafrafindo Persada. Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Pustaka. Sumadi. (2015). Contoh Aplikasi Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Retrieved Desember Jumat, 2019. Sumanto. (2015). Pembelajaran Ipa. Jakarta: Bumi Aksara. Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susanto, A. (2014). Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Tarki&Suniati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Berbantu Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas IV. Pendidikan Teknologi Informasi, 5. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadau. Jakarta: Bumi Aksara. Tusyana, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas 3 Mi Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7. Yamin, M. (2015). Strategi Dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Press Group. citation: Utami, Nabilla Zahiroh dan Khavisa Pranata, Khavisa (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Taman Imani Iqra Cipayung Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14659/6/FKIP_PGSD_1601025125_NABILLA%20ZAHIROH%20UTAMI.pdf