@phdthesis{repository14659, school = {Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka}, title = {Pengaruh Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Taman Imani Iqra Cipayung Jakarta Timur}, year = {2020}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14659/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada siswa kelas IV MI Taman Imani Iqra Cipayung Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh berjumlah siswa 40 kelas IVA dan IVB. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal instrumen menggunakan tes pilihan ganda. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung = 1,033 {\ensuremath{>}} Rtabel = 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang valid dan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Lilifors Galat Taksiran diperoleh di kelas eksperimen Lhitung = 0,1017 {\ensuremath{<}} Ltabel = 0,190 dan di kelas kontrol Lhitung = 0,1433 {\ensuremath{<}} Ltabel = 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,58 {\ensuremath{<}} Ftabel 2,161, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung = 7,580 dengan Ttabel = 2,025 pada a = 0,05 maka Ho ditolak H1 diterima. Kesimpulan penelitian terdapat adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Taman Imani Iqra Jakarta Timur.}, author = {Utami, Nabilla Zahiroh and Khavisa Pranata, Khavisa} }