eprintid: 14654 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/54 datestamp: 2022-06-16 08:56:55 lastmod: 2022-06-16 08:56:55 status_changed: 2022-06-16 08:56:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Astuti, Wiji creators_name: Abd. A.Ghani, Rahman creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: rahman.ghani@uhamka.ac.id creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Hubungan antara Penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Penerima KJP pada SMP Negeri di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Kartu Jakarta Pintar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar abstract: Tesis ini bertujuan untuk membuktikan terdapatnya hubungan antara penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMP negeri di kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Hipotesis penelitian ini meliputi 1) Terdapat hubungan positif antara penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dengan hasil belajar. 2) Terdapat hubungan positif antara Motivasi belajar dengan hasil belajar. 3) Terdapat hubungan positif antara penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta KJP yang ada di SMP Negeri 208, SMP Negeri 106 dan SMP negeri 174 Jakarta yang menerima bantuan dana KJP pada tahun anggaran 2019 tahap 1, yang saat ini berada di kelas VIII. Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, jumlah populasi sebanyak 524 siswa, jumlah sampel 228 siswa dan uji coba instrumen sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, instrumen penelitian ini emnggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS20. Hasil Penelitian menunjukan 1) nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,938 dan hubungan kedua variabel tersebut signifikan berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan SPSS20 yang menghasilkan Fhitung = 1655,028 dengan p-value = 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (ry1) sebesar 0,938 dengan nilai R square sebesar 0,880 maka dapat disimpulkan bahwa varian Penggunaan KJP memiliki hubungan positif signifikan dengan Hasil Belajar sebesar 88%. 2) nilai koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,940 dan hubungan kedua variabel tersebut signifikan berdasarkan hasil uji statistik yang menghasilkan Fhitung = 1706,481 dengan p-value = 0,000< 0,05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (ry1) sebesar 0,940 dan R square sebesar 0,883 maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan positif signifikan dengan hasil belajar sebesar 88,3%. 3) nilai koefisien korelasi parsial ry1,23 = -0,100 dan ry2,13 = 0,190, yang juga memiliki p- value < 0,05. Hasil analisis dengan menggunakan aplikasi SPSS20, diperoleh harga R2 = 0,077, Fhitung = 859,109, db = (2,225), p-value = 0,000< 0,05 atau H0 ditolak. Dengan demikian “Penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar sebesar 0,884 atau 88,4%”. date: 2019-12-03 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA A.M, Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Andi (2012). Panduan Praktis SPSS20, Yogyakarta: wahana komputer Afriansyah, Anggi. Implementasi Program Kartu Jakarta Pintar di Prov. Dki Jakarta: Peluang dan Tantangan dalam pemenuhan keadilan sosial di bidang pendidikan. Jurnal Kependudukan Indonesia/Vol.12 No.1 Juni 2017. Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Putra. Badan Pusat statistik Provinsi DKI Jakarta, Statistik Kesejahteraan Rakyat Provinsi DKI Jakarta 2017 Berita Resmi Statistik, Tingkat Kemiskinan dan Ketimpangan Maret 2019 Provinsi DKI Jakarta No. 32/07/31/Th.XXI, 15 Juli 2019. Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. file:///C:/Users/PORTAL/Downloads/BRSbrsInd-20190715155809.pdf. BPS Provinsi DKI Jakarta. Jakarta dalam angka 2019. Buku Petunjuk Teknis Bantuan Biaya Personal Pendidikan melalui Kartu Jakarta Pintar. 2015. Depdiknas Edisi Ke-3, Cetakan ke dua. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Driana, E., Merawati, D., Ghani, A.R.A. 2018. “Evaluation of the implementasi of Jakarta Smart Card program in a private school in west Jakarta” Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 1(1) 1–19 . Ganda, Yahya. 2004. Petunjuk Praktis Cara Mahasiswa Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo. Gunarsa. 2004. Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Gunawan, Rudy. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Bandung: CV Alfabeta. Hadi, Sutrisno, 2015. Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hanfi ,Abu. 2007. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Mulyasa, 2006. Manajemen Berbasis Sekolah : Konsep, Strategis dan Implementasi, (Bandung:Remaja Rosdakarya). Murwani, Santosa. 2007. Statistika Terapan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Nadiroh, Farikhatul. Wahjoudi. 2016, Pengaruh Pemanfaatan Bantuan Dana Pendidikan dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012 Universitas Negeri Malang. Jurnal Jurusan Pend.Teknik elektronika.Fakultas Teknik. UNY Nurdin , Ali, 2019. “Implementasi Dana Kartu Jakarta Pintar (KJP). Sebuah analisis kebijakan pendidikan”. AlAmin : Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam. 2(1) Peraturan Daerah (Perda) No. 8 Tahun 2006. Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Pemprov DKI Jakarta. Pergub No. 141 Tahun 2016. Tentang Biaya Operasional dan Bantuan Biaya Personal Pendidikan. Jakarta: Pemprov DKI Jakarta. Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka 2019,Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, https://jakarta.bps.go.id diakses pada 5 Desember 2019 pukul 17.00 wib. Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Purwanto, Ngalim. 2003. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karyam. Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8. Sa’diyah, Laelatul. 2016. Pengaruh Penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) terhadap Motivasi Belajar Keluarga Miskin di SMP Negeri 50 Jakarta. Prodi PIPS FITK UIN Jakarta. Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajan. Bandung: Alfabeta. Sarwono, Jonathan. 2012.Path Analysis dengan SPSS: Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodaih. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Supardi, 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Buku Tentang Statistika Yang Paling Komprehensif. Jakarta: Ufuk Press Suralaga, Fadhilah dan Solicha. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Lemlit UIN Syarif Hidayatullah. Suryabarata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Syafaruddin.2008. Efektifitas Kebijakan Pendidikan : Konsep, Strategis Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: PT.RinelaCipta. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tilaar,H.A.R dan Riant Nugroho.2008. Kebijakan Pendidikan. Jakarta; Pustaka Pelajar. Undang-Undang Otonomi daerah yaitu UU Nomor 32 Tahun 2004. Tentang Pemerintah Daerah. Jakarta Pemprov DKI Jakarta. Undang-Undang RI. Nomor 20 Tahun 2004. Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: DepdiknaS. Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan. jakarta: Bumi Aksara. Valiant Lukad P S, Budi Tri S. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi.vol6, No. 1 Februari 2016 (111-120) https://journal.uny.ac.id/index.php/%20jpv/article/viewFile/8118/6872 Winanda, Tarisky, 2017. Pengaruh Beasiswa Bidikmisi terhadap prestasi mahasiswa melalui motivasi belajar di Universitas Maritim Raja Ali Haji, jurnal 2017 diakses pada 25 november 2019 pada pukul 19.45 wib Winarno, Budi. 2016. Kebijakan Publik di citation: Astuti, Wiji dan Abd. A.Ghani, Rahman dan Gunawan, Rudy (2019) Hubungan antara Penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Penerima KJP pada SMP Negeri di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14654/1/SPS_IPS_1509077033_WIJI%20ASTUTI.pdf