%X Tesis ini bertujuan untuk membuktikan terdapatnya hubungan antara penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMP negeri di kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Hipotesis penelitian ini meliputi 1) Terdapat hubungan positif antara penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dengan hasil belajar. 2) Terdapat hubungan positif antara Motivasi belajar dengan hasil belajar. 3) Terdapat hubungan positif antara penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta KJP yang ada di SMP Negeri 208, SMP Negeri 106 dan SMP negeri 174 Jakarta yang menerima bantuan dana KJP pada tahun anggaran 2019 tahap 1, yang saat ini berada di kelas VIII. Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, jumlah populasi sebanyak 524 siswa, jumlah sampel 228 siswa dan uji coba instrumen sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, instrumen penelitian ini emnggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS20. Hasil Penelitian menunjukan 1) nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,938 dan hubungan kedua variabel tersebut signifikan berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan SPSS20 yang menghasilkan Fhitung = 1655,028 dengan p-value = 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (ry1) sebesar 0,938 dengan nilai R square sebesar 0,880 maka dapat disimpulkan bahwa varian Penggunaan KJP memiliki hubungan positif signifikan dengan Hasil Belajar sebesar 88%. 2) nilai koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,940 dan hubungan kedua variabel tersebut signifikan berdasarkan hasil uji statistik yang menghasilkan Fhitung = 1706,481 dengan p-value = 0,000< 0,05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (ry1) sebesar 0,940 dan R square sebesar 0,883 maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan positif signifikan dengan hasil belajar sebesar 88,3%. 3) nilai koefisien korelasi parsial ry1,23 = -0,100 dan ry2,13 = 0,190, yang juga memiliki p- value < 0,05. Hasil analisis dengan menggunakan aplikasi SPSS20, diperoleh harga R2 = 0,077, Fhitung = 859,109, db = (2,225), p-value = 0,000< 0,05 atau H0 ditolak. Dengan demikian “Penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar sebesar 0,884 atau 88,4%”. %A Wiji Astuti %A Rahman Abd. A.Ghani %A Rudy Gunawan %L repository14654 %D 2019 %K Kartu Jakarta Pintar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar %T Hubungan antara Penggunaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Penerima KJP pada SMP Negeri di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur %I UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA