eprintid: 14653 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/53 datestamp: 2022-06-16 08:56:42 lastmod: 2022-06-16 08:56:42 status_changed: 2022-06-16 08:56:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putra, Uut Waldiyas creators_name: Abd. A.Ghani, Rahman creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: rahman.ghani@uhamka.ac.id creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Gaya Mengajar Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Korelasi di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I) ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Gaya Mengajar, Pemanfaatan Sumber Belajar, minat belajar, Prestasi Belajar abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya mengajar guru, pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau. Yaitu: SMP Negeri 9, 10 dan 13 dengan jumlah populasi 449 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Samplingdengan sampel sebanyak 102 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan linieritas menggunakan analisis regresi ganda tiga prediktor dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Dari hasil pengolahan data, peneliti menemukan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya mengajar guru, pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Dengan persamaan regresi ganda tiga prediktor adalah Ŷ= 41,594 + 0,096 x1 + 0,287 x₂ + 0,060 x3. Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai koefisien korelasi parsial ry1,23 = 0,099; ry2,13 = 0,231; dan ry3.12 = 0,069 dengan p- value <0,05. Diperoleh harga R2 = 0, 108, Fhitung = 3,945, db; p-value = 0,011 < 0,05 atau 10,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya mengajar guru, pemanfaatan sumber belajar, dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. date: 2018-11-26 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdullah, Ramli. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA.Vol 12 No. 2. Abdullah, Ramli. 2014. Kontribusi Minat dalam Peningkatan Hasil Belajar Filsafat Pendidikan. Jurnal Mudarrisuna, Vol. 4 No. 1. Abdullah, Ramli. 2016. Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.Lantanida Journal. Vol. 4 No. 1. Abdurrahman,Mulyono. 2008. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rinekha Cipta. Agustina, Dewi. 2014. Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan Sumber Belajar Geografi SMA Negeri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi. Vol. 2 No. 1. Ahiri, Jafar., Abd. Rahman A. Ghani, & La Dunifa. 2017. Penilaian Autentik dalam Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Ali, Mohammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, Amtorumajah.2015.Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Outdoor Activity di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Vol 2. Nol. 1. Andriyani dkk, 2015. Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Minat Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA N 1 Karangayar. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF). Vol 6 No. 1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Putra. Baachandran, Taranky. 2015. Why Teachers Teach the Way They Do: Factors Influencing the Perceptual Teaching Styles of Teacher Candidates in Math Education. Artikel of University of Toronto. Bunyamin. 2017. Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi Muhammad Saw. Jakarta: Uhamka Press. Bunyamin, Fakih Samlawi.1998. Konsep Dasar IPS.Jakarta: Depdikubud. Dale H, Schunk, Pintrich, Paul R. and Meece, Judit L, 2012, Motivasi dalam Pendidikan, Jakarta: PT Indeks. Depdikbud, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka. Deswita, Atika Prama dkk. 2013. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X di SMKN 1 Sawahlunto Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Vol 2 No. 2. Djaali. 2000, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PPS UNJ. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Etika, Sona, Agoes Dariyo & Roswiyani P. Zahra. 2017. Persepsi Gaya Mengajar dan Prestasi Belajar Matematika pada Murid SD di Jakarta. Journal An-nafs. Vol. 2 No. 2 Desember 2017 Ghani, Abd. Rahman A. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS, Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogyakarta: Diva Press. Haryati, Mimin, 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press. Somantri, Numan. 2001. Mengagas Pembeharuan Pendidikan IPS, Bandung: Remaja Rosdakarya. Suasaningdyah, Endang. 2017. Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-layang Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik). Vol 2 Nomor 2. Subroto, Prawidi Wisnu. 2012. Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Mengajar, Motivasi Belajar,dan Disposisi Matematika Siswa Kelas 10 Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Depok. Jakarta: Tesis Sekolah Pasca Sarjana UHAMKA, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Sugiharto, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta. Sumaatmadja, Nursid. 1980. Metododologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni. Sumaatmadja, Nursid. 2006. Konsep Dasar IPS. Jakarta: UT. Supriadi. 2015. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol.3 No 2. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group. Susiani. 2016. Peningkatan Minat Dan Aktivitas Belajar Ips Menggunakan Media Wayang Kardus Pada Siswa Smp Negeri 2 Kedondong. Tesis. Program pascasarjana FKIP Universitas Lampung, Program Studi Pendidikan IPS. Taufani. 2008. Menginstal Minat Baca siswa. Bandung: Globalindo Universal Multikreasi. Undang-Undang RI. Nomor.14. Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas. Uno B, Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara. Winataputra, Udin S. Dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta. UT. Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Greasindo. Winkel, WS 1987. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia. Wirawan. 2012. Evaluasi: Teori, Model Standar, Aplikasi, dan Profesi. Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Teks. Jakarta: Rajawali Press. Zakariya, Muhammad Hisyam & Yayat Suharyat. 2012. Hubungan Gaya Mengajar dengan Profesionalitas Guru: Survey di SMK Teratai Putih Jakarta. Turats. Vol 8 No.1. Ziegler, Albert., Kimberley L. Chandler, Wilma Vialle, & Heidrun Stoeger. 2017. Exogenous and Endogenous Learning Resources in the Actiotope Model of Giftedness and Its Significance for Gifted Education. Journal for the Educational of the Gifted. Sage Publication. Vol. 12. Zulfiah, Anik. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Scrambble pada Materi Sistem koordinat. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.34 No 2. Gaya Mengajar citation: Putra, Uut Waldiyas dan Abd. A.Ghani, Rahman dan Gunawan, Rudy (2018) Gaya Mengajar Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Korelasi di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14653/1/SPS_IPS_1509077032_UUT%20WALDIYAS.pdf