TY - THES PB - UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14653/ AV - public N2 - Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya mengajar guru, pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau. Yaitu: SMP Negeri 9, 10 dan 13 dengan jumlah populasi 449 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Samplingdengan sampel sebanyak 102 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan linieritas menggunakan analisis regresi ganda tiga prediktor dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Dari hasil pengolahan data, peneliti menemukan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya mengajar guru, pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Dengan persamaan regresi ganda tiga prediktor adalah ?= 41,594 + 0,096 x1 + 0,287 x? + 0,060 x3. Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai koefisien korelasi parsial ry1,23 = 0,099; ry2,13 = 0,231; dan ry3.12 = 0,069 dengan p- value <0,05. Diperoleh harga R2 = 0, 108, Fhitung = 3,945, db; p-value = 0,011 < 0,05 atau 10,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya mengajar guru, pemanfaatan sumber belajar, dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. A1 - Putra, Uut Waldiyas A1 - Abd. A.Ghani, Rahman A1 - Gunawan, Rudy M1 - masters KW - Gaya Mengajar KW - Pemanfaatan Sumber Belajar KW - minat belajar KW - Prestasi Belajar ID - repository14653 TI - Gaya Mengajar Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Korelasi di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Selatan I) Y1 - 2018/11/26/ ER -