eprintid: 14652 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/52 datestamp: 2022-06-24 02:39:56 lastmod: 2022-06-24 02:39:56 status_changed: 2022-06-24 02:39:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prayogi, Yoga creators_name: Andi, Andi title: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Siswa Sejarah Di SMA ispublished: pub subjects: L1 divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan tipe the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini mencangkup seluruh peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan berpikir kritis matematis dan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran maka diuji coba di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk normalitas dan uji Fisher untuk homogenitas. Analisis data skor kemampuan hasil belajar menggunakan uji-t Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di Sma”dengan kriteria sedang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education Alpian, M., & Handoko, Y. (2017). Model Pembelajaran Team Teaching Collaborative sebagai Alternatif Model Pembelajaran Statistika Pada Program Studi PAUD. Jurnal Golden Age Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah Mujyati, N., & Sumiyatun, S. (2016). Kontruksi pembelajaran sejarah melalui problem based learning (pbl). HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Novita, M. (2017). Modul Sejarah Perlawanan Masyarakat Lampung Abad Ke-19 Berbasis Problem Based Learning (PBL). Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya Rosdiana, R., Djono, D., & Musadad, A. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inquiri Dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Studi Eksperimental Kelas Xi Sma Negeri Se Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2015/2016). HISTORIKA Suryadin, S., Merta, I. W., & Kusmiyati, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditorial Kinestetik (VAK) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pijar Mipa Surapranata, S. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sudjana. (2005). Metoda Statistika Edisi 6. Bandung: Tarsito citation: Prayogi, Yoga dan Andi, Andi (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Siswa Sejarah Di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14652/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075004_YOGA%20PRAYOGI.pdf