relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14652/ title: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Siswa Sejarah Di SMA creator: Prayogi, Yoga creator: Andi, Andi subject: L Education (General) description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan tipe the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini mencangkup seluruh peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan berpikir kritis matematis dan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran maka diuji coba di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk normalitas dan uji Fisher untuk homogenitas. Analisis data skor kemampuan hasil belajar menggunakan uji-t Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di Sma”dengan kriteria sedang. date: 2020 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14652/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075004_YOGA%20PRAYOGI.pdf identifier: Prayogi, Yoga dan Andi, Andi (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Siswa Sejarah Di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.