eprintid: 14650 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/50 datestamp: 2022-06-24 02:39:45 lastmod: 2022-06-24 02:39:45 status_changed: 2022-06-24 02:39:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Noviansyah, Andre creators_name: Merina, Merina creators_id: andrenovi1996@gmail.com title: Perkembangan Masjid Nabawi Sebagai Aktivitas Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah SAW (Dari Awal Hijrah Ke Madinah Sampai Wafatnya Rasulullah SAW) ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perkembangan aktivitas di masjid Nabawi khususnya aktivitas dalam pendidikan Islam di masa Rasulullah Saw. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Historis dengan menampilkan berbagai sumber primer maupun sumber sekunder. Dalam hal ini masjid Nabawi merupakan sebuah tempat yang suci dimana banyak berbagai aktivitas yang dilakukan Rasulullah Saw dan umatnya. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan pada masa Rasulullah Saw mencakup berbagai aspek, mulai dari aspek keagamaan, sosial, politik, dan yang bersifat kenegaraan ataupun pemerintahan. Masjid Nabawi juga merupakan tempat yang sentral yang mana sebagai pusat peradaban umat Islam dan pusat pemerintahan umat Islam. Rasulullah Saw memimpin dalam keberlangsungan dalam segala aspek dan menjadi pemimpin negara Islam di Madinah. Di sisi lain dalam hal pendidikan Islam, Rasulullah Saw terus menekankan pada kemampuan umat Islam dalam menuntut ilmu pendidikan Islam. Rasulullah Saw juga memimpin langsung dalam proses pelaksaan pendidikan Islam. Rasulullah Saw memberi ajaran pendidikan Islam dari berbagai bidang seperti bidang keagamaan, akhlak, kesehatan, dan sosial politik. Dengan demikian pendidikan Islam yang terjadi di masjid Nabawi menjadikan pusat peradaban Islam yang sangat baik dan menjadi titik awal daripada perkembangan ilmu pengetahuan umat Islam. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Jurnal Arsyad, A. R. (2018). Pelayanan Masjid Kota (Masjid Sigi Lamo Kesultanan Ternate). Educandum, 85-87. Arsyad, J. (2016). Aktivitas Rasulullah Sebagai Pendidik. Nizhamiyah, 24-32. Chaeruddin. (2013). Pendidikan Islam Masa Rasulullah SAW. Jurnal Diskursus Islam, 422. Fathurrahman. (2015). Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Masa Klasik. Jurnal Ilmiah Kreatif, 3. Hafiddin, H. (2015). Pendidikan Islam Pada Masa Rasulullah. Jurnal Tarbiya, 18. Kurniawan, S. (2014). Masjid Dalam Lintasan Sejarah Umat Islam. Jurnal Khatulistiwa - Journal of Islamic Studies, 169. Kuswadi, A. (2015). Urgensi Dakwah Nabi Muhammad SAW Dan Pendidikan Islam. Istinbath, 54-55. Mahfudin, R. (2017). Konsep Pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Studi Al Qur'an, 144. Mahsun, A. (2013). Pendidikan Islam Dalam Arus Globalisasi. Episteme, 275. Mubin, A. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Islam Jaman Klasik (Di Masa Rasulullah SAW Dan Era Kekhalifahan). Rausyan Fikr, 25. Muhajir. (2003). Madrasah di Mekkah dan Madinah. Jurnal Al Qalam, 194-195. Mulyono. (2017). Rekonstruksi Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Pendidikan Islam. Muaddib, 18. Nashir, A. (2007). Buya Hamka dan Mohammad Natsir Tentang Pendidikan Islam. At Ta'dib, 70. Nasution, F. (2013). Rasulullah SAW Sebagai Shahibu Ad-Dakwah (Analisis Sejarah Dakwah Pada Masa Rasulullah SAW). Hikmah, 148. Nur, A. M. (2014). Problematika Pendidikan Islam. Al-Qalam, 4. Nurjamilah, C. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid Dalam Perspektif Dakwah Nabi SAW. Islamic Studies And Humanities, 103. 67 Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. Studi Pendidikan Islam, 227. Rahmat, A. (2020). Melacak Khazanah Pendidikan Pada Masa Nabi Muhammad SAW (Analisis Sosial Terhadap Strategi Pembelajaran). Kariman, 61-62. Rosadi, B. F. (2014). Masjid Sebagai Pusat Kebudayaan Islam. Jurnal An Nur, 130. Siregar, L. M. (2016). Upaya Pendidikan Islam Pada Masa Awal Nabi Muhammad SAW. Al-Thariqah, 110-111. Solichin, M. M. (2008). Pendidikan Islam Klasik. Tadris, 194. Sunaryo, A. (2017). Masjid Dan Ideologisasi Radikalisme Islam: Menyoal Peran Masjid Sebagai Media Transformasi Ideologi. Akademika, 230-232. Surawardi. (2015). Sistem Dan Kelembagaan Pendidikan Islam Periode Madinah. Jurnal: Management of Education, 96. Suriadi. (2017). Pendidikan Islam Masa Rasulullah SAW. Jurnal Pendidikan Islam, 141-142. Syafi, M. (2011). Bangunan Masjid Pada Masa Nabi dan Implikasinya Terhadap Jama'ah Masjid Perempuan. Jurnal Musawa, 90. Tarmizi, M. R. (2011). Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Islam di Malaysia. At Ta'dib, 59. Usman, A. H. (2019). Analisis Hadis Perlumbaan Membina Masjid Dalam Drama Tanah Kubur . Journal Hadis, 3. Wahyudiana, D. d. (2014). Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk Membentuk Peradaban Islam. Islamadina, 4. Buku Daulany, H. P. (2019). Dinamika Dan Pemikiran Pendidikan Islam. In A. Rasyidin, Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah Saw: Sejarah Dan Pemikiran (p. 87). Medan: Perdana Publishing. Ghani, M. I. (2003). Sejarah Masjid Nabawi. Madinah: Menteri Agama Republik Indonesia. Irawan, M. (2015). Keajaiban Masjid Nabawi. Tuban: Spasi Media. Mahrus, S. K. (2013). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam . Jogjakarta: Ar Ruz Media. 68 Misrawi, Z. (2009). Madinah: Kota Suci, Piagam Madinah, dan Teladan Muhammad SAW. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara. Mubarakfuri, S. A. (2008). Sirah Nabawiyah. Jakarta: Pustaka Al Kautsar. Nasution, A. G. (2017). Pendidikan Islam Dalam Catatan Sejarah. Yogyakarta: Magnum. Thoha, A. (2010). Sejarah Pendidikan Islam. Gresik: Insan Madani. Zubaidah, I. E. (2014). Sejarah Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Zuhairni, d. (2015). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Situs Online Alamsyah, I. E. Potret Pendidikan Pada Masa Rasulullah SAW. Diambil 16 Agustus 2020, dari laman https://republika.co.id/berita/retizen/surat-pembaca/pr2s6c349/potret-pendidikan-pada-masa-rasulullah-saw. Zaeni, A. Makalah Potret Pendidikan Islam Era Rasulullah SAW Hingga Dinasti Abbasiyah. Diambil 16 Agustus 2020, dari laman https://aang-zaeni.blogspot.com/2016/10/makalah-potret-pendidikan-islam-era.html. Wawancara Hakim, S. H. (2020). Wawancara Tentang Peran dan Fungsi Masjid Nabawi di Masa Rasulullah Saw. Melalui Rekaman Suara. Skripsi Herawati, P. (2019). Masjid Sebagai Wadah Pendidikan Luar Sekolah Kini Dan Masa Depan. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Imran, C. (2008). Masjid Sebagai Sentral Pemberdayaan Ekonomi Umat. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. citation: Noviansyah, Andre dan Merina, Merina (2020) Perkembangan Masjid Nabawi Sebagai Aktivitas Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah SAW (Dari Awal Hijrah Ke Madinah Sampai Wafatnya Rasulullah SAW). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14650/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1601075001_ANDRE%20NOVIANSYAH.pdf