eprintid: 14649 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/49 datestamp: 2022-06-16 08:56:37 lastmod: 2022-06-16 08:56:37 status_changed: 2022-06-16 08:56:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tunarso, Tunarso creators_name: Qodariah, Lelly creators_name: Bandarsyah, Desvian creators_id: lelly_qodariah@uhamka.ac.id creators_id: desvian_bandarsyah@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-3467-2262 title: Hubungan Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah dengan Peningkatan Profesionalitas Guru dalam Pembelajaran IPS SD Negeri di Satu Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Profesinalitas Guru abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari Hubungan Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah dengan Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pembelajaran IPS SD Negeri di Satu Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Hasil ini menunjukkan: (1) Hubungan Komite Sekolah dengan Profesionalitas Guru, (2) Hubungan Peran Kepala Sekolah dengan Profesionalitas Guru, (3) Hubungan antara Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah Secara Bersama-sama dengan Profesionalitas Guru.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif analistis, kuantitatif dalam pengertian bahwa dalam penelitian ini dilakukan pengujian statistik, khususnya untuk mengukur seberapa besar kaitan atau kekuatan hubungan diantara variabel-variabel yang diteliti. Bersifat deskriptif analistis maksudnya bahwa penelitian ini tidak saja ingin menggambarkan secara jelas mengenai hubungan peran komite sekolah dan peran kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran IPS Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur. Penelitian ini penulis menentukan populasi guru Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi sebanyak 19 SDN yang berjumlah 254 guru. Dalam penelitian ini penulis menentukan populasi sebanyak 254 guru. Dari populasi sebanyak 254 guru dengan menggunakan propotional random sampling (Slovin), hal ini dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah 155 guru Sekolah Dasar Negeri.Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil guru dari setiap sekolah yangsudah ditentukan sebagai sampel.Hasil penelitian sebagai berikut: 1). Hubungan Peran Komite Sekolah dengan Profesionalitas Guru, dimana koefisien korelasi sebesar 0,642 menghasilkan thitung = 10,35 lebih besar dari ttabel = 2,61 pada α = 0,01. 2). Hubungan Peran Kepala Sekolah dengan Profesionalitas Guru, dimana koefisien korelasi sebesar 0,689 menghasilkan thitung = 11,76 lebih besar dari ttabel = 2,61 pada α = 0,01. 3) Hubungan antara Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah Secara Bersama-sama dengan Profesionalitas Guru dengan Koefisien korelasi ganda kedua variabel bebas dengan profesionalitas guru (Ry.12) = 0,766. Hasil uji signifikannya diperoleh harga Fhitung (107,89) > Ftabel (4,75) pada α =0,01. Berdasarkan hasil tersebut terdapat hubungan positif antara peran komite sekolah dan peran kepala sekolah secara bersama-sama dengan profesionalitas guru. date: 2019-12-03 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan, Azas dan filsafat pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Akert, Nancy and Barbara N. Martin, 2012. The Role of Teacher Leaders in School Improvement through the Perceptions of Principals Teachers, Journal International of Education Vol. 4, No 4, hlm.7. Amirin, Tatang M. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. h.29 Anis Baswedan. 2016. Pemaparan Hasil Ujian SMP 2016, Jakarta: Detiknews. (https://news.detik.com/.../), diakses tanggal 24 September 2017. Anwar, Us.Kasful. 2015. Jaminan Mutu dan Upaya Pengembangan Profesionalitas Guru pada abad Pengetahuan Jurnal. Asmarani, Nuraeni. 2014. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar, Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1. Bafadal. 2009. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara. Baharuddin dan Moh Makin. 2010. Manajemen Pendidikan Islam;Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul, Malang: UIN Maliki Press. Bambang Suteng Sulasmono dan Murjini. 2017. Evaluasi Kinerja Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Temanggung: Cakrawala Pendidikan, Februari 2017, XXXVI, No. 1. Bredeson, Paul V, and Olof Johansson. 2000. Principal’s Role in Teacher Professional Development, Journal of In-Service Education the School Volume 26, Number 2, 2000. Cees A, Klaassen. 2000. Teaching and Teacher Education, an International Journal of Reaserch and Studies (Vol. 18, 28 Agustus 2000) Christopher. 2006. Teacher Professionalism, Liberty: School Education Faculty Publikcations. Danim, Sudarman. 2006. Profesi Kependidikan, Bandung : Alfabeta. Daryanto. 2014. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta. Dede Rosyada,www.uinjkt.ac.id > Kolom Rektor,diakses tanggal 13 September 2017. Fattah, Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy), hlm. 118 Febriandini, A. L. 2016. Peranan Kepemimpinan Instruksional dalam Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian . Volume 20, No. 1, 69-80 Ghani, Abd. Rahman. 2014. Metodologi Penelitian tindakan Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Gunawan, Rudy. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS, Jakarta: Alfabeta. Haryanto, Agus dkk. 2008. Komite Sekolah Sejarah dan Prospeknya di Masa Depan, Yogyakarta: Hikayat Publishing. Hilda, Borko, dll, Teaching and Teacher Education, an International Journal of Reaserch and Studies (Vol. 18, 28 Agustus 2000) Hilman Hidayat, http :// www.smun8.net/,2013 dalam Agus Supriadi, JPII Vol.1, Nomor 2, April 2017. Karwati, Euis, dan Priansa, Donni Junni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah : Memangun Sekolah yang Bermutu, Bandung : Alfabeta. Kemendikbud (Kementerian pendidikan dan Kebudayaan). 2013. Pengembangan Kurikulum 2013, Jakarta: Kememterian Pendidikan dan Kebudayaan. Khan, M.,et. al.. 2013. Impact of School Councils on Head Teachers Efficiency, Journal of Educational Research Dep of Education IUB Pakistan, 16 (1). Khuluqo, El Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Maharani Cahyaningsih. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Guru di SMA Negeri 14 Samarinda, Samarinda: eJurnal Administrasi Negara, Volume 5, No. 1. Makmun, Sumadi, Ambarita, A. 2017. Peran Komite Sekolah dalam Penigkatan Manajemen Mutu Pendidik ( Studi Kasus di SMK Negeri 2 Metro. Jurnal. FKIP.Unila.ac. id. Minsun Shin, 2012. Whole Teacher Crisis: Examining Pre-service Student Teacher Perceptions of Professionalism, Journal International of Education Vol. 4, No 4, hlm.50. Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara. Jurnal Pendidikan Vokasi. ----------------. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya. Mustadi, Ali dkk. 2015. “Evaluasi Penerapan Program Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Dasar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 8(I). Hlm. 16-24 Nawawi, Ahmad. 2010. Makalah Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan Inklusif. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/ 19541207181121 AHMADNAWAWI/Peran_serta_Masar akat_dlm_Implementasi_ Pend_Inklusif.pdf Nurharani Selamat, Nur Zahira Samsu, dan Nur Shaminah Mustafa Kamalu. 2013. The Impact of Organizational Climate on Teachers’ Job Performance, Malaysia: eJurnal Educational Research Vol. 2, No. 1. Permendikbud Nomor: 0296/U/1996 tentang Penugasan Guru Pegawai Negeri Sipil sebagai kepala sekolah. Permendikud Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Repulik Indonesia no 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah pasal 1 butir 2). Rachman, Huriah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS, Bandung: Alfabeta. Ritonga, P.,Siddik, D., Khadijah. 2017. Urgensi Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran di Mis Nurul Siti Aisyah Ishak Delitua. Jurnal Uinsu.ac.id. Edu Religia: Vol. 1, No. 3. hlm.478. Rohayati, Tri Sudjarwo, Riswanti Rini. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Lampung: Tesis Univeritas Lampung. Sagala, Syaiful. 2007. Manajamen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. ----------------------. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. Samino, Kepemimimpinan Pendidikan, (Solo: Firuz Media, 2012 Useandi, Yandi. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap kinerja Guru serta implikasinya Terhadap Presttasi Lulusan di SMA Negeri 22 Kota Bandung. Bandung. Jurnal Unpas. Waluyo, Gunawan Eko Hadi, Samsul. 2014. Pengaruh Penerapan MBS, Pengelolaan Pembelajaran dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SD/MI. Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Wardoyo, B. S., 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Keaktifan Komite Sekolah, Dan Iklim SekolahTerhadap Kinerja Guru Smp Negeri Di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume III, Nomor 3. Zamroni, 2011. Pendidikan Demokrasi pada pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Gavin Kalam. Zamroni, 2016, Kultur Sekolah, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama. Zuryati, Djaelani, Usman,N. 2015. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SDN 7 Muara Dua Lhouksuemawe, Aceh: Jurnal Administrasi Pendidikan PascasarjanaUniversitas Syiah Kuala Volume 3, No. 2. DOKUMEN Jabaran UUD 1945 dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003 Pasal 3. UUSPN No. 20, Tahun 2003 Pasal 56 Ayat 3. Permendikbud No. 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah. Undang-Undang Guru dan Dosen. Hubungan citation: Tunarso, Tunarso dan Qodariah, Lelly dan Bandarsyah, Desvian (2019) Hubungan Peran Komite Sekolah dan Peran Kepala Sekolah dengan Peningkatan Profesionalitas Guru dalam Pembelajaran IPS SD Negeri di Satu Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14649/1/SPS_IPS_1509077031_TUNARSO.pdf