eprintid: 14641 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/41 datestamp: 2022-06-24 02:43:06 lastmod: 2022-06-24 02:43:06 status_changed: 2022-06-24 02:43:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aryati, Ika Fitra creators_name: Baadilla, Irwan creators_id: irwan@uhamka.ac.id title: Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Starts With a Question Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV di SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengenali hubungan model pembelajaran kooperatif learning starts with a question dengan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta. Di dalam penelitian ini terddapat subjek yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 55 partisipan peserta didik serta 5 orang guru. Metode yang digunakan dalam pengumpulan informasi merupakan memakai uji formatif, lembar observasi guru, catatan lapangan serta dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif dengan memakai tata cara penelitian korelasi product moment. Dengan subjek penelitian merupakan guru kelas IV. Tata cara pengumpulan informasi yang digunakan merupakan angket serta dokumentasi. Pada perolehan hasil angket yang sudah diisi oleh guru kalau 80% guru sering menggunakan model pembelajaran serta 20% memakai model pembelajaran. Pada perolehan penilaian partisipan didik yang telah bisa menggapai KKM sebanyak 48 peserta, dengan persentase sangat baik 51% (28), baik (20%), serta yang belum menggapai KKM sebanyak 7 partisipan didik, dengan presentasi 7% (4), kurang 5% (3). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan koefisien korelasi ( r hitung) r tabel( 2, 14 1, 99) dengan taraf signifikansi sebesar 5% dengan jumlah N=60. Koefisien korelasi tersebut mengindikasikan terdapatnya ikatan yang positif antara model pembelajaran kooperatif learning starts with a question terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta tahun ajaran 2019/2020. Hal ini mempunyai makna kalau tiap peningkatan variabel model pembelajaran kooperatif learning starts with a question akan mempengaruhi peningkatan variabel kemampuan membaca pemahaman. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrahman, M. (2010,211). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Badan, A. (2007). Pengertian Membaca Pemahaman Menurut Para Ahli. Barliana, Lutfah (2015, 3) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Cerita Pendek Yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkatkan Keterampilan Menyimak Bagi Peserta Didik Pendidikan Menengah, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Bahasa Indonesia, Vol. 4, No. 1 Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. FaridaRahim. (2007,16). Pelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Gumono. (2014, 201-202). Profil Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar di Provinsi Bengkulu. Lentera Pendidikan,vol 17. Halimah, A. (2015). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Auladuna,vol 2, 206. Harum, Ashari, Bella., Mulia, Wibawa, Berto., dan Fadil, Persada, Satria. (2017, 18), Analisis Deskriptif dan Tabulasi pada Konsumen Online shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya), JURNALSAINS DAN SENI ITS Vol. 6, No. 1 IndiHarsono. (2017). MakalahMinatBaca. IndiHarso.Blogspot.com/2009/06/makalahminatbaca.html, 06. https://www.slideshare.net/Hafizah2/9metode-merubah-nilai-kualitatif-menjadi- kuantitatif Khair, Ummul (2018, 85-87) Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 1 Kulsum, Ummu (2017, 2 – 3) Penerapan Model Pembelajaran Probing Question (PPQ) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Kelas Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal JPSD, Vol. 4 No. 1 Musthafa, F. (2005,31). Agar Anak Anda Gemar Membaca. Bandung: Mizan. Muhafidin (2016,67) Pembelajaran Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Cidempet Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu, Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 1 Nurbiana Dhieni, d. ,. (2007). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka. Prabowo, Aan dan Heriyanto, S.Sos., M.IM (2013, 1- 9) Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-BOOK ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 SEMARANG Permana, Putera, E (2015, 135), Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 2 Rahim, F. (2007,11). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Rahim, F. (2007,3). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasa. jakarta : Bumi Aksara. Rahim, F. (2007,53). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Supriadin (2016, 151) Identifikasi Penggunaan Kosakata Baku Dalam Wacana Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VII DI SMP NEGERI 1 WERA KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2013/2014, Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 2, No. 2 Sova,Puspidalia, Yuentie (2012, 124-125) Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD dan Alternatif Pemecahannya, Cendekia, Vol. 10, No. 2 USAID. (2014). Pembelajaran Literasi Kelas Awal Di LPTK. Yanto, Nafri,. Suhartono., dan Kuriawan, Rio (2018, 76-78), Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIVERSITAS BENGKULU, Jurnal Ilmiah Korpus, Vol. II, No. 1 citation: Aryati, Ika Fitra dan Baadilla, Irwan (2020) Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Starts With a Question Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV di SDN Mangga Besar 15 Pagi Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14641/1/FKIP_PGSD_1601025123_IKA%20FITRA%20ARYATI.pdf