eprintid: 14640 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/40 datestamp: 2022-06-24 02:42:51 lastmod: 2022-06-24 02:42:51 status_changed: 2022-06-24 02:42:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dhini, Nur Sari Rama creators_name: Kowiyah, Kowiyah creators_id: nursarirahmadini@gmail.com creators_id: kowiyah_agil@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengetahui pengaruh kemampuan literasi Matematika siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di MI Al- Wathoniyah 14 jakarta utara. Meode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment dengan Posttest-only grup desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian sebanyak 62 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas IV-A sebagai kelas control dan 30 siswa kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dari hasil Expet Judgement, dengan 20 soal uraian/essay di dapat 12 soal valid dan 8 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronback diperoleh rhitung> rtabel yaitu 0,909 > 0,514, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo< Lt yaitu 0,1239 < 0,1618, dan kelas eksperiment Lo< Lt yaitu 0,1085< 0,1566, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,868 < 1,848, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,315 > 2,000. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbasis zoom meeting terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.Sukarillah, Ratnamulyani, I., & Kusumadinata, A. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MELALUI WHATSAPP GROUP FEI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 3(2), 32. https://doi.org/10.24036/ld.v2i2.3525 Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). PEMBELAJARAN LITERASI.pdf. Anjani, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA KARYAWAN. Jurnal Komunikatio, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1211 Ariningtyas, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pemebelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 sd. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(April). Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2013). buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Astuti, W., & Indianto, R. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita Pada Pokok Bahasan Perkalian. JRR Tahun, 23(1). Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1). https://www.google.com/intl/id/forms/about/ Damayantie, A. (2018). Literasi Dari Era Ke Era. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–10. Permendiknas nomor 20 tahun 2003, 147 (2003). Haqien, D., Rahman, A. A., & Sejarah, P. (2020). PEMANFAATAN ZOOM MEETING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. 5(1). Ihsan, N., Tiwow, V. A., & Saleh, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Monitoring Kegiatan Kuliah pada Program Studi Fisika Universitas Negeri Makassar. 2, 21–24. J, R. T., & Selpius, K. (2017). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Kelusitan Belajar. Kurniawati, H. F., & Diniyah, K. (2018). Buku Ajar Whatsapp Massanger Terhadap. www.unisayogya.ac.id Kusniati, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Melalui Penyelesaian Soal-soal Ekspresi Aljabar di SMP Negeri 1 Lambu Kibang. 91. Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1), 97–106. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942 Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Jurnal Kemempuan Literasi, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213 Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220 Pane, D. N., Fikri, M. EL, & Ritonga, H. M. (2018). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-COMMERSE DALAM JARINGAN (DARING) BERBANTUKAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Pangaribuan, T. R., Siagian, S., & Mursid, R. (2019). Kemampuan Menulis Teks Naratif Studi Kasus Korelasi Kecerdasan Emosional Dan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Menulis Narasi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(2), 208. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i2.12586 Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76. Putri, D., Lumban, V., Siregar, Y. P., & Siregar, A. Y. U. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Negeri 1 Tantom Angkola. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1), 32–41. Putri, E. R., Yuliati, S. R., & Hadi, W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI. Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88 Riadi, E. (2015). metode statistika.pdf. Rifka, A. (2015). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GROJOGAN TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111. Rizqina, Z. A., Adam, M., & Chan, S. (2017). Pengaruh Budaya Kerja, Kemampuan, Dan Komitmen Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas Sabang (Bpks). Magister Manajemen, 1(1), 59–69. Sholahudin, U. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SDN 03 Cimaung Serang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.637 Sugiyono. (2017). statistika untuk penelitian. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian. Suharsimi Arikunto. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.pdf (V). PT Bumi Aksara. Swatika, E., & Pujiono, S. (2015). budaya literasi di kalangan mahasiswa FBS UNY. 3(2), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121 Widiasworo, E. (2017). STRATEGI & METODE MENGAJAR SISWA DU LUAR KELAS.pdf. citation: Dhini, Nur Sari Rama dan Kowiyah, Kowiyah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14640/1/FKIP_PGSD_1601025119_NUR%20SARI%20RAMA%20DHINI.pdf