%0 Thesis %9 Bachelor %A Dhini, Nur Sari Rama %A Kowiyah, Kowiyah %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14640 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14640/ %X Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengetahui pengaruh kemampuan literasi Matematika siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di MI Al- Wathoniyah 14 jakarta utara. Meode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment dengan Posttest-only grup desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian sebanyak 62 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas IV-A sebagai kelas control dan 30 siswa kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dari hasil Expet Judgement, dengan 20 soal uraian/essay di dapat 12 soal valid dan 8 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronback diperoleh rhitung> rtabel yaitu 0,909 > 0,514, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo< Lt yaitu 0,1239 < 0,1618, dan kelas eksperiment Lo< Lt yaitu 0,1085< 0,1566, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,868 < 1,848, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,315 > 2,000. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbasis zoom meeting terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara.