@phdthesis{repository14640, year = {2020}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka}, title = {Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengetahui pengaruh kemampuan literasi Matematika siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di MI Al- Wathoniyah 14 jakarta utara. Meode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment dengan Posttest-only grup desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian sebanyak 62 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas IV-A sebagai kelas control dan 30 siswa kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dari hasil Expet Judgement, dengan 20 soal uraian/essay di dapat 12 soal valid dan 8 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronback diperoleh rhitung{\ensuremath{>}} rtabel yaitu 0,909 {\ensuremath{>}} 0,514, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo{\ensuremath{<}} Lt yaitu 0,1239 {\ensuremath{<}} 0,1618, dan kelas eksperiment Lo{\ensuremath{<}} Lt yaitu 0,1085{\ensuremath{<}} 0,1566, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung {\ensuremath{<}} Ftabel yaitu 0,868 {\ensuremath{<}} 1,848, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung{\ensuremath{>}} ttabel yaitu 2,315 {\ensuremath{>}} 2,000. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbasis zoom meeting terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14640/}, author = {Dhini, Nur Sari Rama and Kowiyah, Kowiyah} }