eprintid: 14638 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/38 datestamp: 2022-06-16 08:56:24 lastmod: 2022-06-16 08:56:24 status_changed: 2022-06-16 08:56:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SARDIYO, R. creators_name: Suprapto, Ch. creators_name: Bandarsyah, Desvian creators_id: desvian_bandarsyah@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-3467-2262 title: Pengaruh latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar IPS abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas 6 Sekolah Dasar Negeri yang berada di wilayah Kelurahan Duren Jaya, Kecematan Bekasi Timur, Kota Bekasi. sebanyak 4 SDN yang berjumlah 165 siswa tahun ajaran 2018 – 2019. Data penelitian dianalisis dalam dua bentuk yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskripsi data dilakukan dalam bentuk perhitungan statistik dasar seperti nilai rata-rata, median, modus, simpangan baku, varians,nilai minimum, nilai maksimum, total skor, tabel distribusi frekuensi dan histogram. Analisis inferensial terdiri dari uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Pengujian persyaratan analisis meliputi pengujian normalitas galat taksiran menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian korelasi dan regresi.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif Prestasi Belajar IPS atas Lalar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dengan persamaan regresi 3 X ˆ = 10,83 + 0,18X1, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 20,60 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada α = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 0,97 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;29:86) sebesar 1,60 pada α = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear dapat diterima. (2) terdapat pengaruh positif Belajar IPS atas Motivasi Belajar dengan persamaan regresi 3 X ˆ = 8,04 + 0,20X2, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 21,38 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada α = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 0,97 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;26:89) sebesar 1,62 pada α = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear dapat diterima. (3) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar atas Lalar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Persamaan regresi 2 X ˆ = 58,12 + 0,27X1, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 10,04 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada α = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 1,24 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;29:86) sebesar 1,60 pada α = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear dapat diterima. date: 2019-12-03 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers Adi, Rianto. 2010. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara Ahiri, Jafar ; Ghani, Abd. Rahman A. dan Dunifa, La. 2017. Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA PREES Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP Basrowi. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. ISSN 1829-8028 Vol 7 No 1 Hal 58-81. Chang, Wei-Lung, 2008. Influence of Family Communication Structure and Vanity Trait on Consumption Behaviour: A Case Study of Adolescent Students in Taiwan. Journal of American Academy of Business, Cambridge. Hollywood, March 2008, 43, 170. Dalyono, 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta. Damsar. 2012. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rawamangun Djamal, Sobron Nur, 2016. Pengaruh Pola Asuh, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Negeri 1 Kertek, Wonosobo.Tesis. Universitas PGRI Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Djamara, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta Engweiler, L. A., 2005. The influence of socioeconomic status on academic achievement. Paper presented at first annual symposium graduate research and scholarly projects, April 22, Wichita State University, USA. Wijajanta, Bambang. 2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi Kelas X, Bandung: PT Citra Praya. Yudhawati, Ratna dan Dany Haryanto. 2011. Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka. Siska Eko Mawarsih, Susilaningsih, &Nurhasan Hamidi. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. Jurnal Pendidikan UNS (Nomor 3). h. 1-13. Zuhaira Laily Kusuma. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014.Economic Education Analysis Journal4(1) Hlm. 164-171. Egunsola, A. O. E. (2014). Influence of home environment on academic performance of secondary school students in agricultural science in adamawa state Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education, 4(4): 46-53. Sedaghat, M., Alireza, A., Elaheh, H. and Hamidreza, H. (2011). Motivation, cognitive engagement, and academic achievement. Journal of Procedia Social and Behavioral Sciences, 15: 2406-10. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor –Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta Ahmadi, Abu. 2002. Psikologi Sosial. Rineka Cipta. Jakarta. Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rodríguez Izquierdo, r.(2012): «Éxito académico de los estudiantes inmigrantes: factores de riesgo y de protección», Educación XX1,13(1), pp. 101-123. citation: SARDIYO, R. dan Suprapto, Ch. dan Bandarsyah, Desvian (2019) Pengaruh latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14638/1/SPS_IPS_1509077026_SARDIYO.pdf