TY - THES TI - Pengaruh latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi AV - public UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14638/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas 6 Sekolah Dasar Negeri yang berada di wilayah Kelurahan Duren Jaya, Kecematan Bekasi Timur, Kota Bekasi. sebanyak 4 SDN yang berjumlah 165 siswa tahun ajaran 2018 ? 2019. Data penelitian dianalisis dalam dua bentuk yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskripsi data dilakukan dalam bentuk perhitungan statistik dasar seperti nilai rata-rata, median, modus, simpangan baku, varians,nilai minimum, nilai maksimum, total skor, tabel distribusi frekuensi dan histogram. Analisis inferensial terdiri dari uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Pengujian persyaratan analisis meliputi pengujian normalitas galat taksiran menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian korelasi dan regresi.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif Prestasi Belajar IPS atas Lalar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dengan persamaan regresi 3 X ? = 10,83 + 0,18X1, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 20,60 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada ? = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 0,97 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;29:86) sebesar 1,60 pada ? = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear dapat diterima. (2) terdapat pengaruh positif Belajar IPS atas Motivasi Belajar dengan persamaan regresi 3 X ? = 8,04 + 0,20X2, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 21,38 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada ? = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 0,97 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;26:89) sebesar 1,62 pada ? = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear dapat diterima. (3) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar atas Lalar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Persamaan regresi 2 X ? = 58,12 + 0,27X1, untuk uji signifikansi diperoleh Fhitung 10,04 lebih besar dari pada Ftabel (0,01;1:115) 6,86 pada ? = 0,01. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi dinyatakan sangat signifikan. Untuk uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 1,24 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05;29:86) sebesar 1,60 pada ? = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka sebaran titik yang terestimasi membentuk garis linear dapat diterima. KW - Motivasi Belajar KW - dan Prestasi Belajar IPS ID - repository14638 A1 - SARDIYO, R. A1 - Suprapto, Ch. A1 - Bandarsyah, Desvian Y1 - 2019/12/03/ PB - UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA M1 - masters ER -