eprintid: 14636 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/36 datestamp: 2022-06-24 02:40:55 lastmod: 2022-06-24 02:40:55 status_changed: 2022-06-24 02:40:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sukowati, Ambar creators_name: Nuriadin, Ishaq creators_id: ambarsukowati@yahoo.co.id title: Pengaruh Media Puzzle Bangun Datar Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV di SDN Rambutan 06 ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan media puzzle bangun datar dalam pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV di SDN Rambutan 06. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas IV SDN Rambutan 06 pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 54 siswa dari kelas IV A dan kelas IV B. Teknik pengambilan sampel menggunakan model sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 5 soal. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 25 for Windows Version. Berdasarkan hasil post-test, diperoleh bahwa hasil rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan media puzzle bangun datar (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang tidak menggunakan media puzzle bangun datar (kelas kontrol). Rata-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 27,89 dan kelas kontrol sebesar 18. Selain itu, hasil perhitungan uji-T atau uji hipotesis dengan menggunakan teknik Paired Sample t-Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,00. Sehingga, Ho ditolak dan H₁ diterima dengan nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,00 < 0,05. Karena H₁ diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media puzzle bangun datar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV di SDN Rambutan 06 Tahun Pelajaran 2019/2020. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.N, S., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, January, 1–5. Alawiyah, W., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Bangun Datar di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 118–129. Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 57. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p57-67 Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015 Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.321.8 Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89 Elan, Muiz, D. A., & Feranis. (2017). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 66–75. Fitroh, S. F., & Mardiyah, S. (2015). Efektifitas Media Puzzle Siput Dalam Pengembangan Pembelaja ran Matematika Pada AUD. PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 50–56. Handayani, U. F., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi ‘PISA.’ Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 143. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12109 Khomsoh, R., & Gregorius, J. (2013). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–11. Kingry, M. A., Havard, B., Robinson, R., & Islam, M. (2015). Instructional Fading and Student Performance in Principles of Accounting Instruction. Journal of Educational Technology Systems, 44(1), 53–68. https://doi.org/10.1177/0047239515598519 Kurniawati, N. (2018). Kreatif Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prisma, VII(1), 99–106. Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166 Mastur, M. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10131 Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025 Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69 Nasution, T. K., Surya, E., Asmin, & Sinaga, B. (2017). An Analysis of Student ’ s Mathematical Creative Thinking Ability Senior High School on Geometry. Ijariie, 3(2), 3860–3866. Ni Kadek Tania Permatasari, D. P. P., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2), 152. https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15324 Parman, A. (2018). Meningkatkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Roda Puzzle. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 88–95. Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV Sarnu Untung. Poncojari Wahyono, H. Husamah, A. S. B. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, Vol 1(Nomor 1), 51–65. Rahmani, W., & Nurbaiti, W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Jurnal Ilmiah PGSD, 12, 131–136. Rahmawati, S., & Kamaludin, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Styrobon Terhadap Kreativitas Berpikir Dan Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 112–122. Ridlo, S. (2018). Creative Thinking Analysis, Motivation and Concept Mastery on Learning of Cooperative Discovery Model in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 48–56. Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The Epidemiology And Pathogenesis Of Coronavirus Disease (COVID-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity, 109(March), 102433. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433 Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Universitas Katolik Soegijapranata. Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79 Suastika, K. (2017). Mathematics Learning Model of Open Problem Solving to Develop Students’ Creativity. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 569–577. Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403 Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif, dan R&D). Alfabeta. Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. CV WACANA PRIMA. U.S., S. (2012). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Formatif, 2(3), 248–262. Wati, E. W. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visul-Audio Visul-Komputer-Power Point-Internet-Interactive Video (A. Jarot (ed.)). Kata Pena. Wicaksono, S. (2016). the Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 in Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734 Yanti, A. A. (2018). Analysis of the Student’s Creative Thinking Skill in Science Learning in Primary Schools of Rappocini Makassar City. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 208–214. https://doi.org/10.15294/jise.v7i2.24500 Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana citation: Sukowati, Ambar dan Nuriadin, Ishaq (2020) Pengaruh Media Puzzle Bangun Datar Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV di SDN Rambutan 06. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14636/1/FKIP_PGSD_1601025118_AMBAR%20SUKOWATI.pdf